Movie Review: Dragon Ball Super: Broly (2018)

Dragon Ball Super: Broly (2018) merupakan film movie ke 20 dari seri movie Dragon Ball series, setelah sekian lama vakum movie kali ini merupakan sebuah movie terbaik setelah 2 movie sebelumnya yang menggunakan universe Dragon Ball Super. Sebelumnya ada Dragon Ball Z: Battle of Gods (2013) yang merupakan sebuah jembatan antara Dragon Ball Z ke Dragon Ball Super, di perkenalkan tokoh-tokoh baru dalam DB Super, seperti Beerus, Whis dan tentunya terungkap bahwa ternyata dunia ini terdiri dari Multiverse. Kemudian ada Dragon Ball Z: Resurrection 'F' (2015) yang menceritakan bangkit kembalinya Frieza dan diperkenalkan nya Golden Frieza, dalam film ini masih menggunakan dunia DB Super. Nah di tahun ini kita kedatangan Dragon Ball Super: Broly, seperti apakah ceritanya, yuk mari kita review. 
Tokoh karakter Broly sendiri sebenarnya sudah saya kenal sejak film ke 11 dengan judul Dragon Ball Z: Broly – The Legendary Super Saiyan (1993), dan jaman dulu movie Dragon Ball juga ada versi comic berwarna nya, saya ingat sekali sebelum menonton movie ini saya menyewa comic berwarna nya di per sewaan buku, dan mungkin comic berwarna ini tidak resmi dan hanya capture dari film movie nya. Karena awalnya karakter Broly merupakan satu-satunya musuh dari suku Saiyan dan berhasil ke state Super Saiyan, dan tentunya saat itu saya merasa Broly ini sangat keren sekali, Super Saiyan dengan rambut jabrik ala Trunks saat jadi Super Saiyan 2. Karena fans yang begitu banyak untuk tokoh Broly ini, maka muncul lah movie lainnya, yakni Dragon Ball Z: Broly – Second Coming (1994) dan masih ada lagi Dragon Ball Z: Bio-Broly (1994). 
Pada film Dragon Ball Super: Broly tokoh sentral nya adalah Broly, saya sangat suka sekali dengan plot yang terfokus ke karakter selain Goku atau Z Fighters aka Earth's Special Forces yang tentunya kita semua sudah cukup kenal dan bosan. Karakter Broly benar-benar di explore dengan cukup bagus di film ini, 1/4 durasi dari film ini menceritakan masa lalu suku Saiyan, menceritakan ayah dari Vegeta yang bernama King Vegeta (Vegeta III) serta ayah dari Goku bernama Bardock. Pada flashback ini kita akan melihat untuk pertama kali karakter dari ibu Goku yang asli bernama Gine. Rasanya sangat nostalgia sekali saat melihat suku Saiyan masih sangat banyak dan bermacam - macam serta terlihat mereka masih sangat lemah karena saat bertarung masih menggunakan senjata. Di diperlihatkannya back story antara Goku Kecil yang dikirim ke Bumi, Vegeta kecil yang selamat karena sedang bertugas di planet lain dan Broly kecil yang di asingkan karena dianggap kelak akan menjadi ancaman bagi suku Saiyan. 3 Orang Saiyan kecil yang selamat dari ledakan planet dan memiliki sebuah takdir di masa depan yang akan mempertemukan mereka kembali.
Plot cerita dari film ini juga bagus menurut saya, di ceritakan sangat rasional, seperti saat orang tua Goku mau mengirim Goku ke bumi, Gine bertanya, kenapa tidak kita sekeluarga pergi ke bumi?, lalu Bardock menjawab, kalo kita bertiga berangkat maka kekuatan mereka akan terdeteksi dan akan ketahuan sama Frieza yang sedang bersiap-siap menghancurkan planet Saiyan, trus ada ada lagi pertanyaan Whis mengapa Goku dan Vegeta mau menjadi lebih kuat lagi? padahal sekarang sudah sangat kuat, dan tentunya di jawab dengan sebuah alasan yang menurut saya sangat rasional.



Setelah semua flash back di atas, 1/4 dari cerita lanjut menceritakan cerita pada saat ini, saat Goku dan Vegeta selesai menyelesaikan pertarungan Tournament of Power, serta Broly remaja yang berhasil di temukan di planet terdampar bersama ayahnya. Uniknya film ini tentunya masih menceritakan tentang bola Dragon Ball, dimana 6 Bola Dragon Ball yang di curi!, kenapa bisa di curi, karena pencuri nya memiliki power yang lemah sehingga tidak terdeteksi saat mencuri bola Dragon Ball, lagi-lagi sebuah alasan yang cukup rasional. Setelah ini petualangan Goku akan mencari bola ke 7 ke kutub utara. Alasan Bulma dan Frieza mengumpulkan Dragon Ball cukup lucu dan permintaan nya juga dijelaskan cukup rasional. Setelah ini ke seruan aslinya akan terjadi, setiap movie Dragon Ball tentunya dari dulu saya tidak terlalu memperhatikan tentang plot cerita yang saya tunggu cuma saat PERKELAHIAN saja, dan ya, 1/2 dari film ini adalah pertarungan yang sangat-sangat epic



Pertarungan merupakan sebuah elemen penting dalam film ini, kita sebagai penonton tentunya lebih ingin melihat pertarungan dan pertikaian di dalam film ini. Pertarungan di awali dengan pertarungan Vegeta vs Broly sebagai pertarungan pembuka dan sebagai pemanasan, porsi pertarungan menurut saya cukup seimbang. Karena memang ayah Broly, Paragus yang dendam dengan keluarga Vegeta jadi memang Vegeta menjadi sasaran utama dari Broly. Setelah pertarungan antara Vegeta dan Broly klimaks lalu di tandai dengan terdesak nya Vegeta, saatnya inti dari film ini, yakni pertarungan antara tokoh utama dan villain utama. Bisa di bilang aksi pertarungan terasa cukup modern, pengambilan sudut pandang gambar yang berpindah - pindah dan effect animasi pukulan & ledakan cukup membuat saya terkesima, pertarungan dua orang suku Saiyan terkuat membuat gunung-gunung bagaikan sebuah kapas bagi mereka

Arena pertarungan yang sepi dan selalu berganti - ganti membuat Goku dan Broly bisa berkelahi tanpa mengkhawatirkan lingkungan sekitar mereka. Broly yang memiliki kemampuan unik yang langsung berkembang saat bertarung melawan Goku dan Vegeta mendesak Goku untuk masuk ke state ter puncak yakni Super Saiyan God & Blue, namun kelicikan Frieza memaksa Broly untuk masuk ke tahap yang tidak di sangka-sangka yakni Super Saiyan Berserk, dimana Broly lepas kendali dan menghajar semua musuh di hadapannya tanpa pandang bulu, sampai sampai Golden Frieza dan Whis pun ikut terkena imbas nya. Effect suara pukulan juga terdengar real, suara hantaman dua benda keras yang sedang beradu, seakan-akan mereka benar-benar berbaku hantam satu sama lain. 

Teriakan (Uwaaaa) antar karakter akan kita dengar selama pertarungan ini tanpa henti, dan ada beberapa super Soundtrack (yang lyric nya, ~Go Broly Go Go, Kakaroto, Kakaroto, Oweo Oeo Oweoe~) yang sangat cocok sekali mengiringi sebuah pertarungan yang maha dahsyat ini, memompa adrenalin kita yang menonton film ini. Pertarungan tidak langsung di menangkan oleh Goku, karena memang Goku kalah telak dalam pertarungan ini. Namun setelah pertarungan intens yang tidak kunjung selesai, di akhir film juga di sisip waktu kita untuk menghela nafas sejenak dengan komedi fusion antara Goku dan Vegeta. Singkat cerita akhirnya fusion berhasil dan Gogeta kembali ke pertarungan melawan Broly. Di sinilah saya melihat Broly di hajar habis-habisan oleh Gogeta, walaupun pertarungan sudah tidak seimbang saya masih cukup terhibur dengan pertarungan ini. Dan akhirnya pertarungan selesai di menangkan oleh......ya itu sudah. 

Kalau saya lihat dari setiap film Dragon Ball ending nya biasanya ada dua jenis, pertama (1) Goku habis-habisan melawan musuh sampai titik kekuatan terakhir kamehameha atau bola semnagat seperti saat Goku lawan Majin Buu & Cell, atau (2) menang dengan mudah saat melawan Frieza, Ginyu Force dengan kekuatan Super Saiyan. Ending film ini menurut saya cukup pas lah, happy ending dan tokoh Broly tentunya akan lebih di explore kedepan nya.



Overall film ini merupakan film Dragon Ball terbaik yang pernah saya tonton, semua aspek di eksekusi dengan sangat baik, tema lebih modern walau cerita yang sebenarnya cuma recycle dari movie Broly jaman dulu, namun tidak bisa di pungkiri kalau pertarungan yang begitu epic dan maha dahsyat membuat saya ingin menonton film ini lagi dan lagi. Kali ini tokoh Broly di selamatkan karena sebenarnya memang tidak ada tokoh yang benar-benar jahat di film ini, saya merasa malah Frieza, Broly buka tokoh jahat lagi, ingat saat Vegeta menjadi musuh lalu lama kelamaan malah menjadi teman namun saling bersaing dengan Goku, tidak menutup kemungkinan Frieza dan Broly ini juga akan bernasib sama. Saya sangat merekomendasikan film ini untuk teman-teman semua, baik pecinta anime Dragon Ball atau pun bukan fans dari Dragon Ball. 

Skor dari saya : 10/10 (Uwaaa)

Menurut cbr.com Dragon Ball Super: Broly merupakan anime movie yang merupakan " One of the Biggest Anime in US History " dengan gross pendapatan 54.3 Juta Dolar selama pembukaan di Amerika Utara.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.