Penjelasan Kode REGION Pada PlayStation 4



Apa sih sebenarnya kode "Region" dalam PlayStation itu?
Para user yang baru memiliki PS4 tentunya akan bingung tentang hal ini, pasti muncul banyak pertanyaan tentang apa sih kode region ini?, se-penting apa kode region ini?, kenapa di forum-forum kode region selalu dibahas?, oke Saya akan coba jelaskan se-singkat dan se-jelas mungkin.

Pertama-tama kode region dibagi menjadi 6 :
  • Region 1 : Wilayah distribusi Amerika (US)
  • Region 2 : Wilayah distribusi Eropa (EU)
  • Region 2 CERO : Wilayah distribusi Jepang (JP)
  • Region 3 : Wilayah distribusi Asia (ID)
  • Region 4 : Wilayah distribusi Australia (AU)
  • Region All : Untuk region ini biasanya tetap terikat dengan salah satu regional di atas, biasanya bisa kita cek dari simbol rate yang digunakan.

Jadi secara sederhana, kode region adalah kode pembagian wilayah distribusi penjualan, nah apa saja yang ada kode Regionnya?
  1. Mesin PS4
  2. ID PlayStation Network (PSN)
  3. Blu-ray Games
Mari kita bahas satu per satu :

- Region Pada mesin PS4


Biasanya region ini terkait dengan cover dari garansi, misal kita membeli PS4 Asia makan jika kenapa-napa bisa di service di Sony Indonesia, berbeda misal kita beli PS4 Region Eropa, maka kalau service unit tersebut harus dikirim ke wilayah di mana mesin itu harusnya distribusikan yakni eropa. PS4 dengan region tidak standar biasanya harganya lebih murah, karena masalah garansi tersebut.

Ada teman saya yang beli PS4 2nd, kemudian rusak dan saat dibawa ke Sony Balikpapan, dan di cek ternyata Region dari PS4 nya Region Jepang, dan tentunya PS4 itu ditolak untuk di service, walaupun teman saya mau membayar biaya service nya di luar dari garansi, sadis ya.. Akhirnya teman saya service ke pihak ke 3, namun tetap saja dikirim ke Jakarta. Intinya sih teman saya itu malah tidak tau region berapa PS4 nya..

Nah pasti teman-teman pada penasaran, PS4 kita region berapa sih?? cara cek nya bisa cek di dus book, pada spesifikasi cari tulisan yang di depannya ada CUH-xxxx contoh : CUH-1006A

Penjelasan dari kode CUH-10 06 A

CUH - Merupakan kode mesin PS4 Fat/PS4 Pro/Slim Retail

10 - Merupakan seri dari PS4 FAT, sekarang sudah ada seri 20 untuk PS4 SLIM dan 70 untuk PS4 PRO

06 - Merupakan region Indonesia (00: JPN, 01: USA, 03: UK dll)

A - Merupakan ukuran dari hardisk PS4 (A: 500GB, B: 1TB) * 2TB masih menggunakan kode B

*UPDATE 2 Januari 2020

Karena banyak sekali beredar PS4 Seri 2218A/B di indonesia, yang mana angka 18 belum di ketahui untuk penjualan negara mana, jadi saya langsung menanyakan ke Sony Indonesia, yang mana jawabannya tegas kalau seri 2218A/B merupakan produk resmi yang di distribusikan di Indonesia.

Update * 30/7/2019
SKU Region untuk mesin PS4

00 - Japan (JP)
01/15 - US, Canada (North America) (US)
02 - Australia / New Zealand (Oceania) (AU)
03 -  U.K. / Ireland (UK)
04 - Europe / Middle East / Africa (EU)
05 - Korea (South Korea) (KR)
06 - Southeast Asia (Indonesia / Malaysia / Philippines / Singapore / Thailand )
18 - Hong Kong (SA) atau Indonesia (bundle game)
07 - Taiwan (TW)
08 - Russia, Ukraine, India, Central Asia (RU)
09 - Mainland China (CN)
10 - Unreleased
11/14 - Mexico, Central America, South America (mx)

Untuk beberapa PS4 Edisi Spesial bisa di cek di sini listt CUH nya -  https://en.wikipedia.org/wiki/PlayStation_4_models

- Region pada ID PSN/DLC

Kalau yang belum tau ID saya region berapa, karena Dapat ID dari pembeli sebelumnya, sebenarnya bisa di cek dengan cara masuk ke PSN Store yang ada di PS4, kemudian coba cek salah satu game, lihat mata uang yang digunakan, misal "$" tandanya Reg 1 kalau "Rp" tandanya Reg 3, kalau "" tandanya Reg 2, dan "¥" Jepang CERO.

Sebenarnya Region pada ID ini berpengaruh dengan konten game yang tersedia di dalam PSN Store serta DLC yang bisa kita gunakan dalam game tersebut.

DLC (Downloadable Content) sendiri adalah sebuah konten tambahan pada sebuah game, DLC bisa berupa kostum, senjata, aksesoris atau bisa juga sebuah cerita tambahan. Saat kita membeli suatu game diusahakan untuk sama Region nya antara kaset Blu-ray dan ID supaya mempermudah dalam meng-klaim kode DLC tersebut, walaupun sebenarnya tidak begitu masalah kalau kita memiliki beberapa ID dengan region yang berbeda-beda.

- Region Pada Games


Pertama-tama region tidak mempengaruhi konten dari game yang akan kita mainkan, semua region sama saja konten game nya, namun yang membedakan hanya bawaan kitab, manual yang ada di dalam box Blu-ray aja.
Jika game yang kita mainkan adalah game Online maka ini mempengaruhi kita terhubung dengan server mana, sesuai dengan region kaset yang kita beli, misal kita beli region 3 asia, makan server nya ada di singapura, kalo region US maka akan terhubung ke server US, tentunya ini akan mempengaruhi hasil dari ping. Namun untuk hal ini masih ambigu karena kita tidak tau secara pasti apakah benar saat ini terhubung ke server yang mana.

Tambahan dari temen :
Untuk server sih tidak pengaruh sama sekali Region dengan masuk server mana. Emang sih ada yang server nya berdasarkan Region Game, kayak PES yang dulu-dulu, PES itu masuk Eropa & US sedangkan WE masuk Asia.  
Tapi kebanyakan game sekarang matchmaking nya based on IP, kayak Rainbow Six otomatis akan masuk region seas. Ada juga yg menyediakan server browser kayak Battlefield, sehingga pemain bebas memilih mau main di server mana pun.
Tapi sampai sekarang ada sebagian kecil game yang masih sistem nya seperti itu. Cuman saya gak tau pasti game apa aja. Biasanya sih game jepang yang seperti itu. Kemarin sempat dengar rumor juga kalau Sever Jepang GTA Online beda sama Worldwide. Cuman saya tidak bisa pasti in mitos nya benar apa nggak, ntar ngajakin mabar orang jepang dulu buat verifikasi haha
Jadi misal kita membeli kaset blue-ray PS4 yang Region 1 itu tandanya kita membeli dari wilayah distribusi yang lain, jadi kadang harga dari region 1 lebih mahal dari pada region 3 atau malah sebaliknya.
Jadi kesimpulannya, karena PS4 tidak region LOCK seperti Nintendo, jadi masalah region ini tidak lah terlalu penting, hanya terkait dengan klaim DLC dan konten yang ada di PSN Store. Region hanya ngaruh sama kode psn (kode wallet atw kode game/ dlc fisik yang ber kode)

Semoga informasi yang ternyata tidak pendek ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang baru memilih PS4, Kalau ada salah saya bisa di koreksi, kalau masih ada yang bingung bisa di tanyakan ke saya atau member yang lain. Terimakasih.

152 comments:

  1. Thank you informasinya, sangat membantu yang awam.

    ReplyDelete
  2. Gan kalo 2016 B itu apaan yak kan 2006 B kan indonesia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. B itu ukuran hdd mas, A 500GB kalo B 1TB

      Delete
    2. kalau CUH 2006 series itu mksdny apaan yak

      Delete
    3. Jenis psnya kyaknya, seri 2rb yg slim.

      Delete
    4. Kalo 2016 itu artinya ps4 ny garansi eropa, kalo 2006 artinya garansi resmi sony indo

      Delete
    5. Kalau yang sekarang 2106 gan itu apakah region indo

      Delete
    6. Dua digit belakang 06 berarti reg asia(indo) tu gan..

      Delete
    7. Gan Kalo Cuh-2218 itu regional brp?

      Delete
    8. Klo TB itu terra byte bukan? Masih awam sorry...

      Delete
    9. Kalo Cuh-2218 itu masih garansi resmi soni indo gan yg type bundle game PS4 nya

      Delete
    10. Resmi mas, sudah saya konfirmasi dan tanayakan ke PSN Asia, itu produk resmi yg di pasarkan di indonesia.

      Delete
    11. Gan punya aku CUH-2016A. Itu regional mana gan??

      Delete
    12. Ini masih saya tanyakan ke PS asia dulu, belum ada jawaban, saya juga penasaran

      Delete
  3. Gan misal saya instal game bertuliskan reg 2 lalu disk hilang saya beli lagi game reg 3(game sama) itu gemana? Apa harus uninstall game yang reg 2 atau tetap bisa di mainkan?

    ReplyDelete
  4. Gan Ane beli motogp17 region2 kok Gk bisa main di Region3 apa harus main di region2

    ReplyDelete
  5. Terima kasih gan, membantu sekali buat saya yang masih newbi soal ps4

    ReplyDelete
  6. Gan kalo ps4nya region 2 main game r
    egion 3 itu bisa gak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tapi kgk bisa download dlc

      Delete
    2. Kalo gamenya reg all apakah bisa claim dlc

      Delete
    3. Reg all itu pasti antara Reg 1,2,3 perhatikan aja penilaian rating di cover depan, atau do cover belakang kadang ada gambar bola bumi trus ada angka 1-3

      Delete
  7. Gan ane udh punya akun psn yg reg2.. disc ane kan reg 2, sedangkan dlc nya reg 3 karena waktu download di ps store dengan akun psn reg3.. sekarang punya akun psn reg2.. tetep DLC nya ga kebaca.. malah pas main dark souls 3 dengan akun reg2, mau main DLC nya, ternyata DLC nya harus beli lagi dengan kurs euro... Mumet nih pusing

    ReplyDelete
  8. Mau tanya gan,, udh pusing nihh,, jadi gw dulu maen r6 pakai cd, trs sudah di jual, sekarang mau maen r6 saya sudah beli digital di playstore, ko ngga bisa ya gan,,, mohon pencerahanya,, data masih save yg lama

    ReplyDelete
  9. Gan,klo misal game saya region 2 tapi ps region 3,gmna gan?apa gak masalah jika saya main game berbeda regionnya?

    ReplyDelete
  10. Gan mau tanya aneh benget kset gue q coba d pes tmen q kok gk bisa pdhal d ps q ksetnya normal,,

    ReplyDelete
  11. iya bener gan ga pendek ini tulisannya hahaha tapi membantu banget kaya ane yang lagi cari ps

    ReplyDelete
  12. gan nanya gw baru beli cd ps4 uncharted 4 a thiefs end reg 2 tapi yang dikirim uncharted 4 fine di un ladro (bahasa eropa/itali kayaknya) ini pas dimainin suara nya bahasa eropa y? dan bisa di ubah jadi bahasa inggris ngga? gw baru dpt nih belum sempet dimainin, tolongin info nya ya agan agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara default game dari reg 1-2-3 bahasa Inggris, tak peduli cover atau manualnya bahasa apa, kecuali CERo Japan, full jepang bahasanya😁😁😁

      Delete
  13. Gan, saya mau nanya. Saya kan mau ngelanjutin studi saya ke australia, nah kalo saya mainin di sana bisa gak? Ps saya belinya di indo

    ReplyDelete
  14. Yg terakhir, kalo bawa ps keluar negri, sama petugas bandara di anggep legal atau ilegal? karena kan sayang kalo di sita

    ReplyDelete
  15. Gan sy br dpt hadia dr paman dr saudi arabia ps4 pro region 2 didisknya ditulis region 2 .sy tinggal dijakarta.kl sy mau main ol dgn teman2 sy yg disknya region 3 bs g tp disk sy region 2

    ReplyDelete
  16. Gan,kan ps4 saya region 3,saya mau redeem kode kaset saya region nya all,kok gabisa ya? tolong dijawab :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo region all nya bikinan US sepertinya ga bisa gan

      Delete
  17. Gan saya mau nanya, kalo kaset game saya itu R-ALL dan DLC yang saya beli dalam bentuk Rp, maka bisakah DLC tersebut dijalankan dalam game tersebut?

    ReplyDelete
  18. Gan mau nanya
    Saya udah install game region 2 ffxv terus saya beli baju si noctis eh ga bisa karena psn gua reg3
    Nah saya mau beli ffxv reg 3
    Ntar updatan,save game saya ngaruh ga?
    Apa biasa aja jadi dlc saya bisa di pake?
    Thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gimana kelanjutannya ? Saya punya kasus yg sama hehe

      Delete
    2. Save2an ikut ke ID PSN, jadi kalo dulu dah pernah main FF15 Reg 2 lalu main sampe tengah-tengah trus putus, sekarang beli lagi Region 3 maka save2an ga bisa di lanjutkan, harus ngulang dari awal.

      Kalo masalah DLC juga harus sesuai region PSN yg kita pake..kalo FF15 mending beli yg full sekalian yg Royal Edition.. kalo saya jarang beli DLC sih jd kurang tau juga kalo in game, cuma dulu pernah punya pengalaman main witcher reg 2, beli pernak pernik DLC di reg 3, set as primary, trus kontennya muncul saat saya main nin pake reg 2..

      Delete
    3. maaf tapi setau saya save game nya klo udah beda region gamenya ga bakal bisa sih. misal save data sebelumnya kan region 2 trus agan beli yg region 3, ngga bisa kebaca save game nya alias mulai dari baru lagi.
      coba aja baca di sini ada yg bertanya, dan jawaban nya gak bisa kalau beda region walaupun game yg sama :)
      https://community.playstation.com/content/pdc/us/en_US/pdc-communities/support/games-services.topic.html/transfer_save_gamef-QQur.html

      Delete
    4. Yup bener sih lebih tepatnya save2an ikut ke region gamenya.. lebih membingungkan lagi kalo regionnya reg all, bisa reg 1 atau reg 3, baca dari ESRB juga kadang meleset.. jadi kalo main game sakali kalo bisa langsung tamat..

      Delete
  19. Terima kasih, sangat membantu.
    Nambahin hasil dari pengalaman ane, memang betul region tidak berpengaruh untuk bermain online, saya punya akun region 1, memainkan monster hunter yang region 2, berjalan lancar multiplayer online, dan benar DLC tidak bisa diakses karena beda region.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ane biasanya switch account ke region sesuai kaset gan. Ane pake 3 account beda region semua. Beli kaset region apa tinggal nyesuaiin sama akun ane. Jadi DLC tetap bisa didownload

      Delete
    2. Klo DLC udh terlanjur kebeli ternyata ga bs dimainin (ga ke detect sm game) krn beda region sm kaset gmn solusinya gan?

      Delete
  20. Jadi misalnya klo gta v online gua reg 3 bisa gk main sma reg 4 (aus)?

    ReplyDelete
  21. gansis contoh gw mau main jurassic world evolution, tpi di playstationstore ps4 gw ga ada sedangkan orng2 di luar indo tuh dah nyoba betanya ,, itu gimana ya ?? apa mungkin beda reg?
    trus klo emng beda reg nnti misal gw beli kasetnya trus gw main di ps4 gw bisa ga ya ?
    tolong dijawab suhu :v

    ReplyDelete
  22. gan, mau tanya kalo kita stay di indo lalu kita beli BD reg 2 untuk dapet DLC nya apa bisa dengan menggunakan id PSN baru dengan region 2 ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bro, saya malah menggunakan akun reg 1,2,3 untuk masalah redeem DLC, apa lagi untuk free dlc

      Delete
  23. Jadi walaupun ps4 ny reg 3 tp mainin game reg 2 bisa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup ga masalah bro, main game reg berapa pun tidak ada masalah

      Delete
    2. Terus? Masalahnya dimana Gan? Apakah ada masalah? Punya sayakan PSnya reg3, apakah ada masalah ketika saya beli GoW Reg2? Mohon infonya.

      Delete
    3. Masalah nya mungkin pada saat reedem code ya gan?

      Delete
    4. Iya lebih tepatnya saat redem kode PS Wallet, dan DLC, karena kedua konten itu minta region yang sama dengan region dari PSN, bukan region mesin

      Delete
  24. terimakasih infonya, sangat membantu

    ReplyDelete
  25. Mas nanya dong ps4/sya g bisa online knp yah selalu keluar configurasi network

    ReplyDelete
  26. Mas nanya dong ps4/sya g bisa online knp yah selalu keluar configurasi network

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai koneksi internet apa ya mas? indihome kah? pastikan setelah connect ke internet test konection status, supaya tau dapat nat berapa, caranya masuk ke : Settings > Network > View Connection Status.NAT Type berapa

      Delete
  27. Gan saya beli ps 4 reg 3 kaset pes 2019 reg 2 trus PSN saya reg 3
    Ga bisa main online. Knp ya kira2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena servernya mungkin lagi down, Reg di game tidak mempengaruhi.. kecuali kalau untuk reedem dlc

      Delete
  28. Gan saya beli ps 4 reg 3 kaset pes 2019 reg 2 trus PSN saya reg 3
    Ga bisa main online. Knp ya kira2 ?

    ReplyDelete
  29. Gan mau tanya, akun ps4 saya R3, gamenya R2, semisal saya beli game yang sama tapi R3, save file yang di game R2 bisa dipakai di game r3 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, via USB flasdisk saja biar mudah.. kalau lewat PSN(online) kurang tahu

      Delete
  30. Bro ps gue reg 3,tpi kaset gta gue reg 2 kira2 bisa main online gkk?
    Dann bakal jadi rusak gk sih psnya?

    ReplyDelete
  31. Bisa.. PS akan rusak??enggak lah
    kecuali kalau Ps4 agan yg HEN baru bahaya...

    ReplyDelete
  32. jadi kalau beli ps4 region 3 tapi kalau dlc nya region all bisa di pake gitu ya?

    ReplyDelete
  33. Bro..ps 4 ku region 3 id psn indo , seandainy suatu hr main game region 1 / 2 itu trophy ny trbagi ato gabung di trophy region 3 ? Ato sm skli g bs dpt trophy ny?.

    Cara buat id psn egion 1 dan 2 dan cara ganti antar region seandainy mo main game yg beda dgn ps kt gmn y bro??

    Btw ..tq ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo game fisik baik itu region 1/2 makan trophy akan masuk ke ID PSN yang sedang digunakan untuk memainkan game tersebut. ID saya region 1 cuma kaset saya banyak yg region 2/3 namun semua trophy akan masuk ke ID saya region 1. Tidak terbagi ke 2 ID

      Kalo game digital, bisa di akalin, game region 3 (karena harga lebih murah), set as primary ID nya, lalu bisa di mainkan di region 1 asal satu PS4.

      Delete
  34. Maaf mau tanya , ps saya slim Cuh 2015a , itu bedanya apa ya sama yg seri 2106 / 2006 ? Terimakasih jawabannya gan , apakah ps saya lrbih jelek / bagaimana dari segi mesin dll lebih awetan mana? Terimakadih maaf pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri CUCH-2015A itu seri PS4 limited edition yg seri Call of Duty: Infinite Warfare Bundle atau Uncharted 4 Bundle ya, kalo seri 2106B juga sama itu kode seri bundle untuk Watch dog 2. Untuk keawetan sama aja mas, untuk tau release PS4 nya bisa di cek sesuai bundlenya, kalo COD IW cek tanggal release kasetnya, begitu juga Uncharted 4 sama sesuai tanggal release kasetnya.

      Delete
  35. kalo misal ps kita reg 3 apakah bdnya harus reg 3 juga ya..

    ReplyDelete
  36. Gan Saya Baru beli jump force reg2 gak bisa download DLC, kenapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna region BD berbeda dengan region id PSN bro, PSN Bro region 3 jadi ga bisa redem DLC Region 2 secara langsung.
      Solusinya : Buat id baru region 2, claim code nya di region tersebut, seta as primary ID PSN region 2 tersebut, maka konten DLC nya akan ke share ke semua akun yang ada di PS4 punyanya bro. Jadi bro bisa aja pake dlcnya cuma ya itu rada beribet, kalo di PS4 saya komplit ada id PSN reg 1,2,3 untk jaga2 claim game, themes free atau dlc yang free di masing2 region.

      Delete
    2. Ini dia jawabannya yg saya cari.. thanks bro panca

      Delete
  37. Saya baru beli ps4 slim produk 2019 no seri 2218B B01 buatan mana yatim????

    ReplyDelete
  38. Saya baru beli ps4 slim produk 2019 no seri 2218B B01 buatan mana yatim????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri CUH-2218B itu PS4 slim versi bundle 3 games, cuma cuh-22xx, 18 ini saya tidak tau kode negara mana, mungin hong kong

      Delete
  39. Bro kalau region ngaruh tombol nya kaga? Misal X->O / O->X

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengaruh mas, saya pengalaman menggunakan PS4 Pro Region 2 EU, jadi tombol O untuk oke berubah menjadi X.

      Saya pernah punya PS4 Slim Reg 3 ASIA, tombol oke nya O

      Cuma di PS4 ada fasilitas untuk mengganti atau swap antara dua tombol ini, cuma saat kita masuk ke game akan kembali ke setting-an default.

      Delete
  40. Bang, jadi ps4 itu bisa mainin semua game walaupun regionnya beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, untuk main game beda region tetap bisa. Yang jadi masalah cuma saat klaim DLC kalo game itu ada DLC nya.

      Delete
  41. Cuh-2218b reg mana gan?
    Aman ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu seri region HK bro, kalo aman tidaknya harusnya aman saja, cuma di terima di sony indonesia saya tidak tau

      Delete
  42. kode gw ini, Chu2218B , maksudnya apaan y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu seri region HK bro, kalo aman tidaknya harusnya aman saja, cuma di terima di sony indonesia saya tidak tau..itu buka lewat jalur resmi indonesia, makanya byk di jual murah...

      Delete
  43. Bagaimana Cara cek cuh di ps 4 fat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara paling gampang bisa cek di dus book nya, kalo di mesin PS4nya tidak ada, cuma ada ciri-cirinya.
      Seri CUH-1000 : Bagian atas masih glosy, tombol power/eject berupa touch pad
      Seri CUH-1100 : Bagian atas sudah tidak golsy dan full mate, tombol power/eject berupa tombol fisik, Bagian belakang urutan port nya Port Playstation Eye, Ethernet LAN, HDMI, IR.
      Seri CUH-1200 : Bagian atas sudah full mate, eject/ power sdah tombol fisik, bagian belakang port urutannya Ethernet LAN, HDMI, Port Playstation Eye, IR.

      Delete
  44. kalau PS4 Pro CUH 7218B B01 masuk region mana, di box infonya garansi indonesia. beli online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari SKU kodenya, angka 18 merupakan kode untuk negara Hongkong bro, yakin itu di PS4 nya ada stiker hologram produk resmi indonesia? atau di kartu garansi nya ada kartu hologramnya? saya tidak tau kalau HK masuk ke wilayah penjualan indonesia harusnya hongkong masuk ke wilayah asia timur, saya juga banyak lihat seler2 online rata2 kodenya pasti 18, atau harga lebih murah atau barang selundupan saya kurang tau.

      Delete
  45. Gan mao nanya klo misalnya salah beli game reg 2 cero, ada ga option bahasa inggrisnya, dlm hal ini game sekiro shadow die twice, moga dijawab dan makasih

    ReplyDelete
  46. Duh...saya barusan ngalami masalah dengan adanya Regional ini.
    Saya main game Horizon Zero Dawn (HZD). Walau saya belinya game disk nya di Jakarta ternyata regionalnya adalah: 2. Awalnya saya tidak perhatikan. Tetapi saat saya beli "Add On" nya yaitu Frozen Wild (FW) yang mana saya down load dari rumah di Jakarta, ternyata tidak bisa di down load kedalam consol (Error message nya: Cannot find the application). Padahal saya sudah bayar.
    Menurut perkiraanku pasti gara2 Regional ini. Yang mana yang saya down load dari Jakarta pasti dari Regional 3 dan Game saya dari Regional 2.
    Apak ada yang bisa bantu saya supaya saya tidak buang uang mubazir krn Add On yang saya sudah beli tak bisa dimainkan.
    Salam dan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat ID baru region 2, download DLC nya set as primary, mainkan di ID reg 3, kalo saya lengkap punya ID Reg 1,2,3 utk keprluan ini, krna BD saya regionnya campur2..

      Delete
  47. Bang bro, mau tanya apa semua game yg BD PS4 baru beli itu. Installnya harus download? Atau cukup install dari BD nya aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada komen kelewat, enaknya BD itu data install sudah ada di dalam BDnya, jadi dengan BD game pasti bisa di mainkan, namun untuk experiance yang lebih lancar biasanya ada update day 1 yang bisa kita download di internet..

      Delete
    2. Hallo bang bro.. baru balik lg saya kesini, permasalahan saya di atas blm terselesaikan.. haha pengguna kuota hp soalnya.. wkwkw
      Jadi taun lalu saya itu beli mesin dgn bundle game Destiny 2..
      Waktu mau di mainin game nya itu bukan menginstal tp minta download sekitar 77gb.. jadi Sampe skrg blm pernah saya mainin.. wkwkw..

      Delete
  48. bs recommend bagusnya utk ps4 pro bagusan 7006B atau 7106B ya bro? trus bedanya apa ya krn setau sy harganya beda lumayan jauh, thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya beda karena seri 7006B itu seri pertama, saat launching 10 November 2016 sedang seri 7106B itu seri revisi nya, lebih baru dan infonya lebih hemat daya di banding seri pertama karena revisi hardware di seri 7106B. Kalau mau yang lebih bagus ambil seri terbaru CUH-7200 yang lebih hemat daya dan suaranya tidak terlalu bising..

      Delete
  49. Gan di dus ku tulisannya CUH-2218A B01 itu berarti region brp ya?

    ReplyDelete
  50. region Indonesia mas, angka 18 itu indonesia, A itu 500Gb hdd, B01 itu budle pack warna jet black

    ReplyDelete
  51. mau tanya klo saya ada 2 akun reg 1 dan reg 3 asia... nah kmren saya beli ps plusnya di reg 1 Us...nah saya mau tanya saya ada game online di reg 3 yaitu GT Sport. bisa gk saya maen online game GT sport saya reg3 di Akun Reg 1 saya yg kebtulan ps plus saya ada di reg 1 US

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, PS Plus bisa di share kok, coba yg akun reg 1 di set as primary, kemudian GT Sportnya mainkan pake akun reg 3, otomatis layanan ps plus nya bisa di pake juga di region 3 ps4 mas..

      Delete
  52. Gam berarti cuh 2218 itu hongkong ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah langsung email ke ps asia, mereka bilang cuch 2218 itu resmi utk penjualan wilayah infonesia dan sekitarnya.

      Delete
  53. Kode belakang 18 hongkong apa indonesia sih? Bikin bingung ? Di atas bilang hongkong di bawah bilang indonesia, tolong jawab yg benar mas, biar lb jelas dan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah tanya ke PS Asia, infonya itu resmi di distribusikan oleh pihak PT Sony Indonesia..

      ini bukti emailnya :
      https://imgur.com/HEnHM0N

      Artikel di atas sudah saya update tambahkan foto gambar itu..

      Delete
    2. Ok, kl cuh 7218B dan cuh 7218BB01 bedanya apa ya?

      Delete
  54. Gan, mau tanya BD game ini kadang ga ada yang region asia / reg3...nah tapi saya pas masuk ps store asia, game nya itu ada dijual dengan kurs rupiah tentunya, brarti game nya itu legit reg 3 ya ? Walaupun BD yang dijual itu ga ada reg 3 nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup mas bener, ga semua game ada fisiknya, dan beberapa game fisik kadang tidak ada di region tertentu, solusinya memang beli dari psn store, kalau mata uang rupiah jelas legit 100% itu region 3 indonesia mas..

      Delete
    2. Yg perlu di perhatikan adalah bahasanya, kadang ada game digital yg murah tapi bahasanya chinese, korea atau japan only, pastikan sebelum membeli di judulnya ada tulisan englishnya.. byk kejadian ff7 remake salah beli.. sama2 mata uang rupiah pdhal..

      Delete
    3. Nah ini bener saya kemarin browse di psn store...1 game selalu ada english ver dan chinese ver padahal sama2 rupiah, kemaren hampir terjerumus setelah saya lihat detail lah kok chinese version...ternyata yang english ada di bawahnya

      Delete
  55. mas, misalnya saya buat PS account di indonesia (region 3) lalu saya ke jepang untuk kerja disana.
    lalu beli PS4 Pro disana (region 2)
    pertanyaan saya, apa saya bisa login PS account yg didaftarin di indonesia tadi di PS4 region 2??
    dan beli game dari ps storenya biar bahasa gamenya english?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, ps4 region 4 jepang bisa di pakai psn id reg berapa pun. Ini saja saya pakai ps4 pro yg reg 2 eropa, di dalamnya ada akun psn id reg 1 usa, reg 3 indo dan reg 2 eropa.. masing2 id bisa akses ps store masing2 dengan mata uang masing2 mas..

      Delete
    2. tapi kabarnya untuk DLC nya lock region. Apa itu benar?

      Delete
    3. Iya dlc ikut ke masing2 region. Cuma bisa aja kok di akalin, saya ada artikelnya jg https://hydeist666.blogspot.com/2020/04/memainkan-konten-dlc-region-tertentu-di.html?m=1

      Delete
  56. Oh ya sama satu lagi gan, bisa ga sih save file yang ada di region 2 itu bisa saya gunakan di region 3? Game nya sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, Save game ga bisa lintas region dan lintas PSN ID, save game hanya berlaku untuk id PSN itu aja, soalnya kalau bisa lompat-lompat nanti bisa di salah gunakan kayak era ps1 dan ps2, dimana saat main game tertentu kita tinggal download save file milik orang lain dari internet yang semuanya sudah maksimal dan kita tinggal pasang save file tersebut

      Delete
    2. Wah berarti kalo seperti persona 5 royal kan dia bisa pake save persona 5 yang dulu buat dapat bonus..tapi dulu saya main di region 2 , sedang kaset yang persona 5 royal baru ini dia region 3..ga ke detect berarti ya gan?

      Delete
    3. Mas mainkan persona 5 di akun region 2? Atau 3? Karena kalau saya main game region berapapun tetap di akun region 1 saya, karena trophy. Jadi semua save game ada di akun region 1 saya..
      Ralat, kalau gamenya di mainkan di psn id yg sama ada kemungkinan bisa. Misal kasus mas di atas, selama mainnya di akun region 3 dan load save game dari akun region 3 walau base game nya beda region kemungkinan bisa..

      Delete
    4. Saya kebetulan mainnya psn acc region 2 karena waktu itu ga paham cara ngakalin DLC yang dapat free jadi saya mainnya bukan di acc reg 3

      Delete
    5. Oke berarti save data masuk ke akun reg 2 itu mas..

      Delete
  57. Apa ada region mesin yang bisa mainkan segala jenis BD dari region manapun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua mesin PS4 bisa memainkan semua region dari kaset BD mas, konten DLC pun bisa aja di akalin, saya ada tulis artikelnya juga..silahkan di cek di halaman utama

      Delete
  58. Apa bedanya cuh-7218B dan cuh-7218BB01 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuh-7218B = PS4 Pro biasa 1TB Black
      Cuh-7218BB01 = Biasanya kode "B" itu sebagai Bundle, jd ps4 pro-nya di jual dengan bundle game-game tertentu yang itu merupakan bundle resmi dari sony, jadi mereka membuat kode cuh khusus utk seri PS4 tersebut.

      Delete
  59. Ijin suhu suhu dunia Ps4, saya beli Bd Cod Ww2 regional 2 Cero, mesin Ps4 saya Reg 3, saat instal selesai game nya bahasa jepang, apa bisa di ganti ke bhs Inggris??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di belakang kasetnya biasanya ada tulisan Voice dan Subtitle mas, jika cuma bhsa jepan, ya tidak bisa. Game region CERO jepang memang harusnya di hindari karena sebagian besar tidak bisa di ganti bahasanya.

      Delete
  60. Btw,seri ps4 yg bagus dan kuat dari region mana ya bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua seri PS4 saya rasa kuat aja mas, kalau saya sih lebih sarankan dengan versi CUH terbaru aja, dgn memilih CUH seri terbaru tentu dapat jaminan kalau PS4 tersebut merupakan manufaktur hardware terbaru dan stock terbaru juga..

      Delete
  61. kalo mesin reg 2 bisa bikin akun PSN reg 3 dan clain dlc reg 3 gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa region mesin reg 2 hanya pengaruh di tekan tombol X dan O yang kebalik..kalau game reg 3 tentunya bisa di klaim di PSN id reg 3 juga..

      Delete
  62. Saya mau bertanya, kalo saya beli game di ps store (digital) dengan format IDR otomatis brati region 3/ asia ya min?

    ReplyDelete
  63. Nah gw pen nanya gan gw pengen beli ps4 buat main gta sa nah katanya gta sa ps4 itu ada nya di region 1 bener atau nggak sih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Grand Theft Auto: San Andreas di region 3 memang tidak ada, hanya ada di region 1 (usa) dan 2 (eu).

      Delete
  64. Hallo bang bro..
    Saya mau tanya..
    Brapa hari lalu saya ikutin blog yg pembelian game dari region turki (terima kasih buat tutornya 🙏)
    Nah saya beli game JW: Evolution deluxe edition.. sementara ini proses install dan primary id masih di reg ini..
    Klo seumpama primary id saya ganti ke reg 3 sampai install selesai apakah gamenya bisa dimainkan di reg 3?
    Terus saya dpt ilmu lg dari ytube, soal pembuatan id reg Swiss, ini masuk ke reg berapa bang bro?
    Karena lg ada event game gratis di PS now..
    Terakhir mohon bantuannya klo ada kuliah singkat lg untuk membuat id reg 1 bang bro..
    Makasih banyak bang bro.. sukses terus 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga papa mas, semua ID mas mas set as primary aja tidak ada masalah, supaya library gamenya akan di bagi antra masing-masing ID.
      Reg Swiss itu reg 2 eropa, mata uangnya lebih mahal dari dolar, cuma utk PS Now itu gratisnya harus konekin ke CC atau Paypal, kalau ga ga bisa di klaim. Saya ada artikel cara klaim PS+/PS Now trial 7 hari secara gratis, mas cek cari aja, plajari triknya. Saya sudah banyak main game PS Now gratis, kayak perasaan ga ush beli game aja sudah punya banyak game..tapi ya itu koneksi internet harus kuat untuk download game digitalnya dalam jangka waktu yg cepat.

      Delete
    2. Ohh.. jadi bisa di set semua ke primary id ya.. saya pikir hanya bisa 1 primary id.. wahh.. makasih banyak bang bro..
      Yg artikel psn saya coba cari.. 🙏🙏

      Delete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Halo misi, Model CUH 2100 A itu dari mana ya Gan? Trus kalo ane beli BD Game, baiknya region berapa? Salam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 00 itu kode region Japan (JP), namun tetap bisa di pakai normal kok, tombol O di stick utuk Oke, kalau region 1-2 tombol X untuk oke, jadi kebalik dengan region 3 dan jepang.
      Kalau beli kaset baiknya di sesuaikan denga region dari PSN id (bukan PS4 nya ya), biasanya org indo pake region 3, krna harga DLC dll kadang lebih terjangkau.

      Delete
    2. Thanks, agan Setya Panca. Sorry late reply. Sukses selalu..

      Delete
  67. Bro, sy beli PS 4 dijepang kedepannya untuk dibawa ke Indonesia. Awet nggak ya? Apa yang mesti diperhatikan? Tegangan nya kan berbeda yah. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah untuk tegangan kayaknya 110v ya di JPN, cuma di indo juga ada PS4 region jepan dan bisa aja di pake di indo tanpa converter stepdown. Temen saya pernah punya PS4 reg JPN, saat mau di service di indo di tolak, krna reg JPN..itu sih pengalaman saya

      Delete
  68. mas, itu service ps 4 nya di mana ya?

    karna ps saya build nya eropa padahal belinya di arab, di bawa service kok ditolak .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah seperti ini terpaksa service ke teknisi lokal mas, biasanya tiap kota ada aja kok, coba aja cari di OLX lokal

      Delete
  69. Gan mau nanya dong, ada game yg region All USA, nah itu bisa download DLC pake akun region lain nggak ya ? Soalnya kan All, tp yg saya bingungin ada embel2 USA nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ada artikel penjelasan nya : https://hydeist666.blogspot.com/2020/04/memainkan-konten-dlc-region-tertentu-di.html

      Delete
  70. Gan ciri2 reg all untuk reg 3 gonna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di bagian samping judul bawah ada tulisan kode PCAS atau PLAS..

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.