Mempercepat Koneksi Wifi IndiHome ke PS4

Untuk terhubung dengan Internet, PS4 biasanya akan terhubung dengan modem IndiHome menggunakan 2 metode yakni menggunakan kabel UTP LAN dan menggunakan koneksi WiFi. Menggunakan UTP LAN tentu sudah tidak perlu di tanyakan lagi kita akan mendapatkan full speed yang bisa di berikan oleh modem IndiHome, dimana speed kabel UTP LAN bisa sampai 1 Gbps. Namun tentunya berbeda dengan saat kita menggunakan koneksi WiFi, karena media yang digunakan koneksi WiFi adalah udara dengan frekuensi tertentu (2.4 GHz dan 5 GHz) , maka hal ini akan menimbulkan banyak faktor yang menyebabkan koneksi WiFi bisa saja tidak maksimal saat kita gunakan pada PS4. Bandwidth yang diberikan oleh WiFi pun cukup terbatas, mulai dari 53-300 Mbps. 
Contoh modem Indihome Saya, ZTE f609 v2
Pada artikel ini saya akan berikan satu tips yang sudah saya buktikan sebanyak 2x, dan hasilnya cukup berhasil. Saya sengaja coba 2x karena saya takutnya kalau cuma coba 1x nanti jatuhnya hanya sebuah kebetulan, karena saya hanya me-restart modem IndiHome, jadi saya coba 2x dengan skema dan jam yang berbeda supaya data yang saya dapat cukup valid.
Aplikasi Wifi Analyzer di Google Play Store
Pertama kita akan mengecek kualitas sinyal WiFi yang ada di ruangan tempat PS4 berada, di sini kita membutuhkan HP Android untuk di install sebuah program yang namanya Wifi Analyzer, kita akan deteksi berapa dBm sinyal WiFi yang ada di ruangan tersebut. Kalau kondisi rumah saya adalah jarak dari modem sekitar 1 meter terhalang dengan tembok kamar, namun sinyal WiFi tetap bagus sekitar -42dBm saat pintu kamar terbuka, dan -48dBm saat pintu tertutup. Jika sinyal pada garis warna kuning tandanya sinyal WiFi tidak bagus dan tentunya akan ada penurunan kecepatan atau stabilitas saat PS4 digunakan online. 
Kekuatan Sinyal WiFi
Yang akan kita setting adalah pada setting an Channel di modem, Jika di sekitar rumah kita terdapat banyak sinyal dari WiFi IndiHome maka mereka akan saling be rebutan sinyal dengan modem yang lain. Secara default modem IndiHome pada setting-an Channel di set ke Auto (bisa acak 1-14) jadi modem sendiri yang menentukan mana channel terbaik, namun jika semua modem di sekitar kita di set ke Auto maka setting-an nya akan sama dan kadang malah kacau dan frekuensi Channel tertentu akan penuh. Di sinilah kita harus melakukan set Channel secara manual, kita bisa deteksi modem di sekitar kita menggunakan Channel berapa dan Channel berapa yang terbaik untuk setting-an modem kita menggunakan aplikasi Wifi Analyzer di atas. Pada kasus saya, secara Default yang diberikan oleh modem adalah Channel 2.
Dan saat untuk download game di PS4 Last Of Us 2 memakan waktu 4 Jam dan total 31 Jam, Download saya lakukan malam hari pada pukul 1 AM. Setelah melakukan capture gambar, saya lakukan Pause Download dan melakukan setting pada modem saya, untuk mengganti ke Channel yang di rekomendasi kan oleh aplikasi Wifi Analyzer yakni Channel 11.
Channel 2: Waktu Download total 31 Jam
Kemudian saya langsung ganti channel pada modem, karena Channel terbaik menurut info yang saya dapatkan di internet dan menurut program Wifi Analyzer adalah Channel 11, 6 dan 1. Kenapa?  Karena ketiga channel tersebut tidak saling menimpa satu sama lain frekuensi nya, jadi aman digunakan dan menjamin kualitas sinyal nya karena tidak be rebutan dengan router WiFi lain yang beroperasi pada frekuensi sama atau bersebelahan. 

Cara ganti Channel di modem IndiHome, saya tinggal buka IP dari modem di browser, biasanya 192.168.1.1, lalu masukkan Username dan Password, Jika teman-teman tidak tau passwordnya tenang saya sudah ada artikel tersendiri, silahkan kunjungi link ini : Username dan Password Modem IndiHome ZTE F609 (Update 2020). Setelah itu masuk ke Network - WLAN - Ubah Channel ke 11 dan klik tombol Submit, maka modem akan melakukan Restart.
Browser Chrome ketik 192.168.1.1 lalu Enter
Klik Network
Ubah Channel yang awalnya Auto menjadi 11
Jangan Lupa Klik tombol Submit di bawah
Setelah menunggu modem restart 1 menit, maka saya pastikan kalau di program Wifi Analyzer Channel modem saya sudah berubah ke channel 11, dan selanjutnya saya Resume download an Last Of Us 2 saya, dan hasilnya cukup signifikan, Download speed berubah lebih cepat secara signifikan yakni 40 Menit dan Total 7 jam (Sebelumnya : 4 Jam total 31 Jam). Apakah ini kebetulan saja? akhirnya saya selesaikan download base game (19GB), dan mematikan PS4 saya untuk saya coba lagi besok paginya. Karena saya berfikir mungkin ini hanya karena restart modem.
Channel 11: Waktu Download total cuma 7 Jam
Saat pagi hari saya sambil menulis artikel ini, modem saya kembalikan lagi ke setting-an Auto dan saya deteksi menggunakan aplikasi Wifi Analyzer dan mendapatkan Channel 7, saya coba Resume download Last of Us 2, dan hasilnya adalah 16 Jam, saya tunggu sekitar 4 menit menunggu download stabil terlebih dahulu, dan benar 16 Jam waktunya tidak berubah, lalu saya Pause download, dan setting pada pada modem ke Channel 11, dan menunggu modem restart kemudian Resume Download, dan hasilnya benar saja menjadi menjadi lebih cepat yakni 5 Jam, saya tunggu 5 menit apakah waktu download naik atau turun dan hasilnya sama, tetap 5 Jam.
Channel 7: 16 Jam
Channel 11: 5 Jam
Jadi kesimpulan yang bisa saya berikan adalah, dari 2 percobaan, di dua waktu yang berbeda, menunjukan kalau dengan merubah channel pada setting an modem IndiHome itu cukup berpengaruh terhadap kecepatan download di PS4, menjadi lebih stabil dan cepat.  Untuk saat ini saya akan mempertahankan modem untuk berada selalu di channel 11, karena sebenarnya setiap malam jam 12 atau jam 1 modem kita akan di paksa restart oleh pihak IndiHome mungkin pengaturan akan kembali ke Channel Auto. 

Mungkin teman-teman semua bisa mencoba dan membuktikan trick ini berhasil atau tidak, mohon tulis hasilnya di kolom komentar saya, untuk menambah data yang saya miliki. Jika terjadi koneksi error teman-teman tinggal mengembalikan setting an Channel di atas menjadi Auto kembali

UPDATE 6 September 2020*
Saya test lagi untuk men Download Middle-earth: Shadow of War jam 7 Pagi

Channel 1 : Rame di pakai di kawasan saya
Donload 1MB to 650 MB memakan waktu :
- 68 Menit (start file)
- 5 Jam (base file)

Channel 11 : Sepi hanya saya yang pakai
Resume Download 650MB to 1GB memakan waktu :
- 38 Menit (start file)
- 3 Jam (base file)

Semoga artikelnya bisa bermanfaat terimakasih.

2 comments:

  1. bos untuk tpe HG82454 apakah bisa di atur ch nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa semua modem wifi harusnya bisa di gonta ganti channel nya, di coba aja

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.