Perbandingan PS4 Menggunakan HDD vs SSD

Setelah kita tau sepak terjang dari SSD (Solid State Drive) di artikel Review SSD Samsung 860 EVO With V-NAND tentunya kita jadi berfikir worth it tidak sih mengganti hardisk PS4 menjadi jenis SSD?. Dimana game PS4 lama kelamaan semakin berat, membesar ukurannya serta semakin kompleks, seperti game Red Dead Redemption 2 yang sekarang ukurannya sudah 149 GB dan ada lagi Call of Duty: Black Ops 3 sebesar 101 GB. Tentunya semakin besar sebuah game maka loading aset-asetnya akan semakin lama, membuat durasi loading dari game tersebut akan lama, tidak itu saja, kadang game yang berjenis open world loading aset dunianya akan terlambat, seperti jarak pandang jauh yang di buat blurring texture nya terlebih dahulu baru setelah loading baru jadi tajam. Memang beberapa jenis loading dalam PS4 di sembunyikan dalam pergerakan player nya, kadang saat player naik tangga, atau merangkak di lubang kecil sehingga gerakan player me lambat, padahal sebenarnya yang terjadi adalah game me load aset di arena berikutnya.  

Hardisk bawaan PS4 adalah merek HGST Travelstar Z5K500 harga 450rb (500gb model) dan HGST Travelstar 5K1000 harga 699rb (1tb model), untuk harga saya cek harga satuan di market place dan spesifikasi kedua hardisk ini masih memiliki putaran 5400 RPM serta interface SATA II dengan Memory Cache 8MB. Kalau di lihat memang ini merupakan spesifikasi minimum dari sebuah hardisk. Sedangkan jika kita menggunakan HDD dengan spesifikasi terbaik, seperti tipe Seagate Barracuda Pro ST500LM034 ukuran 1TB dengan spesifikasi putaran 7200 RPM, SATA III128 MB Cache dengan harga 860rb, di lihat di atas cuma selisih harga sekitar 160rb kita sudah dapat produk terbaik. Namun sebenarnya itu harga eceran, akan beda lagi jika Sony kerja sama dengan perusahaan HDD pasti dapat harga khusus untuk beberapa puluh ribu console PS4 yang sudah terjual dan di pasarkan. Kecepatan putaran dari hardisk 5400 dan 7200 RPM dan Cache tentunya kana berpengaruh terhadap lama tidaknya HDD tersebut me load suatu data.

Kita kembali ke SSD, mari kita bandingkan dengan SSD dengan kecepatan baca dan tulis 540MBps di bandingkan dengan Memory Cache HDD terbaik adalah 128MB, 7200RPM selisih nya sangat jauh sekali jauh kecepatan SSD di atas HDD karena SSD bukan merupakan cakram disk sehingga tidak ada mekanik yang berputar di dalam SSD, berbeda dengan HDD yang jika dia mau membaca atau menulis sebuah data dia harus berputar ke posisi tertentu dan mekanik mata pembaca data harus pada posisi tertentu sehingga akan membuang waktu seper sekian detik karena pergerakan cakram dan mata pembaca HDD. Namun dengan kemampuan superior dari SSD ini apakah akan membuat sebuah perubahan besar? jawabnya TIDAK. Loading dalam sebuah game cuma beberapa detik saja yang bisa di pangkas :(.
Mari kita bandingkan beberapa game open world, saya mengambil tabel ini dari web eurogamer.net terlihat perbedaannya.
Terlihat dari tabel di atas, beberapa game memiliki selisih 10-30 detik saja, terlihat juga dari perbandingan antara PS4 biasa dan PS4 Pro juga tidak terdapat perubahan yang signifikan, saya rasa ukuran 10-30 detik dalam sebuah loading game itu tidak akan terasa signifikan, tapi jika loading itu terjadi berkali-kali tentunya sebenarnya akan terasa juga, namun jarang sekali game PS4 yang banyak loading nya. Dari data di atas juga dapat di ambil sebuah kesimpulan, kalau HDD di PS4 bukan lah komponen utama yang mempengaruhi kecepatan baca tulis sebuah data, kalau kita bandingkan PS4 biasa dan PS4 Pro, lama loading juga jelas berbeda, tentunya GPU juga mempengaruhi kecepatan loading itu, dimana PS4 biasa memiliki 1.84 TFLOP sedangkan PS4 Pro 4.2 TFLOP. Untuk game open world yang memiliki jarak pandang yang luas tentunya akan berpengaruh, namun sedikit aja pengaruhnya.
Kesimpulannya jadi TIDAK worth it jika mengganti HDD PS4 dengan SSD, kenapa begitu?, tentunya dengan harga SSD yang masih mahal 500GB saja seharga 1.5jt dan tentunya ukuran SSD masih menjadi kendala, dengan kondisi sekarang ini memang HDD 2TB merupakan ukuran yang ideal untuk PS4 kita, apa lagi bagi teman-teman yang suka membeli game digital dan tidak memiliki kaset fisik, akan terasa sangat tidak efektif jika harus hapus sebuah game dan jika suatu saat mau memainkan nya lagi harus mendownload nya lagi dari awal beserta patch dan update game tersebut, kalau game itu memiliki mode Multiplayer biasanya ukurannya akan sangat besar seperti GTA5 Online. Kalau punya BD fisik lebih enak lagi karena tinggal install dari BD lalu update baru download dari internet. 
Namun sebenarnya ada solusi lainnya, yakni menggunakan SSHD, SSHD memiliki performa yang hampir menyamai SSD namun dengan harga yang jauh di bawah SSD, Merek Seagate SSHD 1TB harganya 984rb selisih 120rb an dengan HDD terbaik, jadi mungkin teman-teman semua bisa menjadikan ini sebuah solusi, bisa juga membeli hardisk external, SSHD di pasang menjadi primary HDD PS4 dan HDD bawaan PS4 di jadikan secondary HDD external.

Semoga informasinya bermanfaat, jika ada yang di tanyakan Comment aja ya :D

26 comments:

  1. Ps4 slim sudah update ke 2tb pake sshd. Skrng mw update ps4 pro. Apa harddisknya tinggal di ganti saja paje harddisk 2tb tadi dan g perlu install ulang?
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya tetap install ulang mas, krna posisi OS PS4 ada di hardisk jadi saat ganti hardisk baru harus install baru, jangan lupa untuk backup save game ke flash disk atau cloud PS+

      Delete
  2. Kalo mau ganti sshd belinya tipe apa buat ps4 ?

    ReplyDelete
  3. Bisa pake Seagate FireCuda 2.5" 2TB SSHD atau Seagate 1TB Gaming SSHD ST1000LM014

    ReplyDelete
  4. gan ada saran ga buat download gam supaya cepat, soalnya di rumah saya lama banget untuk downloadnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai program PSX Download Helper, jadi secara garis besar, game kita download di PC menggunakan IDM supaya lebih cepat, kalau sudah selesai download nya kemudian dengan bantuan PSX Download Helper kita transfer ke PS4. Kelebihan nya PS4 tidak harus menyala terus dalam mode download/stanby sehingga lebih hemat listrik. Kekurangannya trik nya sedikit agak susah karena harus setting proxy dll, utk panduan nya bisa di pelajari di sini : https://www.psxhax.com/threads/psx-download-helper-transfer-ps4-game-data-via-pc-guide.2178/ saya malah belum buat artikelnya krna download menggunakan indihome 20mbps sudah cukup cepat di rmh saya. semoga bisa membantu.

      Delete
  5. Misalkan sudah beli sshd nya dan cara untuk copy hdd ps4 ke sshd nya bagai mana? Apakah akan mereset semua setingan dan data di hdd ps4?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ikuti langkah di sini mas : https://www.lifewire.com/how-to-replace-ps4-hard-drive-4173856

      Cuma kita butuh 2 hdd lagi, 1 ssd untuk di pasang di PS4 nantinya, satunya utk backup data. Biasanya utk save file saya backup lagi di fdd, untuk lebih memastikan. Trophy bisa di sinkronkan ke PSN dulu.

      Delete
  6. infonya bermanfaat gan makasih

    ReplyDelete
  7. Mohon infonya jika kita punya ps4 ori trus kita gabung dengan harddisk eksternal apakah bisa, jika bisa apabyg bagus untuk harddisk eksternal nya gan, mohon pencerahan nya 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau hardisk external tidak ada spesifikasi khusus sih mas, yg jelas pastikan aja hdd nya ukuran 2.5" sama 7200rpm supaya lebih kencang bacanya.. merek apa aja boleh WD, Seagate, kalau mau awet dan bagus ya pake samsung ssd utk eternalnya, siapa tau bisa di pake di ps5 nanti, krna standart ps5 kan ssd

      Delete
    2. gan, mohon pencerahannya, mau beli external, diatas hdd dibawah ssd (mahal) 2TB rekomended apa ?

      baru beli ps4 disaat yg lain sibuk upgrade ke ps5 😅

      Delete
    3. Heheh pake sshd ya, coba cek review ini mas signifikan apa enggak pake sshd https://youtu.be/hftHjOvcUtc
      Sshd jd cepat kalau sering di pakai, pd menit 3an terlihat loadinnya hampir mendekati ssd..

      Delete
  8. Kalo buat ps4 fat, kuat ga sih bro buat Seagate Barracuda 2tb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau mendingan Seagate firecuda 1tb sshd? Atau barracuda pro 1tb?

      Delete
    2. 2TB kuat aja mas.
      kalau dari teknologi nya mending sshd

      Delete
  9. Terima kasih artikelnya. Bermanfaat!
    SSD harganya sangat mahal sekarang. Alternatifnya SSHD pilihannya sangat sedikit. Dilema-nya, PS5 kabarnya akan berteknologi SSD. Kalau yg pake extension skrg kan kebanyakan HDD, jadi akan mubazir saat upgrade :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi mas, untuk teknologi SSD terbaru seperti Samsung evo 860 dan 970 sudah canggih, di test untuk loading game di PS4 pro jadi 1/2 nya aja, di test di game Spiderman dan god of war 2018.. cuma tetap sih kalau saya mending pake hdd dulu.. kalau mau investasi ssd takutnya entar ga support sama PS5, soalnya kemarin kan waktu konfrensi pers bilang sony jgn beli SSD dulu takutnya tdak di di dukung oleh PS5.

      Delete
  10. Buat PS4 slim apapun hdd/sshd selama 2,5" bisa digunakan ya?

    ReplyDelete
  11. Bang, ane punya BD ori CoD WWII. Setelah di instal minta di download pacthnya. cuman di tempat ane signal internet parah. temen ane udah download pacthnya 30an GB. terus cara masangnya gimana bang. Punya ane PS4 fw 7.02.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, benar CoD WWII story mode-nya butuh download data dari PSN, kalau teman mas sudah download ya tidak bisa di pakai mas d tempat mas, tidak bisa model copy kayak do komputer, karena game, DLC, Update data tersebut melekat pada PSN ID.. sehingga akan susah untuk di pindah tangankan. Untuk solusi downloadnya mungkin mas bisa menggunakan trik ini mas, di download dulu update-nya via PC / Laptop kemudian baru di install di PS4, ini caranya : https://hydeist666.blogspot.com/2020/05/download-games-digital-lebih-cepat.html

      Delete
  12. Klo make ssd di ps4 pro, kualitas gambar dan kelancaran bermain,apkah meningkatkan juga ya?sama nih klo makai ssd vgen tuh,sma jga ych ma ssd samsung tu?ad bedanya makai ssd samsung 860 evo sama ssd samsung 860 pro?dan perbandingan make sshd dan ssd,ad perubahan ap2 sja gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. - Kalau kualitas gambar tidak ada perubahan, krna itu kerja dari GPU buka hdd
      - Kalau dari segi kelancaran pasti ssd lebih lancar dan nyaman di banding HDD
      - SSD vgen itu jelek, saya pernah pakai utk pc, tdk bagus.
      - Kalau mau pakai SSD saya sarankan pake yg biasa aja, ga ush teknologi terkini atau yg tinggi. Soalnya di ps4 akan bottleneck jadi kemampuan ssd ga akan maksimal.
      - Saya sarankan mending ambil HDD ketimbang SSHD krna hdd teknologinya sudah matang.

      Kalau PS4 harus di lihat dulu ngejar ke ruang penyimpan gede atau ke nyamanan, kalau ruang gede bisa ambil yg 2TB 7200Rpm atau di atasnya. Kalau kenyamanan bisa ke SSD yg ruang nya lebih kecil.

      Delete
  13. Min, ini ps4 pake nya 3,5 apa 2,5 yak

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.