Review: Gravity Rush 2 (PS4)


Gravity Rush 2 (2017) merupakan sebuah game bergenre action-adventure, yang merupakan sebuah sekuel atau lanjutan dari game dengan judul yang sama yakni Gravity Rush (2012) di PS Vita. Sebenarnya game ini merupakan sebuah game yang cukup unik, karena karakter utama bernama Kat bisa mengendalikan Gravitasi, jadi kita bisa melayang-layang di udara dan melesat terbang kemanapun kita suka seperti Superman. Dulu dengan kontrol dan sensor yang dimiliki oleh PS Vita membuat game ini cukup unik dalam memainkannya.
Nampaknya developer SIE Japan Studio, ingin lebih memperkenalkan judul Gravity Rush ini lebih luas lagi, makanya di buatlah lanjutan dari game pertama, namun sekarang di bantu dengan sensor sentuh dan aksis dari stik DS4 pada Playstation 4 kita.
Gravity Rush 2 merupakan kelanjutan cerita dari Gravity Rush pertama, ceritanya nyambung, jadi disarankan untuk yang mau lebih memahami cerita lebih dalam sebaiknya memainkan game sebelumnya, karena developernya juga telah melakukan port Gravity Rush Remastered (2015) ke PS4, dengan kelebihan semua DLC yang sudah ada di PS Vita sudah include semua di versi remastered ini.
Tanpa berlama-lama lagi ayo kita mulai reviewnya, di mulai dari GRAFIS; game ini menurut saya dari segi grafis sangat kurang sekali, menggunakan teknik Cel shading, ala-ala game Naruto, namun menurut saya grafis yang digunakan terlalu standard sekali dan terasa outdated jika digunakan di PS4, memang game seperti Ni no Kuni™ II masih menggunakan grafis Cel shading namun dengan berbagai macam visual effect dan color tone yang bagus membuatnya layak disandingkan dengan console PS4. Gravity Rush 2 memiliki grafis yang kusam dan tidak menarik. Grafis seperti ini cocoknya masih berada di PS Vita atau PS3, saat game ini berada di PS Vita jujur saya tidak komplain dengan grafis yang seadanya, namun saat grafis seadanya tersebut digunakan di PS4 nampaknya kurang tepat aja, dan itu sangat di sayangkan.
Lanjut ke GAMEPLAY; Gravity Rush 2 ini mengusung tema semi open world, yang mana kita bebas berpindah-pindah dari satu distrik ke distrik yang lainnya, dan setiap distrik tempat memiliki pemandangan yang berbeda-beda. Kita bisa terbang ke distrik tersebut atau ada fasilitas fast travel. Seperti yang sudah saya bahas di awal keunikan dari game ini ya terletak pada gameplaynya ini, jadi buka new experience lagi buat saya, dan sudah sangat terbiasa dengan kemampuan yang dimiliki oleh tokoh utama. Namun untuk teman-teman yang belum terbiasa atau baru pertama memainkan game ini, siap-siap aja akan merasakan pusing dan mual-mual, karena layar dari game ini sering kali menampilkan gambar yang terbolak-terbalik, karena kadang kita kesusahan mengontrol gerakan karakter utama.
BATTLE; dari game ini cukup standart, sama sekali tidak ada yang baru, sistem battle action dimana kita bisa menyerang musuh secara langsung, namun memang monster dalam game ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga hanya pada bagian tertentu saja yang bisa kita serang, yang mana ini membuat kita harus bergerak secara 360 derajat untuk menemukan titik lemah dari monster tersebut. 
STORY; dalam game ini merupakan satu-satunya nilai plus dari game ini menurut saya, jujur di Gravity Rush 2 ini ceritanya tuntas alias tidak ngambang lagi, asal usul karakter utama di ceritakan sampai selesai, dan memang nampaknya merupakan sebuah akhir dari serial Gravity Rush.
Nilai super minus, menurut saya dari game ini adalah terlalu banyaknya challenge-challenge yang harus kita selesaikan, untuk masuk ke proses story aja kita harus menyelesaikan sebuah challenge yang mana ini membuat hawa petualangan dari game ini terasa hilang, dan ada juga side quest yang isinya lagi-lagi challenge yang rasanya tidak kunjung usai dan mirip-mirip, beberapa misi membutuhkan skill khusu, jadi sering kali saya gagal dan harus mengulang. Dulunya juga ada sistem online multiplayer namun karena sistem yang tidak jelas dan gitu-gitu saja akhirnya sistem online tersebut ditutup.

Overall, game ini kurang menarik menurut saya, sangat disayangkan padahal memiliki gameplay yang unik, dan karakter yang lumayan kuat. Yang mana sebenarnya game ini memiliki potensi sangat besar kedepannya. Game ini memiliki satu DLC Story yang gratis, jadi lumayan untuk menambah durasi dari game ini. Gameplay membosankan yang isinya cuma challenge, harusnya game ini judulnya Gravity Challenge. Cuma semua kembali lagi ke selera masing-masing, game ini mendapat skor cukup tinggi di beberapa reviewer luar negri, sekitar 8-9/10.

Score dari saya : 4/10




No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.