Review: Marvel's Spider-Man (PS4)



Spider-Man merupakan sebuah game exclusive khusus untuk PS4 yang tidak ada di platform console lain baik itu PC atau Xbox, Spider-Man merupakan sebuah game dengan jenis action-adventure yang mengusung tema open world, developer dari game ini adalah Insomniac Games, yang telah sukses mengusung nama besar Spyro, Resistance, Ratchet and Clank, Sunset Overdrive dll. Spider-Man di develop selama 4 tahunInsomniac Games diberikan lisensi  selama 22 tahun terhitung sejak 2014 untuk mengerjakan game Marvel, karena Spider-Man ini mirip dengan game sebelumnya yang mereka garap yakni Sunset Overdrive , maka mereka memilih untuk mengambil lisensi dari Spider-Man. Insomniac ingin memberikan sesuatu yang fresh, tidak terkait dengan komik atau serial TV / kartun yang sudah kita tonton selama ini tentang Spider-Man.
Spider-Man ini mengambil setting di era jaman modern di New York City, dan game ini dimainkan dengan perspektif kamera orang ketiga, sama seperti God of War kemarin. Karakter utama Peter Parker telah menjadi Spider-Man selama 8 tahun dan sudah cukup berpengalaman menjadi Spider-Man, dan tentunya sudah melawan berbagai macam musuh utamanya. Hal ini menurut saya merupakan nilai plus, dimana kita tidak harus melihat perjuangan Spider-Man dari awal lagi dan melihat paman Ben meninggal untuk kesekian kalinya, menurut saya, kisah awal Spider-Man sudah cukup kita pahami lewat media film box office nya, sekarang saatnya merasakan sensasi baru Spider-Man.
Grafis - 10/10
Sudah tidak diragukan lagi Spider-Man ini merupakan sebuah game super hero yang memiliki grafis paling bagus untuk saat ini, semua objek sangat-sangat detail, mulai dari atap gedung hingga jalannya, dan yang hebatnya lagi game ini sepertinya tidak ada per ulangan aset gedung dll, jadi kita tidak akan melihat gedung yang sama persis berulang-ulang, tidak ada NPC/ warga yang terlihat kembar, dan ini membuat kota dari Spider-Man ini terasa hidup. Batman: Arkham Knight sebenarnya juga memiliki grafis yang cukup bagus, namun sayangnya Batman setting waktunya selalu malam dan terasa kelam, beda dengan Spider-Man ini tone warnanya sangat cerah, sangat berwarna, setting waktu pagi, siang, malam, hujan yang sangat mendukung untuk membangun mood kita dalam bermain, seperti dalam keadaan genting, suasana nya akan mendung-hujan-berkabut dan sedikit kelam, dari suasana ini kita merasa kalau keadaan sedang kritis. Saat suasana cerah dan indah, kita tau saat itu keadaan tidak genting dan kita bebas keliling kota dengan misi sampingan yang terkesan ringan.
Sound - 10/10
Voice Actor dan sound desain nya lagi-lagi sempurna, semua karakter utama memiliki suara yang menurut saya cukup pas porsi nya, lelucon - lelucon yang dilontarkan Peter Parker kadang membuat mulut ini tersenyum, dalam game ini kita tidak akan merasa sendiri, karena beberapa karakter selalu mengajak Ngobrol di sela sela perjalanan. Back sound saat Spider-Man berayun-ayun juga terasa sangat cocok.
Gameplay - 10/10
Ini merupakan aspek yang sangat penting dari sebuah game, dan Spider-Man telah men-deliver sebuah experience bermain yang sangat memukau, sungguh gameplay ini sangat sempurna, mulai dari Spider-Man yang bergantungan, berayun, lari di tembokmerayap di dinding semuanya menggunakan tombol yang simple dan tidak ribet, dan animasi nya terasa sangat mulus antara transisi perubahan antar gerakan satu dan yang lainnya. Spider-Man ini juga memiliki berbagai macam gadget yang memiliki fungsi bermacam-macam. Salah satu nilai plus dari game ini adalah traversal yang terasa sangat cepat dan menyenangkan, kita tidak merasa bosan selama perjalanan dan jika kita menggunakan fast travel loading nya cepat sekali.
Di sini kita juga tidak monotone hanya mengendalikan karakter Spider-Man, namun juga kita akan dibawa melihat alter ego seorang Peter Parker, kita juga bisa mengendalikan Mary Jane Watson, Miles Morales dan kita akan dibawa melihat perspektif yang lainnya dari game Spider-Man ini. Tidak itu saja mini game seperti kita harus mengintai dan mengikuti musuh serta mencari informasi menggunakan Mini bot membuat gameplay yang lebih kaya lagi.
Battle System - 10/10
lagi-lagi nilai sempurna untuk sistem bertarung nya, Channel The Lazy Monday, mengatakan kalau battle dari Spider-Man ini monotone dan membosankan, namun menurut saya tidak sama sekali, lagi-lagi Battle terasa flawless, di awal permainan kita akan diajarkan berbagai macam teknik dalam berkelahi, dan rasanya terasa sedikit rumit dan banyak tombol yang harus di hafal, namun setelah sering menggunakannya sistem berkelahi nya terasa sangat nikmat, setiap pukulan terasa berbobot dan antara satu gerakan ke gerakan lain terasa lancar tanpa ada sensasi gerakan yang patah/ terputus. Saya merasa sudah sangat cukup puas dengan semua sistem battle yang ada, karena kalau di tambah lagi ini akan menjadi lebih ribet dan akan membuat kesan yang rumit, mending gerakan yang simple yang sering digunakan dari pada banyak gerakan yang kita tidak hafal dan akhirnya tidak terpakai gerakannya. 
Skill, Kostum, Gadget merupakan aset pendukung dalam sebuah pertarungan, dan setiap kostum memiliki jurus yang berbeda-beda, dengan ada banyaknya jenis kostum dan kita bisa mengganti-gantinya ini menjadi nilai plus juga, dimana kita tidak akan bosan dengan bentuk dari Spider-Man yang memakai kostum itu - itu saja, dan kostum di sini juga akan di render juga saat Cut scene, dan ya ampun desain kostum nya detail sekali.
Story -  10/10
Ini dia aspek paling penting dari sebuah games menurut saya, cerita pada Spider-Man ini bagus sekali, tensi permainan di bangun secara perlahan-lahan hingga akhirnya benar-benar klimaks, ada masa-masa senang dan ringan kita bisa explore kota New York, ada masa-masa benar-benar genting dan seakan-akan membawa perasaan kita para player harus bergegas menyelesaikan story tersebut karena keadaan sangat genting, Spider-Man yang terluka parah dan harus melawan 2 musuh utama sekaligus membuat suasana permainan menjadi intens dan terasa hopeless, dan ini saya rasa sampai ke para player yang mengikuti ceritanya. 8 tahun sepak terjang Spider-Man secara tidak langsung diceritakan melalui collectible item yang tersebar di seluruh penjuru kota, saat kita mengumpulkan item-item itu makan Peter akan bercerita sedikit tentang masa lalunya, hal ini lah yang membuat karakter Spider-Man ini menjadi kuat dan kita peduli dengan apa yang akan terjadi selanjutnya pada Peter. Ada juga karakter bernama Miles Morales yang nantinya akan menggantikan Spider-Man era  Peter Parker, dan disini saya selalu penasaran bagai mana si Miles ini akan menjadi Spider-Man, dan dalam game ini diceritakan semua nya.
Cerita origin karakter Otto Octavius, yang pada awalnya merupakan seorang ilmuwan baik yang ingin berkontribusi untuk umat manusia, di ceritakan dalam game ini secara perlahan dan tentunya kita sudah tau bakalan menjadi musuh utama dalam game ini, namun semua itu diceritakan penuh emosional, di akhir game terlihat sekali bagaimana beratnya seorang Peter Parker harus mengambil sebuah keputusan cukup berat antara umat manusia atau orang yang paling dia kasihi. Benar-benar Very Good Job untuk story telling yang simple dan sangat bagus ini.
Overall
Yah ini merupakan sebuah game sempurna dari game ber-genre super hero, semua aspek dari game ini saya beri nilai sempurna, mau apa lagi, mau game seperti apa lagi yang mendapat nilai 10, game seperti Fifa/PES? PUBG? Fortnite? heheh, semoga game-game seperti ini lah nantinya yang akan menjadi Game of the Years. Sebuah game yang benar-benar setelah menamatkan game ini kita tidak tau kapan akan merasakan sensasi yang sama seperti saat kita memainkan game tersebut, game yang dibuat dengan kerja keras dari developer.
Ada juga beberapa scene yang terlihat begitu megah, dan memukau saat saya melihatnya, seperti saat adegan Spider-Man berhadapan dengan Doctor Octopus terlihat posisi Doctor Octopus berada di atas dan Spider-Man berada di bawah, ini menunjukan sebuah perbedaan kekuatan dan intimidasi dari lawan yang mau disampaikan oleh developer game ini. Pencahayaan dan pengambilan sudut pandang sangat diperhatikan, benar-benar top cinematography, battle dengan beberapa boss juga terkesan epic dan keren-keren. Benar-benar sebuah game yang kemegahannya hampir menyamai filem. 
Namun setiap nilai plus pasti ada minus, minus ter-fatal menurut saya bukan dari game ini langsung, namun dari trailer-trailer yang telah tayang sebelumnya, yang secara tidak langsung twist dari game ini, dan pertarungan epic saat melawan semua anggota Sinister Six seharusnya tidak usah di tayangkan dalam trailer, karena menurut saya kalau adegan itu tidak dipertontonkan dalam trailer maka experience dalam bermain game ini akan meningkat lagi, saya mengira di trailer sudah dimunculkan sesuatu yang besar seperti itu, harusnya ada sesuatu kejadian yang lebih besar dari dihajar Sinister Six, namun ternyata tidak ada, itu merupakan salah satu puncak tensi dari game ini. Selebihnya nilai minus nya paling cuma side mission yang sedikit berulang-ulang, cuma menurut saya itu minor aja. Karakter dari masing-masing Sinister Six terasa lemah, karena ya memang tidak diceritakan back story nya mengingat durasi nya akan menjadi sangat lebih lama kalau di ceritakan satu persatu, cuma ada aja kok penjelasannya satu-satu saat di lab nya Doctor Octopus.
* Noted : Saya memainkan game ini di PS4 Pro, Resolusi game 4K, TV 4K HDR aktiv dan 60fps pre rendering dari TV.

Final Score : 10/10 (Very Majestic).

Baca juga review DLC dari game ini : 
https://hydeist666.blogspot.com/2020/01/dlc-review-marvels-spider-man-city-that.html


Tambahan aja ini Spider-Man yang pertama kali saya mainkan, di platform Nintendo thn 92 (Spider-Man: Return of the Sinister Six)



1 comment:

  1. Gilak nunggu 2 tahun ya, artikel pertama saya tentang game ini tahun 2016 : http://hydeist666.blogspot.com/2016/06/spider-man-ps4.html

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.