Cara Mengganti IP Public Indihome Tanpa Me-restart Modem

ISP Indihome cukup terkenal di kalangan kita gamers PS4, dan setiap pengguna Indihome pasti pernah mengalami error legendaris NW-31194-8 yang tampak seperti gambar di bawah ini. Error tersebut terjadi karena modem mendapatkan IP Public yang buruk (tidak aman), sehingga server PSN menolak koneksi dari PS4 kita. 

Saya pernah membahas masalah ini pada artikel berikut : Mengatasi Error NW-31194-8 Pada Playstation 4 (PS4) atau Mengatasi Gagal Koneksi Internet di PS4 (IndiHome). Namun satu-satunya solusi paling jitu untuk mengatasi masalah tersebut adalah, dengan me restart modem Indihome kita. Dengan me restart modem, kita berharap mendapatkan IP Public baru yang bisa di terima oleh server PSN.
Solusi me restart modem kadang kali memakan waktu yang cukup lama, kalau cuma 1-3x restart lalu terhubung ke server PSN itu sangat beruntung, saya pribadi kadang sampai 10-15x restart baru mendapat IP yang bagus, dan itu bisa memakan waktu hingga 20-30 menit. Kadang saya sampai menyerah, setelah restart modem berkali-kali namun tidak kunjung bisa connect ke server PSN, "ya udah lah paling besok bisa sendiri". Saya juga harus menghabiskan cukup banyak energi dengan beranjak dari ruang bermain PS ke ruang tamu tempat modem berada.
Pada artikel ini, saya akan membagikan teknik sederhana baru, yang lebih cepat, untuk mengganti IP dari modem Indihome tanpa harus me restart modem kita. Teknik ini saya praktikkan pada tipe modem Indihome ZTE F609.

1. Pertama masuk ke menu login dari modem dengan mengetik IP modem di halaman browser Chrome/Firefox: 192.168.1.1, lalu login sebagai admin. Jika teman-teman tidak tau user dan password admin, teman-teman bisa cek artikel saya yang ini, dan coba satu per satu kombinasi user dan password-nya : Username dan Password Modem IndiHome. User dan Password ini sering sekali di rolling, di ubah secara sepihak oleh pihak Indihome, kalau saya pakai login yang U : admin, P : Telkomdso123.
2. Setelah login sebagai admin, masuk ke Network - Ubah Connection Name menjadi omci_ipv4_pppoe_1 - Pada Authentication Type ubah dari Auto ke PAP - Lalu klik tombol Modify. Hingga muncul tulisan berwarna hijau "Your data have been stored!"

Setiap kali kita mengubah dari Auto ke PAP (Password Authentication Protocol) atau kebalikannya dari PAP ke Auto maka IP Public dari modem Indihome akan ikut berubah. Tentunya ini akan memakan waktu yang lebih singkat di bandingkan kita harus me restart modem yang sekali restart kadang memakan waktu hingga 1-2 menit. Dengan metode baru ini mengganti IP modem hanya dalam hitungan detik.
3. Biasanya sebelum mengubah dari Auto ke PAP atau sebaliknya, saya selalu ngecek IP Publik dengan mengunjungi website ini : Whatismyipaddress.com , lalu saya cek segmen IP sebelum dan sesudah IP berubah. Setiap IP saya simpan di notepad HP dan tandai segmen berapa yang sering kali lolos ke server PSN.
Sebelum Ganti IP

Sesudah Ganti IP

Kesimpulannya adalah, proses ganti IP Public dengan metode ini tergolong lebih cepat di banding menggunakan metode lama yakni restart modem secara manual. Dari pengalaman saya, kadang IP tidak berubah saat kita pindah dari Auto ke PAP, PAP ke Auto, harus di ulang-ulang, makanya saya sarankan mencatat IP yang di dapat setiap kali kita menggunakan metode ini. Namun menurut saya dalam kurun waktu sebulan sekali paling tidak kita tetap me restart modem, supaya konfigurasi, error-error, sampah yang menumpuk di modem bisa fresh kembali setelah kita melakukan restart modem secara manual.
Setelah IP berganti biasanya saya langsung test connection di PS4 apakah sudah terhubung dengan PSN apa belum. Saya berharap semoga teknik ini bisa membantu teman-teman semua dalam mengatasi masalah koneksi dari Indihome yang kita tercinta ini, dan terakhir special thank untuk agan Muhammad Zidni di komentar Disqus yang memberitahukan saya informasi ini. Semoga bisa bermanfaat untuk semua, Terima Kasih.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.