Cara Membedakan Stick DualShock PS4 (DS4) Asli atau Palsu

*Artikel UPDATE 20 Juni 2019
Saya sengaja meng-update artikel ini di karena kan, banyakan page view dari halaman ini, tandanya banyak teman-teman semua yang risau dengan peredaran stick PS4 Palsu. Tahun 2019 ini memang sudah banyak sekali beredar stick PS4 palsu, para penjual memberikan label stick tersebut dengan istilah nama OP (Original Pabrik), namun istilah apapun yang digunakan tetap saja stick tersebut stick kualitas KW/ Palsu/ Tidak asli/ Tidak resmi. Setelah menonton video dari Youtube Republik Sultan saya mendapatkan materi baru untuk meng-update artikel ini. Link video Republik Sultan akan saya sertakan pada akhir artikel. Gambar footage saya ambil dari video tersebut.
Variasi DualShock 4 controller sekarang sudah ada 2 tipe:

- DualShock 4 Bawaan mesin PS4 Fat (CUH-ZCT1) tahun 2013/2014
- DualShock 4 v2 Bawaan PS4 Pro/Slim (CUH-ZCT2U) tahun 2016 - Sekarang

*Kelebihan DualShock 4 v2: Batrei lebih awet (saya sendiri merasakannya), dan pada bagian track pad ada light bar nya, fungsinya supaya kita tau stick yang kita gunakan lampunya sedang berwarna apa.

Di tahun 2019 ini sebenarnya sudah sedikit mudah membedakannya, karena produk Sony resmi sudah ada segel dan sticker Hologram nya, pada bagian box depan. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu saat barang yang beredar masih sembunyi-sembunyi dan masih sedikit.
Lalu sekarang bagai mana cara membedakan mana joystick yang asli dan palsu, berikut ini tips  nya :

1. Box Packaging 
Dus box jika kita beli DS4 retail asli/palsu biasanya berbeda, jika box dibalik biasanya box DS4 palsu hanya ada tulisan japan, sedangkan yang asli pasti ada bahasa inggris nya. Perhatikan juga serial number dari DS4, di belakang stick, kadang pada DS4 palsu tulisannya typo. Pada gesture touch pada stick juga tidak ada plastik pelindung. DS4 palsu juga kadang tidak ada stiker SN pada belakangnya.

*Update
Dari sisi depan Gambar ke 1 terlihat box stick palsu berbeda, untuk stiker hologram kita perhatikan stick asli pun kadang tidak ada stiker nya, bisa jadi ini produk asli yang di masukan ke indonesia via Hongkong atau Singapore, Maka kita lanjut ke gambar berikutnya.

Gambar ke 2, saat di balik stick original ada kotak putih, berisi spesifikasi dari stick DS4 dan ada SN serta tipe atau warna dari stick DS4.

Gambar ke 3, Pada bagian belakang ada tanggal dan tahun pembuatan dari stick DS4 ini. Tahun di sini berarti stick ini memiliki masa kadaluwarsa baik itu dari materi karet atau baterai nya

Gambar ke 4, Menunjukan perbedaan antara bagian belakang dari dus box DS4 Palsu dan Original. 

Gambar ke 5, Pada bagian stick DS4, bagian belakangnya juga ada tgl dan thn pembuatan, namun tidak semua ada, DS4 saya bawaan PS4 slim tidak ada tgl dan thn pembuatan, jadi perlu di garis bawahi kalau yg tidak ada bisa jadi itu merupakan DS4 bawaan mesin.
Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4 
Gambar 5







2. Lama Proses Carging Battery
Secara normal DualShock 4 dalam kondisi baterai kosong, proses cas menggunakan PS4 adalah sekitar 2 jam atau kurang menurut artikel dari IGN (tidak dalam kondisi digunakan), tentunya DS4 palsu memakan waktu lebih dari itu. Penggunaan baterai juga pada DS4 original sekitar 7-8 jam saat kondisi masih baru, DS4 palsu tentunya di bawah dari itu.

3. Lampu LED
Pada kondisi DualShock 4 mati, saat stick mau di cas ke PS4, lampu pada stick original akan langsung menyala orange, dan akan tetap menyala berkedip saat di cas, jika DS4 palsu kadang ada jeda saat DS4 pertama kali dicas baru lampu menyala, dan kadang malah hanya menyala sebentar kemudian mati lagi lampunya. Pada kondisi standby, saat tombol PS pada stick ditekan, DS4 original lampu akan menyala dan berkedip nyala-mati perlahan, pada DS4 palsu ada jeda, dan kadang harus di tekan sedikit keras, kedipan lampu kadang tidak normal atau terlalu cepat berkedip. Lampu led DS4 asli lebih stabil menyala nya berwarna putih, DS4 palsu sedikit ada flicker/kedipan/tidak stabil, bisa lebih kelihatan jika di lihat menggunakan kamera HP.


4. Test Goncangan
Pada DS4 palsu coba di goncang/ dikocok, biasanya pada DS4 palsu ada bunyi, atau sisa matrial yang terlepas, pada DS4 ori dijamin tidak ada bunyi apa-apa, namun hal ini juga tergantung beberapa faktor jika DS4 tersebut pernah ke jatuh/kebanting.

5. Test Koneksi DS4 ke PC
Pada DS4 original, saat stick tersambung ke PC maka PC (Windows 10) akan membaca stick tersebut sebagai DualShock PS4 Controller, dan ada icon DS4 asli. Jika DS4 palsu kadang terdeteksi device/controller lain, bukan DualShock PS4 Controller.

6. Kualitas Keseluruhan
DS4 original memiliki build quality yang sangat rapi, berbeda dengan DS4 palsu yang kadang terkesan kurang rapi. Saat di pakai pun DS4 palsu kadang sering lost koneksi dengan PS4, berbeda dengan DS4 Original yang sama sekali tidak pernah lost koneksi.

7. Kualitas tombol
Pada DS4 palsu, tombol lebih tinggi dan agak keras saat ditekan, pada simbol segitiga/ lingkaran, kotak dan X print kualitasnya juga kadang lebih tipis di banding yang asli. Saat kita tekan R3 dan L3 DS4 palsu suaranya lebih nyaring, DS4 Original suara lebih kalem dan lembut. Analog nya juga tidak terlalu presisi dan ada input delay saat digunakan. 


8. Hardware Dalam
Terakhir adalah hardware dari DS4 asli dan palsu tentunya berbeda, cuma tentunya kita tidak mungkin saat mau beli di toko minta sama penjual untuk bongkar stick DS4 terlebih dahulu untuk membuktikan DS4 asli/ palsu

*Update
Pada Gambar 1, DS4 original pada board nya ada logo PS yang ter print dalam papan PCB. Dan di pojok kanan atas ada bar code SN dari stick DS4 ini.

Gambar 2, pada flexible kabel data di komponen track pad, yang asli berwarna orange dan yang palsu berwarna putih. 

Gambar 3, Pada baterai DS4 asli ada print timbul dan barcode yang kalau kita scan akan sama seperti SN dari DS4 kita.  
Gambar 1
Gambar 2
Kesimpulannya di tahun 2019 ini kita sudah bisa membedakan DS asli dan palsu lebih mudah dan kadang penjual pun memberikan info kalau stick yang di jual merupakan Original Pabrik. Jika kita tidak pernah memegang DS4 asli sebelumnya, atau sebenarnya akan lebih gampang menemukan perbedaannya saat kita compare 2 stick tersebut side by side. Untuk lebih meminimalkan dapat barang palsu, pastikan kita beli di toko lokal atau toko-toko online dengan seller terpercaya, saya sarankan jangan membeli dari t*kop*di*/buk*l*pa*k karena tergiur harga murah, yang jujur barang pada dua market place itu sudah terlalu banyak sekali. Untuk pasaran DS4 Original  standard saat ini sekitar Rp. 750-560 rb sedangkan versi OP/KW sekitar Rp. 450-350 rib.

Kita sebagai costumer harus lebih smart lagi karena barang kw/palsu dari DS4 ini sudah tersebar dimana-mana, jangan sampai kita beli barang dengan full price namun tidak mendapat kualitas yang maksimal.


Link Video Republik Sultan : https://www.youtube.com/watch?v=HTRDMo0HC8Q

Semoga informasinya bermanfaat terimakasih.

13 comments:

  1. Thank bray.. Nyimak banget, jd tambah pengetahuan..

    ReplyDelete
  2. gan kalo stiknya no seri nya gini asli apa kw gan Dualshock 4 CUH-ZCT2J

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya "J" nya itu artinya japan bro ? *NebakDoang

      Delete
    2. J artinya jancok mungkin..

      Delete
  3. Playstation 4 tidak ada display ataupun keluar error invalid signal
    Ini penyebabnya

    ReplyDelete
  4. Tanya donk, kalau pakai stick ipega secara kabel bisakah connect ke ps4?

    ReplyDelete
  5. Many people are so poor because all they have is money

    ReplyDelete
  6. Dreams will never work unless you do

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Hey there! This is my first visit to your blog! We are a group of volunteers and starting a new project in a community in the same niche. Your blog provided us beneficial information to work on. You have done a wonderful job!
    Best buy ps4 games

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.