Mengatasi Error Login PSN "An authentication error has occurred."

Semenjak April 2022 sepertinya system keamanan untuk login ke akun PlayStation Network semakin di perketat, error seperti gambar di atas akan semakin sering muncul, ini dikarenakan seseorang mencoba login dari perangkat HP baru atau lokasi baru. 

"An authentication error has occurred. Reset your password or contact customer support". Error ini hanya terjadi di sisi perangkat baru yang mencoba login, sedang si pemilik akun bisa login normal seperti biasa.

Untuk mengatasi hal ini bisa di lakukan dengan 2 solusi :

1. Mengaktifkan 2 Step Verification (sementara)

Caranya : 

  • Login ke akun PSN Seperti biasa, lalu masuk ke Account SettingSecurity - klik Continue - scroll ke bawah hingga ada tulisan 2-Step Verification - tekan Edit.



  • Lalu pilih Text Message - Add Mobile Number - lalu pilih +62 masukan nomor telepon kita di awali dengan 08xx - Klik Continue.


  • Akan ada pesan OTP masuk melalui SMS atau WhatsApp, masukan 6 digit kode ke halaman selanjutnya, lalu klik Verify.
  • Terakhir centang "I saved these backup codes for future use" lalu tekan tombol OK, (*WAJIBsimpan/capture kode backup yang tampil di layar, kode ini digunakan sewaktu-waktu jika layanan 2 Step Verification tidak dapat di gunakan. Setelah ini kita akan otomatis log out dan di minta login kembali menggunakan 2 Step Verification.
  • Untuk mematikan 2 Step Verification tinggal ulangi langkah di atas. Cara ini terbilang work karena setelah kita masukkan password maka server PSN akan mengarahkan kita ke halaman memasukkan kode OTP.


2. Me-reset Password dari sisi yang mau login 

Cara ini saya temukan tidak sengaja, dengan me-reset password dari sisi yang mau login, maka sistem PSN akan membaca kalau login di lakukan di perangkat lama. Caranya memang sedikit ribet dan di butuh kan tanggal lahir dari si pengguna akun untuk bisa me reset password akun tersebut.

Caranya :
  • Masuk ke halaman Login PSN, lalu klik Trouble Signing In? - Lalu Pilih Reset Your Password - Masukan email yang mau di reset password-nya lalu klik Send Email.
  • Setelah klik Send Email, pastikan muncul tanda hijau, pertanda email sudah di kirim. Cek inbox email kita, harusnya ada email reset password dari Sony, lalu klik tombol Change Password, maka kita akan lompat ke halaman web baru. Di sini triknya, link untuk me reset password tersebut harus di berikan ke orang yang mau login.
  • Link reset password ini biasanya sangat panjang, seperti gambar di bawah ini. Dari sini yang mau login akan memasukkan tanggal lahir dari pemilik akun, lalu akan me reset password lama ke password yang baru. Setelah ini selesai maka 99% login akan berhasil.

Kesimpulannya error "An authentication error has occurred. Reset your password or contact customer support" sudah bisa kita atasi dengan dua metode di atas. Cuma saya sangat menyarankan metode pertama, karena lebih aman dan membuat akun kita lebih aman lagi jika password-nya tersebar. Metode ke 2 sedikit lebih simple namun, kita harus sangat percaya dengan seller, karena dia mengubah password lama kita. Oke semoga informasinya bisa bermanfaat.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.