Review Indie Game: Super Daryl Deluxe (PS4)


Super Daryl Deluxe merupakan sebuah game berjenis RPGvania, dengan gaya bertarung secara langsung. Developer game ini adalah Dan & Gary Games. RPGvania sendiri sebenarnya baru pertama kali ini saya dengar, mungkin maksudnya gabungan dari game jenis RPG dan Castlevania. Game ini memiliki sebuah system dimana kita bisa menyusun sendiri seperti apa gaya bertarung yang akan kita gunakan. Game ini mengambil latar belakang permainan di sebuah sekolah yang memiliki sebuah timeline yang multi dimensi.
Visual arts dari game ini menurut saya cukup unik, desain karakter yang di bangun dari awal cukup bermacam-macam, cara pemberian warna dari game juga di buat se unik mungkin, dimana hanya karakter utama dan NPC yang memiliki warna dominan, dengan background warna abu-abu. Game ini menceritakan tokoh protagonist bernama Daryl, di awal cerita di ceritakan kalau tokoh utama ini merupakan seorang yang suka termenung dan berkhayal, membuat game ini memiliki sebuah twist yang akan saya coba jelaskan di akhir artikel ini.
Combat system yang mengalir sangat lancar dan menarik merupakan nilai plus dari game ini, memang sebuah game menurut saya wajib memiliki sebuah sistem gameplay yang bagus dari awal, karena saat kita memainkan sebuah game yang akan kita nilai pertama-tama adalah gameplay combat nya lalu mungkin baru aspek yang lainnya seperti visual dan story line. Sistem combat yang bisa kita modifikasi sesuai dengan kemauan kita, berbagai macam skill active dan skill passive yang harus kita maintenance dan ini merupakan sebuah elemen RPG yang cukup solid yang dimiliki oleh game ini.
Menariknya, game yang mengambil setting lingkungan sekolah ini dibuat menjadi menjadi lingkungan sekolah yang multi dimensi, jadi saat misal kita masuk ke kelas Sejarah, maka kita akan bertemu karakter-karakter seperti Julius Caesar, Napoleon Bonaparte dan dalam sejarah musik akan bertemu Beethoven atau Mozart. Kita akan berinteraksi dengan karakter-karakter tersebut, dimana ada misi utama dan di dalam misi utama itu juga di selipkan banyak misi sampingan yang di buat secara serius, hingga seakan-akan misi sampingan ini terasa seperti misi utama. Story yang yang kuat di bangun dari awal, membuat kita bertanya-tanya akan dibawa kemana nanti cerita dari game ini.
Elemen pendukung lain nya adalah equipment dan item-item yang jatuh dari musuh, kadang beberapa item memiliki skill passive yang menarik, desain musuh-musuhnya juga unik, ini sih enaknya game indie dimana pembuat game bisa memasukkan semua unsur-unsur yang mereka inginkan tanpa harus ada batasan dari developer/ publisher. Dialog dari game ini juga cukup lucu-lucu, membuat saya ingin membaca semua text percakapan yang ada dan tidak itu saja terdapat juga  ester egg dari berbagai macam kartun atau video game lainnya, seperti gerakan skill Daryl yang meniru gerakan pengendali api di serial Avatar: The Last Airbender, Ada Buster Sword milik Cloud di seri Final Fantasy 7, dan masih banyak ester egg yang lainnya.
Overall game ini merupakan sebuah game yang sangat saya rekomendasi kan untuk teman-teman semua yang suka memainkan game RPG, Saya memainkan game ini hingga beberapa kali lupa waktu, bermain sampai jam 3 pagi, Grinding dan level up terasa cukup additive. Sebuah game yang cukup solid dari segala macam sisinya. Mengadopsi sistem combat game Kingdom Heart sehingga kita yang sudah terbiasa memainkan game RPG akan langsung bisa masuk kedalam game ini.

Score dari saya : 10/10 (Masterpiece)

Saya mendapatkan game ini secara GRATIS dengan mengikuti event #IndieSelect di Twitter.

Terimakasih  untuk :
@IndieGamerChick @DanAndGaryGames
#SuperDarylDeluxe
#IndieSelect

* Saat saya menulis artikel ini jujur saya belum menamatkan game ini, saya cuma tidak sabar aja untuk menulis review. Saat saya memainkan game ini, saya berfikir karena tokoh Daryl suka mimpi di siang bolong, apa mungkin semua yang ada di game ini, pertarungan yang ada, pertemuan dengan tokoh-tokoh unik yang ada semua itu hanyalah khayalan dari tokoh utama Daryl, sama kayak filem Sucker Punch (2011) dimana semua hal epic yang ada merupakan hayalan dari tokoh utama. Just My Opinion.

1 comment:

  1. Gamenya menarik juga ya.. Jadi pengen coba.
    Oh ya nitip info ya kak, kalau sewaktu-waktu butuh voucher game bisa cek di GoToMalls. Harganya beneran T.O.P !

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.