Apa itu HDR di PS4? Pengalaman Saya menggunakan HDR


Tiga tahun ini (2016 – 2018), kita menyaksikan satu lagi teknologi baru lahir di dunia pertelevisian dan console, teknologi tersebut bernama High Dynamic Range (HDR). Teknologi ini akan meningkatkan kualitas gambar secara signifikan pada layar TV "Yang hanya bisa secara langsung dirasakan oleh mata kita". Yupp itulah bagaimana cara teknologi HDR ini bekerja, sama seperti teknologi 3D tanpa kacamata, yang ada pada handheld Nintendo 3DS, yang mana kita tidak bisa merasakan sensasi 3D tersebut kalau tidak langsung memainkan handheld tersebut. Atau perasaan melihat gambar 60fps - 120Hz pada games PC Master Race.

Semua PS4 model, baik itu PS4 Fat, PS4 Slim, dan PS4 Pro sejak update Firmware 4.0 sudah mendukung fitur HDR, yang bisa diaktifkan jika TV kita sudah support HDR juga.

Sebelum masuk ke pembahasan, mari kita pahami dulu apa itu HDR, HDR adalah teknologi tampilan gambar yang dapat menghasilkan WARNA YANG LEBIH HIDUP dan DINAMIS, WARNA HITAM YANG LEBIH PEKAT DAN DALAM, SERTA HIGHLIGHT YANG LEBIH CEMERLANG . Sehingga gambar yang dihasilkan semakin realistis mendekati apa yang kita lihat di alam nyata. HDR adalah salah satu teknologi render yang perlu kita lihat dengan mata kepala sendiri, yang sensasinya tidak bisa 100% tercapture oleh gambar atau video.

Jadi apa saja yang kita perlukan untuk bisa menikmati layanan HDR ini:

  1. Console yang sudah support teknologi HDR harus di ON kan terlebih dahulu untungnya semua tipe PS4 sudah support HDR.
  2. TV 2K atau 4K yang sudah mendukung layanan HDR10+, HDR+, HLG dll. Harus di ON kan juga seperti console (Setiap brand TV memiliki nama sendiri-sendiri untuk standar HDR mereka).
  3. Games yang sudah mendukung HDR, seperti Spiderman, God of War 2018, Horizon Zero Dawn, Last of Us dll, Posisi HDR juga harus di ON kan dalam gamenya.
  4. Kabel HDMI 2.0/2.1 Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal memang disarankan untuk menggunakan kabel jenis baru ini.
Mungkin dari 4 list di atas saya selalu menyarankan untuk lebih dulu upgrade ke TV 4K HDR ketimbang PS4 Pro, karena kita bisa merasakan sensasi HDR dan 60fps melalui PS4 old kita. Umur PS4 mungkin sebentar lagi, namun TV 4K akan tetap kita gunakan untuk PS5 mendatang.

Berikut ini capture video HDR dan NON HDR yang sempat saya record, saat memainkan spiderman, gambar sebelah KIRI : HDR ON sedang gambar sebelah KANAN: HDR OFF




Dari gambar di atas perhatikan warna hitam pada HDR lebih pekat, perhatikan juga lampu kota yang lebih berwarna, perhatikan juga langit yang warnanya lebih fibrant.



Perhatikan kostum warna orange musuh juga dengan HDR warnanya lebih cerah, sedang tanpa HDR sedikit kusam.




Warna merah pada kostum Spiderman juga berbeda, kilap pada kostum juga sedikit berbeda



Perbedaan cahaya lampu dan pantulan cahaya pada jalan, antara HDR dan Non HDR terlihat berbeda.

Terakhir saya mengambil foto menggunakan kamera handphone saya, dan terlihat sedikit perbedaannya saya kasih lingkaran merah, detai objek tambah sedikit saat HDR ON, di bagian belakang juga beberapa objek lebih terlihat

HDR ON

HDR OFF

Saat memainkan game Spiderman ini dari awal posisi HDR ON, saya cukup puas sih, awalnya saya tidak begitu memperhatikan apakah HDR ON atau OFF, sampai akhirnya saya melakukan sedikit experimen dengan cara mematikan HDR dan menyelesaikan 1 misi, dan selanjutnya menyalakan HDR dan menyelesaikan 1 misi lagi, saat saya matikan HDR memang sangat terasa sekali perbedaannya, terlihat pada saat malam, dan sore hari dan saat berada di taman, rasanya HDR ini sangat terlihat perbedaannya, dan saya sudah merasa sangat nyaman dengan posisi gambar HDR ON.

Namun untuk fitur HDR ini juga harus didukung dari developer gamenya juga, jadi tidak semua game memiliki fitur HDR yang bagus saat diimplementasikan, salah satu contohnya adalah game Monster Hunter: World, game tersebut telah dilaporkan oleh banyak usernya kalau memiliki HDR yang sangat buruk, dan para usernya malah lebih menyarankan untuk mematikan HDR saat bermain game tersebut, karena warna putihnya terlalu tebal mengalahkan warna lainnya


Overall kesimpulannya: penting tidak sih fitur HDR ini menurut saya? Kalo menurut saya pribadi HDR cukup penting untuk saat ini, memunculkan detail yang lebih menonjol, memberikan warna yang lebih kaya mendekati aslinya, jujur pada jaman dahulu awal-awal punya TV baru dan game HDR masih sedikit, saya tidak terlalu mementingkan fitur ini, dan malah saya OFF-kan di menu TV saya, karena pada saat itu saya rasa warna terlalu ke kuning-kuningan saat HDR menyala, namun semakin kedepan saya mulai nyaman menggunakan fitur ini dan walaupun sedikit demi sedikit saya mulai bisa merasakan perbedaan yang signifikan, karena saya merasa kedepannya hiburan dalam televisi akan menggunakan standard HDR ini. 

Beberapa game yang saya mainkan dalam mode HDR dan saya sangat puas sekali dengan kualitas HDR adalah judul, God of War, Horizon Zero Dawn, Spider-Man, Far Cry 5, Uncharted Lost Legacy. 

Namun kembali ke aturan NO.1 kita hanya bisa mendapatkan 100% experiencenya fitur HDR saat kita langsung melihat dengan mata kepala kita sendiri, capture gambar di atas cuma sedikit yang bisa di dapat dari fitur ini, mengingat, video mungkin sudah dikompres, tampilan saat kita melihat pada laptop atau komputer bisa juga berbeda.

Footage video yang sudah saya upload di Youtube :

HDR ON : https://youtu.be/NbOIrfOBjkw
HDR OFF : https://youtu.be/2OrCvS5prYk

Berikut ini galery game dengan HDR terbaik untuk saat ini, kedepannya akan ada game-game lain seperti Days Gone, Call of Duty: Black Ops 4, Assassin’s Creed Odyssey, Death Stranding, Ghost of Tsushima, Cyberpunk 2077 dll.




4 comments:

  1. Apakah tv sdr tidak bisa mengaktifkan fitur HDR di PS4?

    ReplyDelete
  2. Tergantung di tv nya sudah ada fitur HDR apa tidak,bisa di cek di spesifikasinya, biasanya TV dengan panel 4K yg rata2 sudah ada HDR 10bit nya, itu pun masing-masing merek tv pun beda-beda hasilnya..

    ReplyDelete
  3. Berarti hdr di psnya sendiri itu tergantung fwnya ya min? Jadi misal beli yg belom ada tulisan hdr di boxnya kita tetap bisa rasakan setelah up fwnya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Firmware mulai support HDR itu FW 4.00-4.50 saya lupa pas nya dan itu utk semua seri PS4. jadi kalau beli seri lama pun selama FW nya di atas itu otomatis akan mendukung HDR mas. yang perlu di pastikan adalah:
      1. hdmi 2.1 yang sudah support HDR
      2. TV yang sudah support HDR, dan harus di aktivin di mode TV
      3. PS4 menu HDR nya harus di On kan.
      4. Game yang sudah ter update dan mendukung HDR

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.