Mengecek Redaman Pada Modem IndiHome

Redaman adalah proses terjadinya pengurangan daya pada sinyal akibat pengaruh alam yaitu akibat jarak yang ditempuh oleh sinyal. Semakin jauh jarak yang ditempuh semakin besar redaman-nya. Saya ada pengalaman, saat modem indihome saya lampu LOS nya menyala kedap kedip warna merah, seperti biasa saya mengira kalau ada kabel yang putus atau colokan di ODP yang di lepas. Akhirnya saya lapor ke 147 dan besok sore-nya teknisi indihome datang untuk mengecek, kedua teknisi indihome seperti biasa melakukan pengecekan kabel, dan ternyata tidak selang lama internet saya sudah jalan kembali, kemudian saya tanya ke teknisi tersebut, apa masalahnya, mereka bilang kalau redaman pada modem saya mendadak terlalu tinggi yang mengakibatkan kualitas jaringan internet menjadi buruk dan akhirnya putus.
Lampu LOS menyala

Hal ini juga saya alami lagi saat sedang berada di kantor
, tidak ada angin tidak ada hujan, tiba-tiba dua orang teknisi indihome datang ke kantor tempat saya bekerja, pada saat itu saya tanya ada apa mas?, perasaan saya tidak ada lapor kerusakan internet ke 147, lalu mereka bilang kalau mereka mau melakukan cek redaman di jaringan di sekitar kantor saya, dan akhirnya saya persilahkan.

Berikut ini informasi yang bisa saya ambil saat kejadian internet saya yang putus dan redaman tinggi :
Informasi Rahasia dari idihome
Dari dua kasus di atas, nampaknya redaman sangat berpengaruh terhadap kualitas jaringan indihome (tentu saja :D), dan redaman ini tentunya bisa berubah-ubah seiring berbagai faktor seperti waktu jaringan sibuk, jumlah pelanggan pada suatu daerah, instalasi kabel jaringan, kualitas sambungan kabel dll. Nah untungnya kita bisa megecek berapa besar redaman yang ada di modem kita, mugkin hal ini bisa menjadi tolak ukur kita kenapa jaringan internet sering lemot, putus dll
Torpologi jaringan Fiber optic
Untuk mengecek besarnya redaman pada modem ZTE-F609, kita tinggal login ke mode admin 192.168.1.1 di browser, kalau tidak tau passwordnya bisa di cek di posting-an saya yang INI. Lalu masuk ke Status - Network Interface - PON information - Cek pada Optical Module Input Power(dBm), pada modem kantor saya tercatat sekitar -25 s/d -26 dBm. Kita bisa klik tombol Refresh untuk melihat angka kira-kiranya berapa. Pada Optical Modul Input Power (dBm) : standard nya adalah -8 dBm s/d -27 dBm. Jika redaman tinggi ini bisa menjadi alasan kita untuk telepon 147 untuk meminta teknisi datang ke rumah kita.
Redaman pada modem kantor saya :(
Redaman pada saat saya cek di rumah :)
Di forum PS4 Indonesia Facebook sering banget user yang mengeluh tentang kualitas jaringan internet Indihome yang lelet, di grup WA PS4 Balikpapan juga banyak teman-teman saya yang mengeluh tentang hal ini, jujur saya pribadi sama sekali tidak ada masalah saat berlangganan indihome, hanya hal-hal minor saja. Saya jarang sekali mengalami putus atau lelet, mungkin bisa di sebabkan oleh angka redaman -16, yang kalau saya tekan refresh angkaya tetap sama, berbeda dengan yang ada di kantor, angka naik turun antara -25 s/d -26 . Memang saat di gunakan di PS4 memang sering terjadi masalah, cuma ya itu biasa aja, karena saya tidak main game multiplayer, hanya butuh speed download game saja. 
Jaringan kabel kusut kayak hidup kamu
Saya selalu berfikir kalau jaringan internet yang lelet ini faktornya :
1. Daerah itu padat, sudah banyak pengguna Indihome.
2. Instalasi jaringan kabel yang buruk.
3. Penarikan kabel FO terlalu jauh, dan di paksa.
4. Menggunakan paket 10Mbps yang di gabung dengan paket TV.
dll

Selama saya berlangganan indihome saya se-bisa mungkin hanya mengambil paket Internet Only, karena sudah 8 thn saya tidak menonton acara TV lagi. Paket TV tentunya akan memakan bandwidth, walau orang Indihome bilang bandwidth-nya terpisah. Saya berpindah pindah tempat sebanyak 3x dan request pasang baru di tempat-tempat tersebut, selama pakai tidak ada masalah sampai harus marah-marah. Saat telp 147 pun di layani dengan bagus, yang baru-baru ini di telp dan di pastikan oleh CS di Jakarta apakah jaringan sudah baik. Saat ini saya berlangganan Indihome paket 50Mbps dengan harga promo 489rb/Bulan. Berikut ini Speedtest yang sering saya lakukan setiap beberapa hari sekali:
23 April 2020
23 Mei 2020
17 Juni 2020

Semoga bisa bermanfaat. Terimaksih.

5 comments:

  1. Mas saya dari awal pasang smpe skrg pon informationnya selalu kosong, sdh d refresh2 juga kosong jd g bisa liat db ny knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kosong biasanya itu login bukan sebagai admin mas. Coba cek user dan password indihome yg saya kumpulin di artikel saya di atas mas. Temen kemarin ada yg mengalami hal yg sama kok

      Delete
    2. Iya bener mas ternyata login user dibatasin yah, pas sdh masuk pake admin baru bisa keliatan, thx mas

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.