Game Review : World of Final Fantasy (PS Vita)


Game Review : World of Final Fantasy (PS Vita)

World of Final Fantasy merupakan sebuah game RPG spin off dari Final Fantasy series, ya... di dalam game ini kamu akan menemukan segala sesuatu yang berkaitan dengan game Final Fantasy series, mulai dari karakter-karakternya, monster-monsternya, sampi dunia dimana para hero-hero tersebut tinggal.

Yang sedikit unik dari game ini adalah karakter-karakternya yang imut, chibi dan lucu, berbagai karekater hero dari final fantasy series seperti Cloud, Tifa, Squall, Quistis, Lighting, Snow, Tidus, Yuna dkk akan disulap menjadi karakter yang imut-imut. Para monster dan summon legendaris pun banyak yang disulap menjadi monster yang berpenampilan lucu.



World of Final Fantasy berceritakan tentang dua karakter bersaudara Lann dan Reynn, yang tiba-tiba terbangun dan lupa ingatan tentang apa yang terjadi sebelum mereka terbangun, karakter utama akan memulai petualang menjelajah dunia-dunia khas ala Final Fantasy, yang bertujuan untuk mengembalikan ingatan mereka dan juga menemukan orang tua mereka yang hilang. Dari segi cerita jujur cukup bagus dan tidak terlalu berat untuk hitungan game Final Fantasy, diakhir cerita jujur saya tidak menduga akan menjadi seperti itu, kita akan dipaksa untuk menamatkan game ini 2x, namun tidak harus mengulang gameplay dari awal ya, alias game ini ada dua ending, bad dan good ending. Saya sangat puas dari segi cerita dan beberapa karakter hero Final Fantasy yang dimasukan ke dalam cerita tidak terlalu lebay, mungkin dengan memasukan karakter-karakter tersebut akan menjadi nilai jual lebih untuk game ini.



Lanjut ke sistem battle, game ini menggunakan sistem battle turn base klasik, yang berbeda dan cukup unik adalah sistem Stacking atau bertumpuk, saya coba jelaskan sedikit tentang sistem ini, dalam game ini karakter utama dapat berubah menjadi besar normal atau kecil chibi, nah dalam battle kita bisa menagkap musuh-musuh yang mana dalam kondisi tertentu baru musuh-musuh tersebut bisa kita tangkap dan kita jadikan semacam Guardian kalo dalam game ini dinamakan Mirage, Mirage akan ikut kita dalam bertarung, dan jika Mirage ini berukuran kecil makan akan berada di atas kepala dari karakter utama, kalo ukurannya besar maka karakter utama lah yang akan menaiki Mirage tersebut, ada tiga stacking dalam game ini Samall, Medium, Large dan Extra Large untuk summon khusus, setiap masing-masing Mirage mililiki skill tree yang berbeda-beda, dan pada titik tertentu Mirage ini bisa berevolusi menjadi monster yang lebih besar kuat dan memiliki status atau skill yang lebih kuat pula. Sistem menangkap monster, meng-evolusikannya sama semacam skema dalam game-game seperti Pokemon, Digimon dll, dan menurut saya hal ini lah yang menjadi kan game ini memiliki gameplay yang cukup panjang, karena ada sekitar 300 monster yang bisa kita jadikan Mirage.





Dari segi equpment, memang cukup mengherankan kalo game ini sama sekali tidak ada equpment senjata atau aksesoris, hanya ada istilah Mirajewels, yang mana ini semacam equpment kristal yang akan membosting status dari karakter utama atau menambahkan magic-magic tertentu.


Dari segi dunia, game ini cukup indah, dengan animasi yang halus, dan effek bokeh/blur yang bagus, seakan-akan game ini jika diibaratkan filem, yang direkam menggunakan kamera mikro, namun sayangnya di PS Vita lagi - lagi sering sekali mengalami frame drop, mungkin karena grafiknya terlalu berat. Dalam battle game ini pun bisa kita set pada mode fast forward jadi sangat cocok untuk farming exp/ item tertentu.





Kesimpulannya, game ini cukup bagus dan unik, saya menghabiskan sekitar 103 jam untuk menampatkan game ini secara sempurna, mengoleksi semua Mirage dan menyelesaikan semua side mission, rasanya tidak terasa waktu 100 jam berlalu kalo kita bermain di Handheld dan tentunya karena gamenya juga asyik untuk dimainkan. Bagi penggemar RPG kalsik yang suka cerita game spin off dari Final Fantasy yang tidak terlalu berat dari segi cerita harus mencoba game ini, karena memang ada juga versi PS4-nya dengan grafik yang lebih maksimal.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.