Memainkan Konten DLC Region Tertentu di PS4

Downloadable Content (DLC) atau sering disebut sebagai konten tambahan dalam sebuah video game. Konten DLC jenisnya bisa berupa sebuah misi, story tambahan atau berbagai macam kosmetik seperti skins (baju), karakter tambahan, senjata, item, voice dubing, dan lain sebagainya. Konten DLC ini biasanya tersimpan di Server PSN, dan kita harus men-download-nya jika mau kita klaim atau gunakan dalam game nya. Tentunya ada DLC yang sifatnya berbayar dan ada pula yang gratis, menurut saya ada juga yang worth it ada yang sangat tidak worth it, semua tergantung dengan selera kita masing-masing. Kalau saya pribadi sangat jarang sekali membeli DLC dan memang prinsip saya untuk se-bisa mungkin tidak membeli DLC tambahan, saya HANYA meng-klaim DLC yang free yang sifatnya tidak essential.


Konten DLC sudah tidak asing lagi di dunia video game modern saat ini, khususnya era PS4, DLC biasanya digunakan oleh developer game untuk mendapatkan uang tambahan dari game yang sudah pernah di release, dan sebenarnya itu tidak salah sama sekali. Namun dalam PS4 DLC ini di batasi oleh Region, untuk penjelasan region bisa baca di LINK: artikel saya pada blog ini. Jadi intinya saat mau menggunakan DLC tertentu, Region yang di gunakan harus sesuai dengan region dari game yang kita mainkan. Saya akan mencontohkan Game Digital Region 2, Konten DLC Region 2, namun dimainkan di akun Region 1 semua save game, trophy masuk ke akun premier saya Region 1. Oiya hal ini juga berlaku ya untuk kaset fisik ya.

Berikut ini contohnya Game Nights of Azure 2: Bride of the New Moon, yang saya download di Region 2, saat saya check game nya ternyata ada 2 DLC yang gratis, cocok sudah dengan prinsip saya, saat ada yang gratis, sikat.. DLC gratis ini ada 2 jenis satu hanya berupa skin/ baju karakter utama dan satunya sebuah misi tambahan. Kalau di lihat pada gambar di bawah mata uangnya adalah Pound sterling £, berarti saya cek di Region 2.

Nah kesalahan yang paling sering di lakukan oleh teman-teman semua adalah SALAH DOWNLOAD DLC PADA REGION-NYA, hal ini akan mengakibatkan DLC tersebut tidak bisa di install, saya contoh kan karena saya memainkan nya di Region 1 saya juga men download 2 DLC Gratis di atas, dan hasilnya saat sudah selesai di install adalah "Waiting to Install..", hal ini terjadi karena PSN merasa kita tidak memiliki game tersebut, karena kita hanya "Meminjam" game tersebut dari pemilik aslinya si-Region 2. Nah solusinya bagaimana? tentunya solusinya adalah kita Download dan install DLC Gratis di Region 2 lalu kita pinjamkan lagi ke Region 1. Untuk download dan install DLC di Region 2 seperti biasa, masuk ke PSN Store, cari game nya lalu check pada bagian DLC, atau bisa ikuti gambar di atas, dengan menekan tanda bawah pada joystick DS4 di icon game nya.

Di Region 2 Download DLC nya seperti biasa, dan hasilnya DLC tersebut bisa di install seperti biasanya, langkah selanjutnya kita pinjamkan Game dan DLC di Region 2 ini ke semua user yang ada di PS4 kita sekarang, caranya tentu teman-teman sudah pada tau yakni masuk ke Setting - Account ManagementActivate as Your Primary PS4Active. Kalau sudah  Active otomatis handshake sudah di lakukan jadi semua konten yang ada di akun Region 2 akan bisa di gunakan di akun Region 1, bahkan layanan PS+ juga akan ter share, karena saya punya akun Region 3 yang aktif PS+ dan setiap bulannya saya memainkan game gratis PS+ pada akun Region 1 Saya, layanan game online nya juga bisa saya nikmati di akun Region 1.

Maka statusnya pasti "Installed", lalu set As Primary pada Region 2
Setelah itu saya tinggal masuk Region 1, lalu masuk ke game nya seperti biasa lalu mencari di dalam game NPC untuk mengaktifkan DLC tersebut. Berikut ini contohnya, baju tambahan untuk karakter utama sudah aktif dan bisa di gunakan dalam game ini. Untuk DLC misi tambahan saya tinggal menunggu sampai momen tertentu DLC tersebut bisa di aktifkan. Untuk mengaktifkan konten DLC dalam berbagai macam game akan berbeda-beda ya, kemarin saya ada main Bioshock 3, dan untuk mengaktifkan DLC saya harus sampai pada misi tertentu.

Bicara masalah DLC, tentunya DLC story tambahan dari The Witcher 3 - Hearts of Stone dan Blood and Wine adalah the BEST DLC Ever, DLC ini di garap dengan sungguh-sungguh, durasi nya masing-masing sekitar 30 jam, cerita tambahan dengan story yang menarik, aura pada game juga berubah, dan menambah kesenangan tambahan dalam memainkan game ini. DLC yang bagus lainnya adalah Marvel's Spider-Man: The City That Never Sleeps, lumayan walau terasa di potong dari game aslinya. Kalau DLC yang paling saya benci tentunya DLC Royal Edition pada Final Fantasy XV karena game nya benar-benar di potong-potong untuk di jadikan DLC. 
Ini mengapa saya tidak membiasakan membeli DLC berbayar, karena saya merasa takut kalau game-game kedepan nya yang seharusnya kita bisa merasakan full experience semua misinya akhirnya di potong-potong oleh developer yang terlalu rakus, sehingga "MEMAKSA" kita untuk membeli konten DLC Story tambahan untuk bisa merasakan full experience dari game nya. Saya melawan dan berbicara dengan tidak membiasakan membeli DLC berbayar yang tidak worth it.

Oke sekian artikel dari saya, karena melihat hal ini sering sekali di tanyakan jadi saya buat kan artikel khususnya, hal ini tentunya tetap akan berlaku saat nanti PS5 release. Semoga bisa membantu teman-teman yang membacanya, saya berharap untuk komentar dan Share artikel ini jika teman-teman merasa bermanfaat. 

Terimakasih.. Stay save at HOME.

24 comments:

  1. Assalamualaikum...gan ane Azam gamer baru...hehehehe

    Mau nanya gan....kemaren ane beli game Dragon ball Fighter versi ultimate yang di dalam nya sudah include dlc2 nya....reg 3 Indonesia....namun setelah saya install dan main....ternyata dlc2 nya tidak bisa/belum terbuka....padahal dlc nya sudah include dengan game yang versi nya ultimate....

    Minta saran nya dong gan....??
    Jawaban agan sangat membantu tuk saya yang baru main PS4 ....thanks bangt gan sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam ma, mas coba cek dulu di gamenya, di menu PS4, pada game DBZ, tekan option trus pilih information, cek apakah DLCnya sudah ter install? pastikan juga ke webstorenya, cek juga DLC tersebut apa masih bisa di beli apa tidak?
      Coba juga ke Setting - Account Management - Restore License utk syinc lisensi game ke PSN..
      Karena saya tidak tau game ini mas, apa mungkin DLC nya bisa di akses di pertengahan game, misal suruh tamatin dulu gitu, karena ada beberapa DLC di game yg saya mainkan itu tidak langsung aktiv butuh triger NPC dulu atau bahkan harus sampe story tertentu baru DLC nya unlock..

      Semoga bisa membantu.. kalau saya check ultimate edition memang harusnya sudah dpt tambahan 8 karakter

      Delete
  2. Jadi download DLC nya harus pake akun dari region game/disc yg dipakai ya ? Misal disc reg 2 JP , download DLC nya harus dari akun reg 2 JP ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt, download DLC dan install nya harus di region yang sama

      Delete
    2. Kalau DLC sudah ter install baru boleh mainkan pake akun region manapun, di gamenya biasanya sudah ada konten DLC nya..semoga membantu.

      Delete
  3. Gan, gimana kalau kasusnya gini

    Game kaset ane all reg (esrb=reg 1 us)
    Akun psn ane reg indo (reg 3)
    Trs ane beli dlc di akun indo td ( reg 3)

    Sekarang status dlc nya menunggu instal . . .
    Bagusnya gimana y gan?

    Plis bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya mas beli DLC reg sesuai game-nya mas (dlc di reg 1), kalau kasus yang sekarang mas alami adalah mas harus beli game reg 3 baru dlc bisa terinstall..(sesuai dengan dlc reg 3 yang mas beli.)

      Delete
    2. - Kalau mas buat akun reg 1, mas harus beli lagi DLC nya (lebih murah), baru DLC bisa ter-install beserta game-nya (sesuai DLC dan Game sama-sama Reg 1)
      - Kalau kasus sekarang akun reg 3, terlanjur beli DLC sedang PSN tidak mendeteksi mas punya game yang mau mas install, solusinya mas harus beli Game-nya di Reg 3 (lebih mahal) supaya DLC bisa ter-install.
      - Solusi ke 3, mas coba pinjam game digital tersebut, cari yang Reg 3, coba kontak ke link ini : https://kronos.id/gamelist/

      Delete
    3. Untuk pinjam game digital , sistemnya gmn gan ? Apa seperti share akun gitu?

      Delete
  4. Gan..gw kan beli ffxv royal edition reg2..terus gw instal di akun reg2..nantinya dlc weapon dan episodenya bsa maen di akun reg 3 gw ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas, saya juga beli di reg 2 mainkan di reg 1 kok, semua dlc masuk bisa di mainkan tanpa terlecuali 👍🏻

      Delete
    2. Sip gan..makasih infonya

      Delete
  5. Halo gan tnya. Sy main monster hunter world all reg di ps reg 3. Trus sy beli expansion nya yg iceborne reg 2.. save an yang monster hunter sblom nya all reg ga bsa ke detec ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mainnya di reg all 3 harusnya ke deteck kan nglanjutin, ice born nya cuma beli dan install psn id reg 2, setelah itu kembali lagi ke reg 3 dan lanjut game nya kayak bisa..

      Delete
  6. Gan tanya dong,kan saya punya kaset pes 2020 reg 2 kan sebentar lagi akan ada dlc pes 2021,nah masalahnya psn saya reg 3.kira2 gimana caranya biar dlc bisa digunakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti beli DLC nya yg pes21 di reg 2 juga, beli lalu install di reg 2, setelah itu log off dan mainkan di akun reg 3. Cuma setau saya kalau main online nya akan ke lock cuma bisa ketemu player reg 2 aja ga bisa ktmu player asia

      Delete
    2. Caranya gimana ya?apakah harus buat akun lagi?

      Delete
    3. Pertama game PES 2020 punya mas itu bentuk disk atau digital?
      - Kalau beli disk, mas buat akun region 2 UK, beli DLC PES21 di region 2 da install, lalu mainkan di akun region 3.
      - Kalau bentuk digital region 2, mas ga usah buat akun baru, tinggal beli di akun game yang sudah ada pes2020. lalu mainkan di region 3 seperti biasa.

      Delete
  7. gan mau tanya, jika saya punya ps4 slim trs semua game beli digital serta dlc nya pun saya beli berbayar dan sudah terinstal di ps4 slim, lalu saya mau ganti ps4 pro, apakah dlc yang saya beli tetap bisa diinstal lg atau hilang karena sudah terinstal di ps4 slim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman mas, DLC Itu lengket di ID PSN, jd kalau mas ganti ke ps4 pro, login pake id psn yg mas pake utk beli game dan dlc otomatis mas tinggal download ulang lagi aja, biasanya ada di library game

      Delete
  8. mantep gan,semoga ilmu2 nya bermanpaat bikin semangat ngeblog nya (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas makasih byk utk supportnya..senang bisa membantu temen2 sesama hobi PS4

      Delete
  9. tolong tanya, kalau pertama main pakai BD region all, lalu ganti main pakai BD yg region 3, itu apakah save nya bisa atau harus main dari awal? lalu kl region ALL itu DLC nya bisa terserah atau gimana ya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi save game di PS4 itu region lock, jadi misal awal main di region 3 kemudian kaset di jual dan beberapa tahun kemudian beli lagi, supaya save game lama bisa di pakai harus beli yang region 3 lagi.

      Reg all itu bisa jadi reg All 1, Reg All 2 dan Reg All 3, di pastikan di logo depan kaset ada kode
      ESRB itu tandanya region 1 : https://media.aws.alkosto.com/media/catalog/product/cache/6/image/69ace863370f34bdf190e4e164b6e123/a/u/automara-principal.jpg
      PEGI itu utk reg 2 : https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/81mdXXHmSlL._AC_SX679_.jpg
      Cero itu utk jepang : https://s.pacn.ws/640/n4/nier-automata-416251.10.jpg
      dan Indonesia/ HK biasanya ada tulisan china : https://cf.shopee.co.id/file/615a7e08b3185d9214aca73ac87c5a39

      Bisa juga di deteksi dari kode di samping

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.