Cara Refund Pembelian Games di PSN Store

Refund atau pengembalian dana atas pembelian sebuah konten digital di PSN store sering kali terjadi. Hal ini bisa terjadi karena informasi yang ambigu atau kesalahan membaca informasi pada PSN Store. Karena PSN terdiri dari beberapa region (Reg 1,2,3,4 dst) maka sebelum membeli konten digital kita harus lebih cermat dan teliti. Karena sering kali konten digital tersebut menjebak. Kasus besar yang kemarin sempat terjadi adalah, saat pembelian game Final Fantasy VII Remake, di mana banyak member yang salah membeli game yang menggunakan bahasa utama Mandarin bukan berbahasa Inggris. Kalau saya perhatikan juga beberapa diskon game murah di Reg Indonesia, kadang hanya tersedia dalam bahasa Mandarin, sehingga kita harus lebih berhari-hati.

Pada artikel ini akan saya informasikan bagai mana cara me-Refund jika teman-teman salah membeli konten digital. Credit, sumber konten dari teman saya, Mas Mahameru seorang pemain PS4 di kota Saya.

1. Kronologi kesalahan, saat beli DLC karakter Tamaki di game Dead or Alive 6, Base BD game : Reg 3 Us ver, Beli DLC : Reg 3 tapi beda versi bahasa. Main di akun : Reg 3, pas di mainkan karakter tersebut tidak muncul.

2. Karena karakter tidak muncul, maka teman saya telepon Sony Indonesia, namun diarahkan untuk kirim email (cic.indonesia@ap.sony.com) pakai bahasa inggris : (3 Agustus 2021)
(Data-data yang selalu dibutuhkan saat email ke Sony)
  • Order Number (*jika sebelumnya sudah kontak via chat/telepon)
  • PSN Sign-in Email address
  • Online ID
  • Name (First Name and Last Name)
  • Day of Birth (Your Actual Birthday)
  • Serial number of the console (You could find the Serial Number have 15 digit numbers on the bar code at the backwards of the console)
  • Mobile Number
3. Sambil paralel mengurus refund, teman saya beli ulang yang DLC Reg 3 yang us version, dan karakter Tamaki berhasil muncul secara normal. Setelah menunggu 2 hari kerja, berikut ini email jawaban dari pihak Sony. (5 Agustus 2021)
4. Lalu terakhir setelah 4 hari kerja, uang di kembalikan ke rekening Jenius yang teregister di awal membeli DLC tersebut. (9 Agustus 2021)
Jadi kesimpulannya, proses Refund bisa di lakukan dengan kurun waktu kurang lebih 6 hari hingga uang di kembalikan, namun perlu di perhatikan setau saya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. 
  1. Kalau salah beli base game, game tersebut jangan di download dan di install, langsung kontak pihak Sony. Berkaca dari term of service refund konten digital. Namun teman saya yang lain pernah ada kasus salah beli FF7 Remake, game sudah di download dan di install dan baru sadar kalau bahasanya Mandarin, saat minta refund ke Sony ternyata tetap bisa.
  2. Batas refund adalah 14 hari setelah kesalahan pembelian.
  3. Kadang pihak Sony meminta kita untuk membeli konten yang tidak salah, selama proses refund berjalan, mungkin takutnya setelah uang di kembalikan konten game tidak jadi di beli, makanya pihak Sony me-nodong duluan untuk membeli konten game yang benar.
  4. Pengembalian uang belum tentu dalam bentuk uang atau di transfer balik ke rekening kita, pada beberapa kasus kadang saldo di kembalikan dalam bentuk nominal PSN Wallet
Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman dalam me-Refund, jika terjadi kesalahan membeli konten digital di PSN Store. Sekali lagi terima kasih untuk Mas Mahameru yang sudah menyediakan screen capture dari artikel ini.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.