Penampakan Dev Kit PlayStation 5

Keren juga ya penampakan foto detail dari Dev Kit Console PlayStation 5, bentuk V merupakan simbol angka romawi V (5). Sebelum versi retail dari PlayStation 5 release sempat beredar sketsa blueprint dari Dev Kit ini, sehingga publik beranggapan kalau bentuk tersebut merupakan bentuk final release, padahal salah, itu hanya bentuk Dev Kit-nya.

Info saja, Dev kit adalah sebuah hardware khusus yang tidak dirilis secara publik, melainkan di gunakan oleh Developer games untuk mengembangkan game buatannya. Spesifikasi Dev kit harusnya sama dengan spesifikasi final release, supaya pengembangan sebuah game bisa optimal. Kelebihan Dev Kit mungkin hanya hardware-nya memiliki port-port khusus serta di dalamnya sudah tersedia SDK dan API untuk pengembangan games.

Dev kit PS5 tidak di perjual belikan, namun pengembang game harus menyewa Dev Kit tersebut dari PlayStation, biaya sewanya sekitar 2.500-3.000$ (37-45 Juta), jika project pengembangan suatu game sudah selesai maka unit tersebut wajib di kembalikan ke pihak PlayStation. Pihak penyewa juga sebelum disetujui oleh PlayStation wajib mengisi data-data pada aplikasi web berikut ini PlayStation Partners Program webpage. Jika di setujui oleh pihak PlayStation maka penyewa wajib menandatangani semacam agreement dan NDA (Non-Disclosure Agreement) tujuannya untuk tidak membocorkan spesifikasi, foto, berbagai detail dan tidak boleh membicarakan perihal Dev Kit ini di ruang publik.

Dev Kit juga IP-Lock atau hanya bisa di gunakan di satu IP Address sehingga Dev Kit tersebut tidak bisa di bawa-bawa ke mana-mana (pada foto yang bocor juga IP di sensor). Asumsi saya, supaya bisa di gunakan Dev Kit ini harus selalu terhubung dengan internet / server PlayStation supaya bisa selalu terpantau apa saja yang di kerjakan oleh developer game.

Biasanya Dev Kit berisi :

1. File dokumentasi : Berisi manual bagaimana cara menggunakan Dev Kit PS5
2. Contoh Simple kode : Berisi sebuah kode pemrograman sederhana, untuk menunjukkan bagai mana cara program dan sistem peng-kodean berkerja. Biasanya menggunakan bahasa pemrograman C++
3. Code libraries : Merupakan sekumpulan kode yang memiliki fungsi-fungsi tertentu dan dapat dipanggil ke dalam program lain .
4. Sebuah Application Programming Interface (API) : API merupakan sebuah jembatan pemrograman, biasanya pengembang menulis kode di Komputer lalu di transfer ke Dev Kit menggunakan jembatan API ini, untuk di test apakah berjalan dengan baik di Dev Kit.
5. Software development kit (SDK) : SDK merupakan tools untuk mengembangkan sebuah program/ aplikasi.

Yang bisa mendapatkan Dev Kit adalah :

1. Developer game, baik developer besar atau kecil.
2. Bisnis lain yang terkait industri game.
3. Mahasiswa Akademik baik perorangan atau grup.

Saat pada masa pengembangan console PS5 juga mendapatkan  kode nama "Erebus" dalam mitologi Yunani artinya "Suatu tempat kegelapan di dunia Underworld tempat Hades berjalan". Nyambung tidak ya? mungkin sesuai dengan warnanya yang hitam pekat (Mode Cocok logi : ON)

Bagi yang penasaran berikut bentuk Dev Kit PlayStation 1 s/d 4 :

Penampakan Dev kit lain nya yang bocor :

Sumber : Team SGK & Thetechietrickle.com 

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.