Konsumsi Daya Listrik pada PlayStation 5 (PS5)

Akhirnya setelah menunggu 3 tahun sejak di release (November 2020), saya memutuskan untuk membeli PS5 revisi hardware ke 3 (CFI-1218A), setelah sedikit kecewa dengan pengumuman varian PS5 slim kw, yang terlihat tidak banyak perubahan dari segi chip hardware.

Setelah memiliki PS5, hal pertama yang ingin saya ketahui adalah berapa besar konsumsi listrik yang di butuh kan oleh PS5 ini. Saya mencoba untuk browsing-browsing dan mengumpulkan berbagai macam sumber data dari berbagai macam situs-situs terpercaya. 

Berikut ini data yang sudah saya kumpulkan :

- PlayStation 5 Disk peringkat daya maksimal 350 Watts.
- PlayStation 5 Digital peringkat daya maksimal 340 Watts.
PlayStation 5 Slim kw peringkat daya maksimal 340 Watts

Sebagai perbandingan,
- PlayStation 4 Fat peringkat daya maksimal 250 Watts.
- PlayStation 4 Slim peringkat daya maksimal 165 Watts.
- PlayStation 4 Pro peringkat daya maksimal 310 Watts.

Console Saingan,
Xbox One X peringkat daya maksimal 220 Watts.
Xbox One peringkat daya maksimal 180 Watts.

PC Gamming
PC Gamming tingkat pemula 300-375 Watts.
PC Gamming kelas menengah 300–500 Watts.
PC Gamming kelas atas 1000 Watts.

Namun konsumsi daya sebesar 350 / 340 W pada PS5 di atas tidak selalu terjadi, konsumsi sebenarnya kemungkinan akan lebih rendah dari itu, karena konsumsi daya sebuah alat elektronik itu cukup fluktuatif, untuk mesin PS5 juga bisa tergantung dengan kondisi ruangan sekitar dan game apa yang sedang di mainkan. 

Tegangan listrik rumah 400VA, 900VA sangat tidak di sarankan jika memiliki PS5, harus minimal memiliki 1300VA. Pengalaman teman saya beli PS5 dan tegangan listrik masih 900V, saat PS5 di nyalakan listrik rumahnya langsung putus / njeglek.

Jadi bisa di simpulkan kalau PS5 merupakan console paling boros listrik.

Mengutip dari laman Eurogame, berikut konsumsi listrik dari PS5 dalam berbagai macam kondisi :

Dari data di atas saya cukup kaget saat membacanya, PS5 tetap memakan energi sebesar 1.3W walau dalam kondisi mati. Dari informasi ini saya memutuskan untuk membelikan stop kontak khusus yang ada saklar ON-OFF nya, sehingga saya bisa mematikan PS5 secara sempurna. 

Sebagai perbandingan PS4 memakan daya 0.5W saat dalam keadaan standby, dan memakan 0.2-0.1W saat dalam kondisi mati.

Berikut ini tips dan trik agar PS5 kita lebih menghemat energi :

1. Mengaktifkan power saving mode, tujuannya agar PS5 masuk ke mode stand by secara otomatis saat kita lupa meninggalkan PS5 dalam waktu tertentu.

2. Set controller mati secara otomatis jika tidak di gunakan, tujuannya untuk sedikit menghemat karena tidak ada koneksi Bluetooth dari mesin ke controller.

3. Letakkan PS5 pada kondisi airflow yang bagus, jangan di taruh di lantai. Tujuannya agar mesin PS5 tidak mudah panas karena udara terhalang atau kena debu. Debu di lantai lebih banyak di banding di atas meja, itu mengapa kita lebih sering menyapu lantai di banding mengelap meja.

4. Jangan melakukan streaming di PS5. Saya selalu merasa bersalah jika harus menghidupkan PS5 hanya untuk menonton film di Netflix atau Spotify selama ber jam-jam. Biasanya saya langsung menggunakan layanan tersebut di Smart TV, sehingga hanya TV saja yang menyala.

5. Putus sambungan listrik PS5, karena kita sudah tau kalau PS5 tetap memakan daya walau sedang dalam kondisi mati, makan akan lebih bijak jika membelikan colokan power khusus yang ada saklar ON-OFF nya.

6.  Kalau memungkinkan mainkan dalam ruangan ber AC watt rendah / sejuk. Tujuannya tentu mengontrol suhu panas dari PS5, dengan PS5 tidak panas maka PS5 tidak bekerja dengan keras, dan akan lebih menghemat listrik.

trick agak extreme, dan mengurangi experience bermain

7. Menurunkan resolusi maksimal dari PS5, tujuannya tentu agar PS5 tidak bekerja keras dalam me-render sebuah game dalam resolusi 4K. Dengan menjaga tenaga dari PS5 maka panas akan berkurang, dan lebih hemat listrik. Saya rasa juga umur PS5 akan lebih awet.

Tujuan dari artikel ini agar kita semua sadar akan pentingnya menghemat energi, walau punya uang dan mampu pun, tetap itu bukan sebuah alasan kita untuk boros energi. Jika hal di atas di lakukan oleh satu orang itu tidak ada artinya, namun jika di lakukan oleh semua pengguna PS5 40 juta pengguna, maka semua itu akan ada artinya, 40.000.000 x 1.3w = menghemat 53.000.000 watts.

Ada anggota di grup PS Indonesia yang menghitung, jika konsumsi konstan 1.3W, maka dalam 1 tahun akan memakan biaya 25rb per PS5, jika di kali 40jt pengguna PS5 di seluruh dunia maka hasilnya adalah 1 Triliun Rupiah. Angka yang sangat besar. 

Oke saya tutup di sini, semoga artikel pertama tentang PS5 ini bisa bermanfaat. Terima kasih.


No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.