Kelebihan PS4 Original di Banding PS4 Hen Bajakan



Langsung aja to the poin, berikut ini kelebihan menggunakan PS4 Original di bandingkan dengan PS4 Bajakan menurut pandangan pribadi saya.

1. Bisa Dengan Mudah Update Games.
Syarat untuk bisa online adalah menggunakan firmware terbaru dari PS4, dengan firmware terbaru ini otomatis kita selalu bisa menganduh file update patch dari sebuah game, DLC dll secara lebih mudah. Update dan patch sebuah game menurut saya sangat penting untuk menjaga kestabilan dari game yang sedang kita mainkan, banyak bug atau error yang biasanya di perbaiki dalam update ini. Namun saya juga sadar kalau sebagian orang hanya bermain game PS4 secara offline. PS4 Bajakan sebenarnya juga bisa update games, namun prosesnya akan lebih rumit.
2. Bisa Memainkan Game Terbaru.
Saya tipe orang yang memainkan game tidak terburu-buru, jadi masih memainkan game yang lama-lama yang belum saya mainkan, namun tidak bisa di pungkiri kalau dengan PS4 Original kita bisa memainkan game-game terbaru seperti Read Dead Redemption 2Kingdom Hearts III, Resident Evil 2 Remake dan game-game selanjutnya yang akan release di 2019. PS4 Bajakan harus menunggu update firmware bajakan terlebih dahulu untuk bisa memainkan game-game tersebut, namun tentunya update tersebut tidak ada yang tau kapan akan di keluar oleh hacker yang membuat firmware bajakan ini. User PS4 Bajakan hanya bisa menunggu sesuatu yang tidak pasti, cuma memang suatu saat pasti akan di release ke publik.


3. Bisa bermain Game Online dan Free
Layanan free games dan online game sekarang mulai meraja lela, game-game seperti Fortnite, PUBG, Fifa/PES19 Online, Warframe, dan yang paling baru adalah Apex Legends merupakan game free to play yang memiliki animo pemain yang cukup luas. Dengan memiliki PS4 original tentunya kita bisa memainkan semua game multiplayer seru di atas secara gratis.
4. Langganan PlayStation+
Layanan PS+ merupakan sebuah big deal bagi para pengguna PS4 Original, hanya dengan 350rb/ tahun setiap bulannya kita di berikan 2 game di PS4, setelah saya lihat beberapa tahun ini game gratis yang di berikan semakin bagus, ini juga di sebabkan library game PS4 yang semakin besar sehingga lebih banyak game yang bisa di berikan secara gratis, misal bulan Februari 2019 ini kita mendapat For Honor dan Hitman. Dengan PS+ ini kita juga bisa memainkan game online, seperti Tekken 7 dsb. Kelebihan PS+ juga kita diberikan free cloud service yang bisa kita gunakan untuk mem-backup save-savean dari game yang kita mainkan.

5. Harga Game yang mahal?
Mahal? belum tentu, banyak sale-sale yang akhir-akhir ini sering di lakukan oleh PSN, misalkan pada event-event tertentu seperti Imlek ini, saya membeli game  digital Assassin Creed Collection seharga 94rb, dan masih banyak sale-sale lainnya game-game di bawah harga 100rb. Dengan berlangganan PS+ pun sebenarnya tanpa membeli kaset setiap bulan kita bisa memainkan game secara gratis.
Game fisik PS4 sebenarnya kalau kita tau trik nya dan mau bersabar harganya tidak terlalu mahal. banyak metode yang bisa kita gunakan, misal beli game baru tamatkan lalu jual, pertama kita bisa merasakan game baru dan kedua saat di jual harga tidak terlalu turun, kita juga bisa barter dengan teman kita sesama pengguna PS4, tidak itu saja jika hanya sekedar main kita bisa menyewa game nya, bisa sewa game fisik atau bisa sewa game secara digital. Trik lainnya adalah membeli game secara berpatungan, game digital di PS4 bisa di share ke 1 orang lagi teman kamu, jadi harganya bisa di bagi dua.
Tidak itu saja, ada KEPUASAN dan kita juga mendukung developer yang membuat game tersebut, jadi kita akan sayang dengan game yang sudah kita beli dengan susah payah, dan berusaha untuk menamatkan game tersebut walaupun tidak begitu bagus game nya. 

Satu lagi, dengan adanya PlayStation 5 nanti akan mendukung dengan Backward Kompatibilitas jadi kita bisa memainkan game-game dari PS1 s/d PS4 nantinya di PS5 jadi tidak ada alasan rugi meng koleksi kaset PS4, dengan pengumuman ini pun jadinya harga jual kaset PS4 tidak akan jatuh saat PS5 sudah keluar.
7. Mesin PS4 Tidak Sering Error dan Lebih Awet.
PS4 Original hampir sama sekali tidak pernah error, saat error pun biasanya itu karena bug dari game nya sehingga mengakibatkan crash dan keluar ke menu utama, berbeda dengan PS4 bajakan yang sering sekali saya temui kasus error kalau saya baca di forum-forum, error yang terjadi seperti  Hang, Freeze, dan Shutdown Sendiri serta berbagai macam kendala yang akan selalu menghantui kita. Hal ini di karena kan kita me modifikasi kernel pada memory untuk bisa memainkan game bajakan, dan untuk mengaktifkan HEN pada PS4 Bajakan juga sedikit ribet, banyak pantangan dan kendala yang akan kita hadapi, ini mungkin di karena kan PS4 Hen belum terlalu sempurna bajakannya.
*UPDATE ARTIKEL 20/06/2019

8. Akses ke Sinkronisasi Trophy Online.
Di perangkat next gen console biasanya terdapat sebuah pencapaian atau sebuah prestasi yang bisa kita kumpulkan dalam bentuk Trophy/ piala di PS4. Fungsi dari Trophy/ piala ini tentunya sebagai pengingat kita atas pencapaian kesempurnaan kita dalam memainkan sebuah game, tingkatan tertinggi dari sistem trophy ini adalah "Platinum Trophy". Trophy akan muncul pada pojok kanan atas saat kita sedang bermain, dan biasanya muncul karena suatu sebab, misal menyelesaikan misi tertentu, menamatkan game tertentu dll. Menurut saya mengumpulkan trophy merupakan sebuah target saya dalam menyelesaikan suatu game, dengan mendapatkan platinum saya merasa game yang saya mainkan ini sudah selesai 100% dan saya bisa lanjut ke judul game lainnya. Dengan PS4 Hen tentunya trophy ini hanya bisa di simpan secara offline dan tidak bisa di sinkronisasi dengan server PSN untuk di simpan secara Online. Jadi kita bisa tracking, misal posisi saya sudah di 3.127 dunia, dan saya mengumpulkan 286 Trophy sejak pertama kali saya memainkan game Final Fantasy XIII-2 di tahun 23 Maret 2012, semua data tercatat dengan baik.
Kalau saya pribadi tentunya lebih menyarankan penggunaan original, karena kita mendukung kerja keras para developer pembuat game untuk kelanjutan ekosistem dari industri game ini sendiri. Dengan membeli game original tentunya kita merasa puas dan benar-benar memiliki game tersebut. Tidak mudah gonta ganti game karena bosan, ada motivasi lebih untuk menamatkan sebuah game karena kita mendapatkan dengan sudah payah.

Sekian semoga bermanfaat..

64 comments:

  1. maap bro koreksi dikit yang dimodif itu cache & licensing servicenya ps4 bukan firmwarenya bro, kalo yang dimodif itu firmwarenya jadi permanen dong hacknya jadi PS4 CFW bukan ps4 hen lagi, agak sedikit ketawa liat postingan si bro apalagi dari katanya katanya forum dsb hang & freeze itu dikarenakan kernel conflict yang rusak bukan mesin ps4nya tapi kalo keseringan yang kena harddisknya aja bro... Begitchuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip mas, makasih koreksinya, setelah saya telaah lagi iya benar, kalo cfw sudah memodifikasi frimware jadi hack2nya permanen. Kalo hen ini cuma sementara memang, jadi bener bro. Kalo yg sering hand dan freeze sama masih sering baca di forum fb ps4 hen, mungkin krna keterbatasan pengetahuan penggunna sih. cuma sering lihat yg sering ga jalan hennya, harus nunggu beberapa menit setelah ps di nyalakan..

      Delete
    2. Kata siapa ga jalan saya pengguna hen kok. Cm tinggal klik browser nya udah jalan hen nya

      Delete
  2. Terima kasih infonya bro,

    Udah lama jadi PC Master Race tapi pengen nyobain PS4 demi game-game ekslusifnya,

    gue bingung cari ke tokopedia kok ps4 bisa turun banget harga sampe 3 jutaan, ternyata eh ternyata kayak versi jailbreak-an, ogah juga

    Gue ga masalah beli fullpriced konsol + game demi kelancaran ngegame, ngeliat ga bisa update game dan ga bisa online males juga, apalagi ga bisa langganan playstation+

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup se bisa mungkin keep original mas, utk support para developer game..Game PS4 tidak mahal mahal juga kok, bisa beli kaset 2nd dan komunitas jual beli nya besar di banding console lainnya, jadi enak ajak kalau cari game 2nd..

      Delete
    2. beli 2nd boleh2 aja dengan syarat COD liat baik2 permukaan belakang cd ada goresannya atau nggak, kalo ada goresannya sayang sama optic ps4 gan kalo kena servis sony bisa 2jt kalo udah diluar garansi, kalo hen yang rusak Harddisknya(600rb) kalo beli 2nd yang rusak optik bdnya (2jt)

      kalo saya nyaranin gini jangan beli 2nd mending beli digital copy tunggu discount gede2an

      Delete
    3. Lha coba cek di tokopedia, msh ada kok ps4 original new hrga diatas 4 juta..

      Kalo beli yg ori, knp jg tdk bs online dan tdk bs beli game ori? Ya jelas bis

      Delete
  3. ps4 slim harga bundle 4.2jt

    kalo mau beli hen ntar aja tunggu muncul hen terbaru di fw berapa inget2 bundle ps4 di fw tersebut apa dengan syarat kardus ps4 tersegel karena hen yang sekarang beredar versi hen refurbish / second hand

    ya walaupun begitu tinggal tunggu waktu aja lifespan console karena sekarang para publisher udah pada melirik google stadia (5G) dimana spec pc lu ga berarti apa apa yang dibutuhkan cuma jaringan internet 5G doang dan biaya sewa game di google stadia

    ReplyDelete
  4. Saya menggunakan keduanya, PS4 HEN saya gunakan hanya untuk coding dan mencari cheat dan untuk yang original hanya untuk bermain online, gane itu untuk fun , jadi apa gunanya bermain game kalau kita sendiri tidak senang

    ReplyDelete
  5. Yg bajakan ada kelebihan nya terutama buat yang ,kirisis keuangan😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah sama aja kok mas, beli game bajakan juga butuh uang kan, heheh

      Delete
    2. Tp gamenya game lama2..🙈 ga ada game baru

      Delete
    3. Ane baru beli ps4 slim hen frimeware 8.03 apakah bisa game baru? Kemaren di isi game tomb raider pes 2021 shadow of colusus dan god of ware 4

      Delete
  6. Gue sih bangga main original :v

    ReplyDelete
  7. Klo share game digital apakah pke akun sendiri ap akun yg ngshare? Mohon pencerahanny :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Share game digital itu share akun yg di dalamnya ada gamenya, jd sama saja kayak akun biasa yg di dalamnya ada game digitalnya

      Delete
    2. saya baru mau beli, terimkasih pencerahan nya..

      Delete
  8. gan mau tanya, d tmpt ane ada yg jual game sperti share akun, tp akun nya punya kita sendiri, nah dia bisa isi game originalnya. it makssdnya gmn ya? apa emng bisa online kira2 bgt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini mas, saya pernah bahas masalah share akun : https://hydeist666.blogspot.com/2020/02/beli-share-akun-psn-di-ps4-apakah-aman.html
      Kalau memang akun yg di jual punya dia berarti ya ga papa, sesuai hukum jual beli, cuma biasanya mereka cuma nyewain aja.. coba di tanyakan ke orgnya lebih dahulu, apa produk digital yg kita beli 100% jd milik kita. Kalau share akun biasanya mainnya di ps4 original, dan bisa online krna frimware terbaru..

      Delete
    2. Atau ada juga model kayak Jasa belikan game pake cc ybs, kayak misalnya skrg nfs payback harga 80rb, dia belikan pake cc dia di masukkan ke id mas, jd butuh user pass psn mas utk beli di psn storenya, saya juga ada jasa kyak gitu, fee 10rb/ game yg di beli..

      Delete
  9. Sy sudah makek ps4 hen versi 5.05.....itu versi paling akhir ga ada lgi update smua game terbaru bisa dimainkan di versi game versi 5.05...sy sudah makek ps4 hen sy hampir sebulan...satu hari sy mnggunakan ps sy 10 jam setiap hari berturut turut ga ada masalah tuh....aman aman aja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ps4 memang kuat, pdhal sudah di HEN yg mana harusnya sistem oprasinya tidak se stabil PS4 Ori, berarti memang untung-untungan dpt HEN yg benar-benar bagus, btw kalau sudah pemakaian 1 thn update di sini ya mas 👍🏻 Saya mau tau se tahan apa..

      Delete
    2. Fyi, Saya pakai PS4 hen refurbished sejak Juni 2018, Alhamdulillah masih awet sampai sekarang. Pemakaian cukup intens (witcher,Assasin creed,dan bbrp game lain dgn playtime lebih dari 100jam/title). Bukannya saya dukung bajakan sih, cuma karena keterbatasan budget saja. Insya Allah kalau game2 favorit di hen sudah tamat mau saya update firmwire ke ori

      Delete
    3. Thx infonya, wah ternyata stabil juga ya hen nya.. sudah 2th seumuran PS4 saa, yg sudah di bongkar 1x utk di bersihin dalamnya..

      Delete
  10. Make ps4 original berarti beli kaset? Soalnya saya baru maubeli ps4 masih gaptek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau original beli kaset ori atau beli game digital resmi utk bisa di mainkan.. kelibihanya seperti di atas, kalau memang ada uang lebih mending nunggu PS5 akhir tahun, soalnya sama2 tetap bisa memainkan game2 ps4

      Delete
  11. ane user ps4 slim ori....lumayan ada aja rezeki buat beli second BD PS4...ada yang dijual lagi, ada juga buat koleksi hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdullilah, kalau ada rezeki lagi beli nier automata mas, atau the witcher 3. Di jamin bagus.. kelebihan user ori tentunya sebentar lagi bisa memainkan game final fantasy 7 remake..

      Delete
    2. the witcher 3 udah tamat mas heheh pc game sih tamatnya, renc mau koleksi BD AC serial aja hehehe...

      Delete
    3. Wah mantap Witcher 3 versi PC pasti grafisnya oke bgt

      Delete
    4. alhamdulillah mas, PC mampu rata kanan xixixix.....tp sekarang malahan senang main di konsol PS4....edisi ngejar trophy xixixi....apalagi game2 exlusive nya...

      Delete
    5. Wuh mantap, PC spek dewa.. saya juga ke PS gara2 ngumpulin trophynya heheh, kalu PC ga mampu bayar listriknya yg gede

      Delete
    6. nah setuju saya jika menyangkut listrik...PC berlipat lipat watt nya dibanding consol apalagi yang slim hehehehe....

      Delete
    7. Yup PS4 Slim memang hamat listrik.. ga tau entar PS5 kayak apa..

      Delete
  12. maaf sy kok msh bingung yaa😁 maklum blm pernh ps 4.. jadi fungsinya apa yaa hardis kl bisanya main di kaset.. kirain bisa di copy kyk di ps 2 hardis gk perlu pke kaset

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi setelah saya pelajari, ternyata game dari kaset itu semua di install/copy ke dalam hardisk, jadi mesin full membaca dari hardisk, kaset hanya muter sesekali membaca sistem keamanan yang ada di dalam bluray, supaya memastikan kalau benar-benar kita sedang memainkan game original. Copy game memungkinkan kalau PS4 nya sudah di HEN, kalau belum HEN/Bajakan tetap harus beli kaset original nya mas. Saya pribadi cukup bangga sih dengan Gamer-gamer di indonesia yang mulai sadar akan membeli game-game original..tidak mental bajakan kayak era PS1 dan PS2..

      Delete
    2. Kalau game ori fisik, misal ukuran game 50GB, kt ttp install offline gamenya dr kaset BD nya tp tdk full 50GB, paling 20-30GB saja data yg didownload, sisanya ttp ps4 membaca data dr BD nya langsung.. Itu agar membuat BD awet dan membuat gameplay lbh smooth krn proses reading game dibagi dua jalur.

      Beda sm Nintendo Switch dmn kalau main game fisik, ya langsung main langsung tnp prlu install lg

      Delete
    3. Setau saya kalau disk install itu semua filenya full di copy ke hdd, BD cuma di baca sesekali utk cek lisensi DRM nya, karena saat main game saya rasa BD tidak berputar kencang..jd optik PS3/PS4 lebih bagus di bading era PS1-2 yg blm ada hardisk jadi optik kerja keras selalu baca dari disk..cmiiw

      Delete
  13. Maaf bang saya mau nanya nih, kan saya mau beli ps4, nah kalo misalkan saya beli yang hen, apakah nanti kalo misal saya dah bosen maen offline, ps 4 itu bisa balik lagi online ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih bisa mas, dgn install frimware terbaru via usb. Cuma saya tdk jamin kalau ps4 hen tersebut sudah ke banned apa blm. Ada beberapa khasus yg dia tdk sengaja connect internet dan ps4 nya ke banned permanen.. jd memang harus tau resiko apa kalau kita main bajakan.

      Delete
    2. Ouh iya bang, terus kalo itu ke banned permanent ps masih bisa dipakai gak ya? Apa cuma banned gk bisa online doang???

      Delete
    3. Cuma ga bisa online aja mas, masih bisa tetap main kayak biasa kok

      Delete
    4. Kalau niatnya online dr awal, ya beli yg ori sekalian.. Kaset2 PS4 bekas ori skrg harganya byk yg dibawah 200rb di tokopedia, pes 2018 saja hrganya 70-80rb saja. Game ori lagi

      Delete
  14. HEN itu mksdnya gmn gan? apakah ditambahi firmware baru di samping OFW gt supaya bisa maen game bajakan? taunya gimana kalau sudah terpasang HEN apa blom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Taunya coba cek di status frimware dimenu setting, kalau fw di bawah 5.05 itu masih bisa di hen.. kalau sudah di atasnya itu 1 digit aja sudah ga bisa..

      Delete
    2. cth isi game kayak gini apa aman? https://fjb.kaskus.co.id/product/5dcfa5f0c8393a5bde7573bb/isi-game-ps4-digital-offline-surabaya-sidoarjo/

      Delete
    3. Ada kelemahnnya : Game Hanya bisa di mainkan Secara Offline, trus fungsinya original frimware kan utk online dan update game.. di PSN ada dua game gratis skrg, uncharted collection sama journy..masih mahal 125rb/gam harus offline dan ada bayang2 mesin kena banned..tapi semua kembali ke mas sih..itu modelnya share akun atau copy hdd.. saya ada ratikel juga yg bahas masalah share akun di blog ini

      Delete
  15. Gw beli console cuma buat main game exclusivenya doang (ori), klo maen game 3A single player gw tetep di pc(bajakan) sama nunggu game2 gratis dari epic games, mayan bro dapet WWZ, gta5, ac syndicate, dll gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh enk memang kalau punya PC yg spesifikasi tinggi, epic game store memang sedang gila-gilaan promosinya, kasih game2 gratis.. pdhal ga harus subscribe layanan apa-apa kan? ga kayak PS4 yang harus PS+ dulu baru dpt game gratis..

      Delete
    2. Skrg rakit pc amd murah gan, AMD Athlon 3000G 800rbuan dan GTX 980 hrga 1,3 juta sj sudah cukup mumpuni main cod Warzone.. Ada jg opsi VGA Radeon RX 560 atau 570.. Yg mahal mmg tambahan2 komponenx spt PSU, mobo,ssd, monitor, speaker, dll yg bs membengkak jd 4-5 jutaan utk ukuran budget pc

      Delete
    3. Ya kalau mslh langganan ps+ itu kan kembali ke individu, kalau ga mau langganan ya main offline aja. Kalau mau online ya langganan, sesimpel iu.. Bhkan nintendo switch jg mengharuskan kt utk berlangganan fitur online

      Delete
  16. Play original.. skrg karena belinya lebih digital ditambah diskon gila2an sony jelang ps5 keluar.

    Walau Hen katanya udah bisa mainin game baru, cuma sayang ah.. udah langganan ps+ setahun lebih, game2nya juga masih banyak yg belum dimainin 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener..semangat pake Original.. game2 reg turki murah2

      Delete
  17. Saya masi newbie gan.. Klo memang ps4 ori harus mainnya pake BD, saya kuatir lama2 optiknya lemah. Kira2 ada cara ga supaya bisa mainnya via hardis atau eksternal hardis gitu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ori bisa main beli game digital, yg lg diskon2 harga 20-50rb di region 2 turki, optik akan aman, tinggal beli hdd external yg gede utk nyimpen game2 digitalnya. Optik saya rasa juga jarang sih rusak, krna cuma di pakai saat install awal aja, setelah itu dia cuma idle baca sesekali lisensi dari disk.. jd bisa awet 10-15th ke depan kalau penggunaan normal.

      Delete
    2. Optik BD tdk akan lemah krn ketika sblm main game BD, kt diharuskan install dulu file2nya sebagian jadi proses reading tdk 100% dikerjakan sistem melalui kaset BD melainkan dr hardisk juga, hal itu utk memperlancar gameplay dan menjaga kaset BD lebih awet

      Delete
  18. ps4 ori harus online terus atau bisa di pake offline bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa main offline, tidak ada masalah. Cuma akan lebih maksimal kalau online juga, jd bisa update game, download free game, main multiplyer dll

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.