Studio-studio Eksklusif Milik Sony Playstation


Pada generasi ini PlayStation 4 lah yang menjadi Rajanya, pihak Xbox One telah mengibarkan bendera putih, dan mengatakan, "Persaingan di mulai lagi di next console!". Kurang lebih seperti itulah keadaan yang terjadi saat ini di dunia per-console-an. PS4 secara bertubi-tubi telah mengeluarkan game-game first party exclusive nya ke pasaran, dan game-game tersebut mendapatkan skor yang cukup tinggi dan banyak sekali mendapat pujian dari para gamer atau dev lainnya, tidak luput juga microsoft yang selalu mengucapkan selamat terhadap Sony atas keberhasilan nya, dan setelah itu pihak microsoft diam saja tanpa bisa berbuat apa-apa.

Keberhasilan Sony tentunya tidak datang begitu saja, namun telah direncanakan matang-matang sejak lama, awalnya tahun 2005 Sony mulai membuat Sony Interactive Entertainment Worldwide Studios (SIE Worldwide Studios) yakni sebuah grup pengembang video game yang dimiliki oleh Sony Interactive Entertainment yang bertugas untuk membuat game-game yang dikeluarkan khusus untuk keluarga konsol dari PlayStation. Dari Studio-Studio inilah muncul berbagai macam game-game maha karya eksklusif yang ada pada PS4.

List eksklusif game 2018 untuk PS4:
  • Ni No Kuni 2
  • Yakuza 6
  • Detroit: Become Human
  • Spider-Man
  • God of War
Berikut ini Saya mau bahas mengenai Studio-Studio ini, mulai dari urutan terbawah hingga top tear first party :
  1. San Mateo Studio dan ForwardWorks
    Studio ini merupakan studio termuda milik Sony, didirikan tahun 2016 yang bermarkas di San Mateo, California, US dan Tokyo, Japan, untuk saat ini belum ada project utama dari studio ini, namun informasinya studio digunakan untuk membantu studio lain untuk menyelesaikan game-game yang sedang dalam proses pengerjaan, serta membuat game dengan pangsa pasar platform mobile phone
  2. Manchester Studio (North West Studio)
    Studio ini didirikan tahun 2015, dan bermarkas di Manchester, UK, studio ini mengembangkan game-game VR untuk Playstation 4.

  3. PixelOpus
    Merupakan studio yang masih terbilang masih muda, didirikan pada tahun 2014, project yang sedang dikerjakan adalah sebuah game rhythm berjudul Entwined dan Concrete Genie yang merupakan game indie untuk PSN.

  4. Media Molecule
    Studio ini didirikan pada tahun 2006, dan bermarkas di Guildford, UK, game legendari yang telah mereka keluarkan adalah LittleBigPlanet Series, Tearaway Series, dan project terakhir mereka adalah game sandbox berjudul Dreams (2018).

  5. San Diego Studio
    Studio kelima ini didirikan pada tahun 2001 di San Diego, California, US, dan studio ini bertanggungjawab mengerjakan game-game seperti NBA dan MLB series.

  6. Guerrilla Games
    Merupakan salah satu top tier studio milik Sony, yang bersamaan di release tahun 2005 di Amsterdam, Netherlands, studio ini sudah mengeluarkan game seperti Killzone series dan yang terbaru ini Horizon Zero Dawn yang cukup banyak mendapat pujian. Project kedepan dari studio ini kemungkinan akan membuat sequel dari HZD untuk PS5

  7. Santa Monica Studio
    Studio yang telah lama dimiliki oleh Sony ini pertama kali didirikan pada tahun 1999, di Los Angeles, US. Studio ini sudah mengeluarkan best seller title seperti God of War series, The Order: 1886. Project kedepannya studio ini tentunya mempersiapkan God of War 5, yang mana mereka sudah mulai merekrut para Character Artist untuk GOW 5 ini.

  8. Sucker Punch Productions
    Studio yang bermarkas di Bellevue, Washington, USA dan didirikan tahun 1999 ini terkenal dengan game Sly Cooper SeriesInfamous Series dan big project untuk studio ini kedepannya adalah game samurai berjudul Ghost of Tsushima, yang trailer gameplay pada E3 2018 kemarin mendapat banyak pujian, dan menambah solid game deretan game-game eksklusif milik Playstation.
  9. Foster City Studio
    Studio yang didirikan pada tahun 1998 ini bertugas untuk membantu beberapa studio first party lainya milik sony dalam membuat game-game seperti Ratchet and Clank series, Jak and Daxter series dll.

  10. Bend Studio
    Studio yang didirikan pada tahun 1993 ini di Bend, Oregon, USA telah melahirkan judul-judul game seperti Syphon Filter series, Resistance dan project kedepannya dari studio ini adalah game post apocalypse berjudul Days Gone, yang rencananya akan di release pada 22 Feb 2019 tahun depan. Tentunya game ini sudah sangat di tunggu-tunggu oleh para gamers yang haus akan game survival zombie.

  11. Japan Studio
    Tahun 1993 di Tokyo, Japan, studio ini terbentuk, menghasilkan judul-judul seperti Gravity RushFreedom WarsSoul SacrificeKnack, Bloodborne, Shadow of the Colossus dll. Project kedepan dari studio ini adalah Everybody's Golf VR yang rencana release di 2019.

  12. London Studio
    Studio yang sering merelease game berjudul SingStar ini didirikan di London, UK pada tahun 1993, kedepannya studio ini akan mengeluarkan game Blood and Truth untuk PS VR.

  13. Polyphony Digital
    Lagi-lagi studio yang didirikan di Tokyo, Jepang ini telah mengeluarkan game legendary seri dari Gran Turismo, game project terakhir dari studio ini adalah Gran Turismo Sport di PS4 2017 silam, namun sayang GT Sport kurang mendapat antusias dari para gamer, namun kedepannya studio ini berencana untuk merelease Gran Turismo 7, mungkin pada PS5

  14. Naughty Dog
    Studio tertua yang dimiliki oleh Sony, didirikan tahun 1984 di Santa Monica, California, US, telah mengeluarkan game legendaris Crash BandicootThe Last of Us, Uncharted series, dan tentunya project ke depan dari studio ini adalah The Last of Us II serta game lanjutan dari Uncharted series.
Sebenarnya Microsoft pun memiliki Development studios First-party, yang awalnya terdiri dari kurang lebih 12 studio yang tersebar di Eropa dan pada E3 2018 kemarin pihak Xbox mengumumkan kalau ada 5 studio baru lagi yang akan bergabung, namun tentunya pihak Microsoft sudah tidak bisa banyak berbuat apa-apa, di sisa 2 tahun terakhir ini sudah mustahil untuk mengejar ketinggalan. Tahun ini Xbox One mengeluarkan beberapa game eksklusif seperti Sea of Thieves (skor 6/10), State of Decay 2 (skor 5/10) dan Forza Horizon 4 yang mana tidak terlalu mendapat sambutan hangat dari penggemarnya

Semoga informasinya dapat bermanfaat.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.