Review : NieR Replicant ver.1.22474487139 (PS4)


NieR Replicant ver.1.22474487139 (2021) merupakan sebuah game berjenis jrpg action adventure, yang menurut Yoko Taro (sutradara-nya) merupakan "Upgrade Version" dari game NieR Replicant (2010) di PS3. Jadi game ini di pastikan bukan versi Remastered atau versi Remake dari NieR Replicant (2010). Istilah Upgrade Version yang baru kali ini saya dengar, sepertinya letak peningkatan kualitas visual nya berada di atas game versi remastered namun berada di bawah remakeGame ini di develop ulang oleh Toylogic, yang merupakan game developer asal Jepang. NieR Replicant ver.1.22 (2021) mendapatkan upgrade paling menonjol dari sisi character designsemua karakter & NPC sudah full dubing, new combat system, musik yang aransement ulang menggunakan full orchestra dan terakhir adanya karakter baru, story baru dan ending baru yang diambil dari ending versi novel nya (NieR RepliCant Recollection Gestalt Project Memoir).

Setelah memainkan keseluruhan dari game ini, menurut saya pribadi NieR Replicant ver.1.22 (2021) sangat tidak worth it jika di beli full price (59USD /Rp 879,000), kesan pertama kali saat sama memainkan game ini adalah grafis yang masih terkesan mirip dengan grafis PS3 (outdated), membuat saya sedikit kecewa. Mengingat game NieR Replicant (2010) versi PS3 di release 4 tahun setelah PS3 launching di pasaran, jadi game-nya pun waktu itu masih belum optimal menggunakan full power dari mesin PS3. Grafis yang tidak terlalu bagus ini tetap tidak bisa di tutupin, kecuali memang game ini di rombak full menggunakan istilah "Remake", mirip dengan Final Fantasy 7 Remake atau Resident Evil 2-3 Remake yang benar-benar menggunakan engine baru yang sesuai dengan generasi PS4 saat itu. Kalau menggunakan engine baru, boleh lah kasih label harga Full Price. Jadi saya sarankan untuk yang ingin memainkan game ini tunggu hingga diskon ya 5 bulan lagi. Game yang mirip menggunakan istilah Upgrade Version saya temukan pada game Shadow of the Colossus (2018) untuk harga release nya 39USD (tidak full price) setelah 5 bulan turun jadi 29USD.

Game ini memiliki animasi frame by frame yang sama persis dengan versi PS3 nya menunjukkan kalau developer Toylogic nya masih menggunakan aset yang sama seperti versi PS3 nya, yang mana menurut saya membuat game ini terasa "sempit", bagaimanapun saya masih merasakan kesan memainkan game PS3 saat memainkan game ini. Game ini hanya terdiri 2 kota utama Seafront dan NieR village, lalu terdiri dari 2 arena yang lumayan luas untuk grinding seperti di Northern Plains dan Desert ArenaDungeon nya pun tidak terlalu banyak, seingat saya hanya ada 3-4, yakni Underground Facility, Junk Heap dan Shadowlord's Castle. Aset asli yang terbatas (5.8GB) ini lah yang  membuat game ini masih terasa seperti game PS3, benar-benar kalau sudah biasa memainkan game PS4 akan terasa kesan sempit nya. Misi utama dan sampingan karakter utama akan hanya berkutat di sekitaran arena itu-itu saja. Untuk menamatkan ending A di butuhkan kurang lebih 15 Jam, untuk menyelesaikan semua ending (A,B,C,D dan E) di butuhkan sekitar 30 Jam, untuk Platinum saya menempuh waktu 70 Jam.

Sistem battle baru yang menurut saya tetap masih kalah di bandingkan dengan NieR Automata, namun hal itu tentu wajar karena developer NieR Automata adalah PlatinumGames yang sudah sangat berpengalaman dalam membuat game-game dengan aksi perkelahian yang super keren, seperti Astral Chain, Bayonetta dan Metal Gear Rising: Revengeance. Dalam NieR Replicant ver.1.22 sistem battle nya tentu lebih sederhana, dengan sistem combo serangan yang cukup standard, light attack dan heavy attack. Senjata dari tokoh utama pun di bagi menjadi 3 kategori, Single Sword, Doble Sword dan Spear. Setiap senjata memiliki pola serangan yang sama, hanya bentuk nya saja yang berubah saat sedang kita pasang pada karakter utama. Oiya untuk senjata bisa di upgrade dengan mengumpulkan beberapa item yang di jatuhkan oleh musuh. Sistem magic juga di buat se sederhana mungkin, di mana kita mendapatkan varian magic baru dari mengalahkan bos, setelah itu magic tidak bisa di upgrade hanya bisa di gunakan apa adanya atau dikombinasikan dengan serangan fisik dari karakter utama.

Unsur yang sangat kuat dari game ini tentunya dari segi Story, story telling yang di bagi menjadi beberapa ending membuat kita sebagai pemain melihat berbagai macam sudut pandang, baik dari sisi karakter antagonis dan protagonist nya, dan membuat sebuah penilaian kalau sebenarnya tidak ada pihak yang benar-benar salah, masalah utama timbul karena para repliCant tidak memahami apa yang sedang di rasakan/ diomongin oleh pihak yang di anggap jahat atau Shade. Hubungan dan pengembangan antar masing-masing karakter saya rasa juga sangat bagus, saya bisa merasakan perasaan yang akan di sampaikan oleh masing-masing karakter, seperti tokoh Emil yang merupakan tokoh paling "Pure/Murni" dalam franchise ini, di awal dia berusaha berjuang melawan penyakit amnesia nya, kemudian mulai membenci kedua matanya yang membuat kakak perempuan nya menjadi batu, lalu di pertengahan game mulai membenci tubuh tengkorak-Nya yang jelek, tidak mirip tubuh manusia hingga akhirnya dia malah berhasil berkorban dan menyelamatkan tokoh utama. Dalam seri NieR Automata tokoh Emil adalah tokoh yang melawan semua serangan Alien di muka bumi dan berhasil menang.

Sebuah pesan moral yang cukup kuat yang bisa di sampaikan dari sebuah video games. Rela berkorban untuk orang yang dicintai, hubungan persahabatan yang terjalin berkembang menjadi cukup kuat dan terasa begitu hangat. Karakterisasi dari masing-masing karakter juga terasa cukup kuat. 

Saat kita merasa berada di sisi yang paling "benar", Sebenar nya belum tentu kita benar-benar paling "benar" di mata mahluk lain.

Score dari saya : 8/10
Di mainkan di : PS4 Pro, HDR, 4K Auto Motion On
Album Photo : https://ibb.co/album/V0Y96y



No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.