Cara Meminta Review Games Gratis Ke Developer


Sudah beberapa tahun ini saya mendapatkan kode Review Game PS4 indie secara gratis yang di berikan oleh developer nya untuk di review dan sebagai media promosi game tersebut. Sebenarnya untuk developer besar biasanya mereka menggunakan media-media mainstream seperti iklan di TV, majalah, koran dan Youtube. Namun untuk developer indie kadang mereka tidak memiliki budget besar untuk mempromosikan game nya secara besar-besaran, pada akhirnya mereka memberikan game nya untuk di mainkan dan di review secara gratis oleh orang-orang yang memiliki influence besar di media sosial, dengan harapan game nya akan lebih di kenal oleh lebih banyak orang. 
Awalnya pada taun 2018 saya mendapatkan kode-kode ini dari seorang wanita cantik di Twitter dengan username Indie Gamer Chick (@IndieGamerChick), saat itu me-request kode game masih sangat konvensional, dengan cara inbox direct message ke orang-orang tersebut, dan tidak hanya satu orang, ada beberapa orang di Twitter yang bisa mendistribusikan kode-kode game seperti Indie Gamer Chick. Namun lambat laun karena hanya lewat Twitter, jadi prosesnya tidak ter-pantau dan tidak efektif, kode yang sudah di berikan malah bisa di salah gunakan, orang bisa menjual ulang kode berisi game tersebut. Makanya sejak 2019-2020 ada muncul berbagai macam web platform yang tugasnya mendistribusikan kode-kode game ini dengan sistem tracing yang lebih baik, karena kode yang di berikan bisa ter pantau dengan hashtag (#) di Youtube atau Twitter.
Jadi sebenarnya secara logika kita harus membangun sebuah ekosistem, yakni menambah teman teman sebanyak mungkin dengan hobi yang sama atau platform console yang sama, dengan semakin banyak teman, followers atau subscriber maka kita akan semakin di kenal dan meyakinkan bagi developer yang akan memberikan game nya untuk kita review. Sebenarnya kita tidak harus me-review-nya secara detail, contohnya saya memiliki blog ini, dan saya menulis pengalaman saya dalam bermain game tersebut. Namun teman-teman bisa hanya me-share video gameplay, live saat main game tersebut, membagi gambar-gambar saat memainkan game tersebut, memberikan sedikit komentar, kritik, dan pujian di media sosial miliknya dengan tujuan agar teman-teman nya yang lain, melihat dan menjadi tau kalau oh ternyata ada game dengan judul ini dan game nya seperti itu. Intinya kalau saya bisa, teman-teman semua pasti bisa.
Platform web yang akhir-akhir ini saya gunakan untuk me-request indie game adalah Keymailer (web: keymailer.co). Pada platform itu kita bisa me request mulai dari game AAA hingga game indie, Saya belum pernah berhasil mendapat free code untuk game AAA :P. Namun mungkin suatu saat jika blog saya menjadi besar mungkin saya akan di percaya untuk mendapatkan code review game AAA tersebut, Amin. Mungkin beberapa Youtube atau reviewer di indonesia menggunakan web-web semacam ini, karena subscriber-nya sudah besar jadi mereka tentunya lebih meyakinkan dan dapat menjangkau lebih banyak orang. Kalau media besar seperti JagatPlayPlay-Verse, LazyMonday, Anak Tua, Republik Sultan, TaraArs  dkk nya bisanya mereka langsung mendapat email direct developer nya karena terdaftar sebagai media Games besar di Indonesia.
Setelah mendaftar di web tersebut, saatnya teman-teman menghubungkan media sosialnya dengan web Keymailer supaya bisa ke lacak kode yang sudah di berikan. Saya pribadi baru mulai aktif meng upload video gameplay di Youtube. Biasanya kode game yang di minta adalah game-game yang belum di release. kita bisa memilih - milih game yang akan kita request, kalau saya pribadi saya me-request game yang saya suka atau game yang easy platinum nya. Kalau teman-teman mau mencoba me request semua game ya silahkan, asal kita benar-benar bertanggung jawab dengan kode yang sudah di berikan. Setelah kode di dapatkan, sebaiknya secepatnya kita mainkan, lalu bisa share-share screenshot atau live via Youtube atau Twitch. Tidak hanya PS4 ada juga platform lain seperti Xbox, Steam dan Nintendo Switch, namun saya belum pernah coba request untuk platform selain PS4. Kita juga bisa tracking kode yang kita minta apa di approve atau di tolak oleh developer nya.
Overall untuk kita-kita yang belum tau jalur untuk contact developer game tentunya Keymailer ini menjadi sebuah batu loncat-an bagi teman-teman yang ingin serius mendalami dunia reviewer, dan perlahan-lahan membangun pertemanan yang lebih luas di sosial media mana pun, untuk menjangkau lebih banyak orang lagi karena menurut ramalan Ki Joko Bodo, mata uang digital itu adalah subscriber atau follower. Memulai membiasakan memainkan game sambil sedikit menuangkan isi dari pikiran dan opini saat memainkan game tersebut. Berbagi pengalaman dengan semua teman-teman yang membacanya. Just info web seperti ini jumlahnya ada beberapa, jadi teman-teman bisa buat akun di berbagai platform dan minta aja sekaligus, minta juga untuk PC, nanti kita lihat mana yang di approve. Memulai bermain game sambil bekerja dan ada tanggung jawab. Semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat. Terima Kasih.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.