PS4 Firmware 6.00 di release? Apakah Firmware 5.55 akan dibajak?


Tepatnya tanggal 13 September 2018, Sony mengeluarkan update Firmware 6.00, yang sebelumnya Firmware 5.56, dan bersifat wajib update jika ingin menikmati layanan online di PSN. 

Sebenarnya beta tester Firmware 6.00 ini sudah dilakukan sejak bulan Juli yang lalu, hingga ke beta test 3 Agustus, dan sekarang akhirnya sudah full di release ke semua pemilik PS4. 
Berikut ini detail Firmware 6.00 yang saya ambil dari Reddit :

:: Release Notes

Main features in version 6.00 update

This system software update improves system performance.


:: Manual Download Info


Regular:

Size: 426.6 MB
MD5: 6295afecdf8d8fab58371b2d644d5692


Recovery:

Size: 979.7 MB
MD5: 27d68a196469972b7d2939d0279262e6


Dari keterangan di atas tentunya muncul banyak kejanggalan, dan banyak juga user yang bertanya-tanya, biasanya update firmware yang mengganti angka paling awal, memiliki banyak tambahan baru yang terlihat di interfacenya (UI), anehnya  Firmware 6.00 ini hanya memberikan keterangan "This system software update improves system performance." yang artinya hanya menambah stabilitas sistem PS4 tanpa memberikan fitur-fitur baru. Anehnya lagi misal hanya menambah kestabilan sistem kenapa Sony tidak merelease Firmware 5.57 atau 5.60 saja kenapa harus mengganti angka paling awal yang biasanya merupakan update yang seharusnya merupakan update yang bersifat Major/ utama

Scara semantic biasanya update version : X.YZ
  • X= MAJOR (Perubahan Application Programming Interface / API)
  • Y= MINOR (Menambah atau mengurangi fungsi, menambah stabilitas dll)
  • Z= PATCH (bug fixes dll)
Mulai lah muncul, bola-bola liar yang mengatakan kalau Firmware 5.55 sebentar lagi akan keluar exploitnya, para user reddit dan PS4 Indonesia yang masih berharap bisa memainkan bajakan mulai menghimbau kalau jangan update Firmware ke versi 6.00, tentunya mereka masih mengharapkan kalo Firmware 5.55 jebol.
Namun masalah jebol atau tidaknya, sebenarnya hacker-hacker PS4 belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai bobolnya Firmware 5.55, mereka hanya bilang jangan update.

Bisa saja Sony merelease Firmware 6.00 namun masih menyembunyikan fitur-fitur yang nantinya akan di keluarkan secara bertahap, atau menambah sesuatu pada UI PS4, setelah saya banyak baca komen-komen dari member PSN banyak sekali yang mengharapkan kalau di update terbaru ini mereka bisa mengganti nama PSN mereka, karena biasanya jaman dahulu 5-10 tahun yang lalu user membuat ID dengan nama asal-asalan dan baru menyadari kalau nickname PSN mereka terdengar stupid. Backwards compatibility atau bisa memainkan game-game jaman PS1 dan PS2 juga salah satu fitur yang sangat di tunggu-tunggu oleh para member PSN.

Namun sejarah telah mengajarkan kita tentang pembajakan console, bagaikan kucing dan anjing yang akan selalu mengejar satu sama lain, yah kita tunggu saja, kalo saya sih jelas tidak akan ngebajak PS4 karena saya ngumpulin trophy sebagai momento.


2 comments:

  1. Jadi kesimpulan untuk versi 5.55 sudah bisa di bajak untuk gamenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum, kalo mau main game baru belum bisa.. banyak2 berdoa aja..

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.