GOD OF WAR PC, APAKAH INI TANDA BAHWA CONSOLE WAR TELAH USAI????


God Of War (2018) adalah sebuah karya seni bahkan mungkin pantas disebut sebagai “masterpiece” yang juga memenangkan penghargaan di ajang pagelaran Game of The Year pada tahun 2018 silam, seri ini berhasil menjadi kebanggaan bagi semua pengguna konsol PlayStation lewat story telling yang luar biasa dan tentunya gameplay yang tak kalah menyenangkan. Kratos yang diperlihatkan ke kita sisi lembutnya adalah sesuatu yang tidak terduga oleh kita, walaupun pada akhirnya kita paham bahwa Kratos hanya sedang mencoba untuk mendidik dan mengajari anak laki-lakinya sekaligus mencoba menjadi seorang ayah yang baik.


Kratos And Atreus (by SilverJow)

Semua pengguna konsol PlayStation sadar bahwa serial game karya developer Santa Monica Studio tersebut, yang selama bertahun-tahun menjadi pengisi konsol kebanggaan mereka ini adalah hal yang sulit ditandingi dalam berbagai aspek oleh game-game yang dirilis pada platform lain seperti PC, XBOX bahkan Nintendo. Seakan menambah rasa bangga mereka juga memperjelas ketidakmungkinan God of War di rilis di platform lain selain PlayStation, Sony dengan tegas menuliskan “Only On PlayStation” pada karya-karya eksklusif mereka termasuk God of War.



Namun semua itu berubah, mengikuti Horizon Zero Dawn, Days Gone, yang semua itu dimulai dari sebuah leak atau bocoran data pada awal tahun 2021. God Of War benar-benar di umumkan akan di rilis di PC dengan berbagai dukungan teknologi, fitur dan kemampuan yang ada di PC seperti, True 4K experience dengan framerate yang tentunya tidak dibatasi tergantung hardware, tampilan Ultra-WideScreen Support, bahkan NVIDIA DLSS dan Reflex. Gamer PC akhirnya mendapatkan apa yang selama ini hanya ada di mimpi mereka.


Pengguna platform Reddit dan Twitter mulai bergejolak, bahkan pada saat pengumuman resmi “rilisnya God if War pada PC” yang di umumkan langsung oleh akun Twitter dari PlayStation. Para penggemar tentunya menyerukan pro dan kontra, tidak kalah menariknya akan selalu ada komentar toxic dan ancaman untuk Sony dari para penggemarnya. 

Beragam komentar kekecewaan dan ancaman untuk pindah platform dilontarkan para penggemar, di sini semakin terlihat bahwa selama ini banyak (walau tidak semua) pengguna konsol PlayStation begitu bangga akan semua eksklusif games yang mereka miliki, mereka kali ini benar-benar merasa dibohongi oleh pihak PlayStation. Informasi menariknya juga, ternyata ada beberapa game eksklusif yang sedang di Porting ke platform PC oleh pihak ketiga yang di gunakan oleh Sony, bahkan rumornya God of War : Ragnarök juga sedang dalam tahap Porting ke PC. (Sumber: Gamerant)


Kratos (by Rowen Hebing)

Kemudian kenapa Sony dirasa dan terlihat seperti mengkhianati penggemar mereka? Apakah Mereka memiliki alasan dibalik semua kebijakan tersebut? Apakah ini berarti tidak akan ada lagi Only On PlayStation?

"Beberapa hal telah berubah. Kami menemukan diri kami sekarang di awal tahun 2021 dengan studio pengembangan kami dan game yang mereka buat dalam kondisi yang lebih baik daripada sebelumnya. Khususnya dari paruh kedua siklus PS4 studio kami membuat beberapa game yang luar biasa dan hebat. Ada peluang untuk mengekspos game-game hebat itu ke audients yang lebih luas dan mengenali ekonomi pengembangan game, yang tidak selalu mudah. Biaya pembuatan game terus naik di setiap siklusnya, karena kaliber sebuah IP telah meningkat. Selain itu, kemudahan kami untuk menyediakannya bagi pemilik non-konsol telah berkembang. Jadi itu adalah keputusan yang cukup mudah untuk kita buat.CEO Sony Interactive Entertainment - Jim Ryan (Feb. 2021)


Dengan adanya ucapan di atas, kita bisa ikut menyimpulkan bahwa pada akhirnya semua kembali ke uang. Menurut data dari The NPD Group's PlayerPulse, hanya sekitar sepertiga dari keseluruhan PC gamer di US yang memiliki console PS4 dan 8% nya juga memiliki PS5. Itu berarti ada peluang besar untuk Sony menjual game mereka kepada para gamer PC yang sama sekali belum pernah memainkan game eksklusif mereka di Amerika. 

Data tersebut tadi di atas hanya untuk Amerika, bisakah kita bayangkan berapa banyak Gamer PC yang belum pernah memainkan game eksklusif dari PlayStation di seluruh dunia? Dengan potensi finansial, keuntungan dan bisnis sebesar ini apakah perusahaan seperti SONY akan menyia-nyiakannya? Tentu tidak. God of War sudah terjual sebanyak “20 Juta Copy”, tapi tetap saja versi PC akan terjual dan terjual lagi, dengan pengguna dan ekosistem PC yang jauh lebih banyak, potensi keuntungan penjualan ini tentu bukanlah hal yang buruk untuk Sony.

Dan sudah kah kalian tahu bahwa Sony memiliki label dan penerbit terbaru yaitu “PlayStation PC LLC”. Ini bukanlah sebuah kenyataan pahit, ini justru kebangkitan gamer secara keseluruhan dan tanda bahwa Sony akan terus melanjutkan Port PC nya. Selama ini PlayStation memiliki ekosistem yang tertutup, tanpa menjual game mereka ke platform lain dan sepertinya kita harus siap untuk perubahan dan arah yang baru.



Sekarang semuanya telah bergeser, game eksklusif tidak mati tapi hanya memiliki waktu rilis tertentu alias “Timed Exclusive”. Bukan berarti PS4 PRO God of War Edition anda tidak lagi berharga, tidak seperti itu. Dengan adanya keuntungan yang lebih besar setidaknya Sony dapat membiayai upaya pengembangan game-game unik dan menarik mereka di masa yang akan datang. 

Terlepas dari itu semua ini adalah Win-Win Solution, penggemar tetap mendapatkan konten dengan kualitas terbaik dan Sony mendapatkan keuntungannya. Mari kita tumbuh dewasa, mencoba melihat dari banyak persepsi dan siap akan sebuah perubahan. Gamer adalah gamer, di konsol mana pun kalian memainkan game nya, maka nikmatilah.

Artikel ini tulis Oleh : Jafan Fauzi
di edit oleh : Setya Panca

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.