Proses Mengembalikan Akun PSN yang ke HACK

Sejak memiliki akun PSN ID sejak tahun 2012, rasanya sudah 1-2x akun saya kena bobol oleh para Hacker. Saya mulai mengaktifkan two-factor authentication (2FA) sekitar tahun 2017 dan sejak tahun itu pulan akun PSN saya sudah /*mungkin tidak pernah dimasuki oleh para pembobol lagi. Namun dengan seiring waktu nomor HP saya sering mendapat SMS permintaan kode OTP dari pihak Sony, yang menandai ada seseorang yang entah bagaimana caranya tau alamat email dan password PSN ID saya. 

Menggunakan Two-factor authentication & mengubah password PSN secara berkala menurut saya sanggatlah penting. Bagi yang belum, sebaiknya teman-teman segera aktifkan fitur keamanan 2 lapis tersebut.
Namun bagi teman-teman yang terlanjut terbobol akun PSN-nya, berikut ini adalah proses dan langkah-langkah yang bisa teman-teman ikuti dalam meng-KALIM kembali akun PSN teman-teman dari para Hacker laknat.

Biasanya di awal, yang membuat kita sadar kalau akun PSN kita ke Hack adalah, semua game yang ada di PS4 kita terkunci, dan diikuti adanya email pemberitahuan, yang menandakan kalau ada pergantian password atau Sign-in ID akun email PSN kita. Kurang lebih email yang masuk seperti gambar di bawah ini.
Jika teman-teman menerima email seperti itu, langkah berikutnya adalah jangan panik. Saya sengaja meng-simulasikan seakan-akan salah satu dari akun PSN saya ter hack dan menceritakan bagai mana proses yang saya lalui, tujuannya untuk bisa membantu teman-teman semua jika mengalami masalah yang serupa. Ok Let's get started.

1. Saya dengan sengaja mengganti Password dan Sign-In salah satu akun saya pada tanggal 13 Agustus 2021, Sebelum login dan mengganti password, saya menggunakan VPN dan Proxy USA supaya kelihatan lebih meyakinkan di mata Sony, karena terlihat IP Address pembobol merupakan IP address dari luar Negri. Simulasinya adalah sebagai berikut :
 - Akun PSN UTAMA : Tokyo21@gmail.com
 - Akun PSN yang sudah di HACK jadi : Nigeria2077@gmail.com
2. Setelah Sign-in / Password di ganti oleh Hacker, otomatis email utama saya (tokyo21@gmail.com) sudah tidak bisa login lagi. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini. 

Dari sisi Hacker, dia bisa login menggunakan akun Nigeria2077@gmail.com, mengaktifkan 2FA dan mulai men download game-game yang ada di library akun Tokyo21. Hacker juga biasanya nge-cek apakah ada CC yang menempel pada akun tersebut, jika ada mungkin Hacker akan membeli game/konten premium dengan CC tersebut.
3. Jika sudah tidak bisa login, yang teman-teman lakukan adalah email ke pihak Sony Indonesia, berikut ini alamat emailnya yang biasa saya gunakan untuk komunikasi : cic.indonesia@ap.sony.com, dalam body email teman-teman jelaskan kalau akun PSN ter-hack dan langsung masukkan keterangan yang diperlukan oleh pihak Sony, teman-teman bisa contek kalimat yang ada di gambar berikut. (13 Agustus 2021 Jam 9 Pagi).
Dear Sony Indonesia,

Looks like my PSN ID was hacked, I get a Sign-In ID Change notification on my email. After that, I try to login to my PSN account, I can't. Please help.

Here are my account details,
1. PSN Sign-in Email address : (Alamat email PSN kita)
2. Online ID : (ID dari PSN kita)
3. Name : (Isi nama lengkap)
4. Day of Birth : (Isi Tanggal lahir)
5. Serial number of the console : (Isi SN dari PS4 kita, ada di bagian belakang console)
6. Mobile Number : (Isi Nomer HP +62XXX)

4. Pihak Sony lalu membalas pada hari yang sama pukul 1:07 Siang, isinya standard pemberitahuan kalau email pertama saya sudah di terima dan sedang di proses teruskan oleh divisi terkait.
5. Waktu berlalu, hingga pada tanggal 19 Agustus 2021, saya mendapat email kembali dari pihak Sony, nah di sini teman - teman bisa menggabungkan Poin No 1 dan No.5 ini supaya proses bisa lebih cepat dengan hanya sekali email, saya memang sengaja mengikuti bagai mana alur yang pihak Sony miliki.

Pada sisi Hacker, semua game digital di akun Tokyo21 sudah ter-download, dan jika Hacker seorang gamer (yang mana tidak mungkin), dia bisa set as primary akun Nigeria2077 lalu memutus koneksi internet, supaya saat akun Nigeria2077 mati game yang sudah terdownload masih bisa di mainkan dan tidak ke gembok.

6. Saya membalas email di atas seperti ini :
Dear Sony,

Here is the data I can provide

1. Original console serial number : (SN dari Console PS4)
2. Credit card number : In my account there is no CC attached, because this my 2nd account not the primary (Akun saya tidak ada CC yang menempel)
3. Transaction ID : (Pembelian game terakhir bisa di cek di email temen-temen biasa ada history setiap kali kita membeli sebuah game)
- Date of purchase : (Tanggal pembelian game terakhir bisa di cek di email juga)
- Content Name : (Judul game yang saya beli lengkap namanya)
- Price : (Harga game tersebut)
For another information, This account only have 2 games : (yang ini sebenarnya tidak perlu)
- April 22, 2021 : Redeem digital code (nama game) (No Order Number)
- April 23, 2021 : Claim Free Game Horizon Zero Dawn™: Complete Edition PlayStation®Hits (English/Chinese/Korean Ver.) (Order Number: 264876243747)

7. Waktu kembali berlalu, pada tanggal 25 Agustus 2021, tidak ada balasan dari pihak Sony, karena sudah sangat lama tidak ada balasan email (12 hari), jadi saya memutuskan untuk push email kembali ke pihak Sony. Nah dari sini sebenarnya teman-teman bisa push ke pihak Sony 2-3 hari sekali jangan diam dan menunggu terlalu lama seperti saya, kurang lebih email nya seperti ini, saya juga sekalian saya menanyakan kasus hot yang ada di grup FB PS4 Indonesia.
Dear Sony,

I want to follow up this case, it's almost 12 days, is there any progress?
(Yang dua di bawah ini tidak perlu teman-teman tulis)
- And i want to ask, Is SMS 2 step verification really sent via SMS like this or via WhatsApp? with a local non registered number like the following attachment?
-Why in Indonesia last 1 month, like 4-5 my friend's PSN ID wash hack?? How could this be possible??

Best Regards,
Setya

8. Dengan email Push saya pada jam 3:12 Sore, untungnya pada hari itu juga Sony mengirimkan email balasan pada jam 5:59 Sore. Email ini di ikuti dengan 2 email lainnya yang berisi link untuk me-reset password pada akun utama saya si Tokyo21@gmail.com
9. Setelah mendapat pemberitahuan email tersebut, saya me-reset password dan memasang password baru, perlu di perhatikan, link untuk me-reset password hanya berlaku 24 jam setelah email kita terima, jadi teman-teman kalau bisa sesegera mungkin untuk melakukan reset password ini.

Nah kalau dari sisi email si-Hacker ternyata juga dapat pemberitahuan Sign-in PSN ID berubah, dari Nigeria2077@gmail.com kembali akun utama Tokyo21@gmail.com, namun tidak ada email ke 2 untuk reset tentunya.
10. Setelah mengganti password dengan yang baru, saya mencoba untuk login ke akun PSN Tokyo21@gmail.com, dan ternyata bisa, tinggal melakukan verifikasi email seperti biasa dengan kelik tombol Resend Email, lalu buka email untuk klik tombol Active dan kembali ke halaman web untuk klik Already Activated
11. Dan akhirnya setelah 12 hari yang terasa cukup panjang, akun saya yang ceritanya pura-pura di Hack ini kembali ke fitrah-nya. Saya cek-cek library game dan lain-lain semua normal tidak ada yang berubah sama sekali.

Pada sisi Hacker, di poin ini dia sudah sadar kalau akun Nigeria2077 sudah tidak bisa di gunakan login, hacker tidak akan putus semangat, dan mulai mencari akun PSN gendut yang tidak menggunakan 2FA.
Oke kesimpulannya, akun yang ke Hack bisa kembali, namun prosesnya cukup lama sekitar 7-14 hari, dan data yang di berikan ke pihak Sony juga harus benar-benar valid menunjukkan kalau kita memang pemilik akun tersebut. Proses klaim ini terlihat masih konvensional by email, validasi belum di kerjakan oleh sistem, saya dengan Steam dkk lebih mudah mengkalim akun yang ter Hacked.

Dari awal sampai akhir saya membutuhkan waktu total 12 Hari, namun teman-teman bisa mempercepat dengan menggabungkan poin No.1 dan No.5 ke dalam 1 email sehingga tidak perlu menunggu lama lagi. Proses yang lama ini juga bisa di sebabkan oleh kondisi Pandemic yang membuat pelayan mereka tidak maksimal. 

Teman - teman juga bisa push pihak Sony dengan mengirimkan email seperti poin No.7 supaya cepat dapat respons dari pihak Sony.

Kalau dalam akun PSN menempel CC sebaiknya teman-teman langsung lapor ke bank untuk bekukan sementara, kalau saya menggunakan Jenius saya bisa merubah nomor kartu atau kode CVV
Kalau saya simpulkan kenapa lama?, karena proses birokrasi yang berbelit, Pertama saya email ke pihak Sony Indonesia, Pihak Sony Indonesia mungkin meneruskan ke pihak di atasnya HQ Sony Hongkong, dari pihak Sony Hongkong lalu meneruskan lagi ke pihak Sony Japan, lalu kembali lagi dari JPN-HK-IND, aduh parah tidak terbayangkan kalau yang ke Hack itu akun utama, kita tidak bisa main game selama 12 hari karena semua game ter lock.

Dari sisi Hacker juga tidak ada konsekuensi apa-apa, mereka tidak mendapat hukuman apa-apa yang membuat mereka jera, Hacker akan melakukannya lagi dan lagi. 

Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat, jangan lupa share artikel ini, Terima kasih.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.