Game Overview: Rise of Tomb Raider (PS4)


Rise of Tomb Raider merupakan sebuah game bergenre action-adventure yang didevelop oleh Crystal Dynamics yang terkenal lewat game Legacy of Kain dan dipublis oleh Square Enix. Rise of Tomb Raider ini merupakan sequel dari Tomb Raider 2013 veris reboot. Pertama kali Rise of Tomb Raider ini direlease secara time exclusive di Xbox One pada bulan November 2015 kemudian direlease untuk PS4 satu tahun setelahnya yakni Oktober 2016 dalam versi lengkap Rise of the Tomb Raider: 20 Year Celebration yang dalam gamenya terdapat semua DLC.





Rise of Tomb Raider sendiri berceritakan tentang tokoh protagonis Lara Croft yang berpetualang di negara Siberia yang dikelilingi oleh gunung es dalam pencariannya mencari sebuah kota legendaris bernama Kitezh untuk menemukan sebuah Divine Source (Sumber Ilahi) yang dipercaya bisa memberikan kehidupan abadi. Game ini mengambil sudut pandang orang ke tiga, masih sama seperti game pendahulunya, dan game ini masih fokus dalam model game survival-kombat, dan meng-explorasi pemandangan-pemandangan lanscape yang indah serta merangkak di makam tua (tomb) yang gelap. 





Saya sengaja memainkan Rise of Tomb Raider (TB2) ini berdekatan dengan saat memainkan game yang memiliki tema hampir sama, yakni Uncharted 4 (UC4), Pada beberapa paragraf ini saya akan mencoba membandingkan antara kedua game ini supaya bisa jadi bahan referensi bagi teman-teman yang mau membeli/ memainkan game ini. 


Pertama-tama saya secara pribadi lebih menyukai UC4, karena saya merasa gamenya lebih hidup, voice actingnya lebih bagus UC4, karena petualangan Nathan selalu minimal berdua, jadi selalu ada lawan bicara serta masing-masing tokoh memiliki sifat karakter yang cukup kuat, berbeda dengan TB2 ini, dimana Lara selalu sendirian, dan jika berbicara hanya mengomentari kondisi di sekitarnya. Intinya sih narasi dan jokes dari TB2 masih kurang. Dari segi cerita tentunya ini sulit untuk di bandingkan, karena dua-duanya memiliki cerita yang bagus, namun UC4 memiliki cerita yang menurut saya lebih realistis ketimbang TB2. Untuk action dan combat ini benar-benar berbeda jauh, UC4 lebih ke arah 'sedikit' mengendap-endap dan banyak baku tembak, sedangkan TB2 ini kita benar-benar survivor, karena saya memainkan dua game ini dalam mode paling susah jadi tau mana yang benar-benar harus survivor mana yang bisa langsung trobos. 



Dari segi grafis UC4 lebih menonjol, lebih banyak arena yang indah dan detail effect yang beragam di banding TB2. TB2 gamenya memiliki durasi yang lebih panjang, karena game ini semi RPG, jadi kita harus mencari experiance (EXP) dan mencari berbagai item tertentu untuk meningkatkan skill kita, berbeda dengan UC4 yang alurnya mengalir saja seperti air, tidak membutuhkan skill, hanya yang penting ketepatan kita dalam menembak musuh, dan makin ke depan makin banyak senjata baru yang bisa kita peroleh. Oke sampe disitu aja perbandingan antara dua game yang memiliki genre action adventure ini, kalo saya tentunya lebih memilih UC4, namun yang mau gameplay lebih lama saya sarankan TB2.

(Rise of Tomb Raider Landscape-kusam)

(Uncharted 4 Landscape-colorfull)

Oke lanjut ke pembahasan lebih detai tentang Rise of Tomb Raider, Dimulai dari segi grafis, mungkin karena Rise of Tomb Raider ini develop tahun 2015 kebawah jadi memang grafisnya biasa-biasa aja, cinematic nya juga tidak terlalu banyak dan tidak menonjol, hanya ada beberapa cinematic dalam game ini. Untuk voice akting dari Lara, kental sekali aksen Britishnya, karena memang sih Lara itu dari UK. Dari visual effek saya melihat tidak ada yang begitu menonjol, karena game ini semi open world jadi ada sekema siang dan malam, yang siklus ini tentunya mempengaruhi keadaan alam dalam Lara berburu binatang. Berburu merupakan sebuah hal yang penting dalam game ini, karena berburu dan megumpulkan item akan meningkatkan skill kita dan dalam game ini juga ada model crafting, sebuah system dimana kita bisa upgrade senjata, tools dan baju. Baju sendiri ada bermacam-macam yang kita dapat dari DLC, yang mana baju ini memiliki klebihan sendiri sendiri, ada yang cocok untuk berburu ada yang cocok untuk saat baku tembak, kita bisa mengganti baju di camp, di sesuaikan dengan kondisi apa yang akan kita mau lakukan.



Secara keseluruhan arena jujur saya kurang suka dengan game ini, karena temanya tidak berfariatif, di awal game kita sudah disuguhin alam bersalju, dan sampai akhir game pun tema nya hampir-hampir sama, effek kelam gelap juga kental dalam game ini. Gameplay dari game ini hampir sama seperti pendahulunya, yakni Survival di alam bebas, kita bisa membuat Medicine dari tumbuh-tumbuhan, bisa membuat bom molotov, membuat anak panah beracun dan ber api dll, intinya kita memanfaatkan sampah dan item di sekitar kita.




Untuk segi storyline menurut saya lumayan bagus, ada sedikit twist di akhir story yang akan membuat kita kaget, namun menurut saya karakter musuh utamanya kurang kuat dan endingnya tidak klimax, cuma menurut saya cukup mengibur lah. Di game ini Lara benar-benar berguling-guling, berkotor-kotoran, dan berdarah-darah dalam bertahan hidup dari memanfaatkan apa yang ada di alam sekitar. Map yang diberikan tidak terlalu besar tidak terlalu kecil alias cukup seimbang, kita akan berpindah map beberapa kali dan setiap map disediakan fast travel agar kita tidak usah jalan jauh-jauh ke arena yang pernah kita kunjungi. Dari segi variatif hewan tidak terlalu banyak, hanya sedikit hewan predator yang menyerang, seperti beruang dan macan serta sisanya cuma hewan pelengkap, seperti tikus, kelinci dan rusa. Untuk sistem puzzle nya cukup mudah sekali, malah saya sama sekali tidak melihat panduan dalam menyelesaikan puzzle-puzzle yang ada di dalam game ini.



Overall, game ini cukup menghibur, dulu saya kira jika game petualangan dengan tema bertahan hidup jika diperankan oleh karakter wanita maka akan terlihat lebih menarik ketimbang diperankan oleh karakter pria, namun ternyata jawabannya adalalah "belum tentu". Tema yang lebih ditekankan dan menonjol dari game ini menurut saya tema RPG, Collecting, Crafting dan Surviving. Oke semoga reviewnya bisa membantu teman-teman menentukan apakah harus membeli game ini apa tidak, kalau menurut saya game ini wajib dijadikan koleksi karena game ini sudah include semua DLC yang ada.





by: HYDe666

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.