Cara Mudah Memakai VPN atau DNSCrypt di PS4

Trik menggunakan VPN (Virtual Private Network) ini sebenarnya sangat berguna bagi pengguna ISP Indihome yang kadang nge-block jaringan PSN tanpa alasan yang pasti, kita tau sendiri PSN Server dan Indihome sering sekali mengalami error baik itu NW-31194-8 atau status Failed pada status Internet Connection dan PlayStation Network Sign-In. Belum lagi kejadian Kominfo yang tidak sengaja nge-blokir server Blizzard beberapa waktu lalu. Dengan menggunakan VPN ini saya jamin 99% semua permasalahan tersebut pasti bisa terselesaikan. Namun trick VPN ini membutuhkan beberapa persiapan, saya juga berikan alternatif program dan akun Premium VPN yang sifatnya sementara hanya untuk tujuan Pembelajaran, jika memang trick VPN ini berguna, saya mengharapkan teman-teman berlangganan akun VPN secara resmi

Namun sebelum teman-teman mencoba segala macam trik yang pernah saya berikan, saya sarankan untuk me-restart modem Indihome terlebih dahulu, jika memang masih tidak bisa ter-koneksi dengan PSN, ayo saya mulai jelaskan trik VPN ini :

Syarat yang di butuhkan :
1. Wajib menggunakan LAPTOP dengan Windows 10 (Wajib WIN 10)
2. Program Simple DNSCrypt (Gratis)
Alternatif berbayar
3. Program NordVPN (Berbayar)

- Download DNSCrypt : https://simplednscrypt.org/
- Download NordVPN : https://nordvpn.com/


Saya akan mulai dengan program Simple DNSCrypt, program ini semacam management tool untuk konfigurasi DNS proxy, intinya untuk bypass blokir Internet Positif dari Indihome. Cara install Simple DNSCrypt seperti biasa, lalu jalankan program tersebut seperti biasa, tampilan nya akan seperti gambar di bawah, pastikan pada DNSCrypt Service ON/Menyala dan pada bagian paling bawah wifi/Ethernet di centang jadi warna hijau, tergantung teman-teman connect dari modem menggunakan kabel UTP atau wifi, kalau saya pakai wifi.


Cara tau apakah internet laptop kita sudah tidak ter-blokir adalah dengan membuka web semacam reddit.com atau web-web lain yang sekiranya di block. Jika menggunakan DNSCrypt Netflix.com masih tetap ter-block karena layanan ini merupakan layanan gratis. jika reddit.com sudah terbuka tandanya layanan DNSCrypt sudah aktif, saatnya kita sambung-kan ke PS4.
Pada Windows 10, masuk ke Start - Setting - Network and Internet - Mobile HotspotSebelum menekan tombol ON, ubah dulu password supaya lebih mudah nanti waktu input di PS4, rubah nya klik Edit pada Network Passwordsaya rubah jadi angka 1 s/d 8. Maka Laptop kita akan menjadi Akses Poin (AP) semi portable dengan nama laptop kita. Setelah itu tekan ON pada Share my internet connection with other device
Biasanya untuk lebih memastikan, saya coba search via handphone terlebih dahulu apakah sudah muncul Akses Poin dengan nama laptop saya DESKTOP-2R241V3... dan ternyata sudah ready.
Lalu pada PS4 seperti biasa connect kan Akses Poin yang dari laptop ke PS4, koneksikan seperti biasanya kita connect PS4 ke modem wifi Indihome. Setelah connect, di laptop biasanya akan muncul seperti gambar di bawah pada layar laptop kita, yang menandakan kalau PS4 sudah terhubung dengan AP Laptop.



Untuk mengetahui apakah di PS4 sudah menggunakan jaringan yang sudah ter-koneksi dengan Simple DNSCrypt yang tidak ter blokir oleh Indihome, di PS4 tinggal buka browser dengan icon WWW dan tinggal kita buka aja web reddit.com, jika web reddit terbuka maka PS4 sudah tidak ter block. Harusnya pada posisi ini kita sudah terhubung dengan PSN Server dengan lancar. Biasanya saya yang sering ter ter kendala saat mau sinkronisasi trophy, padahal jaringan terlihat normal, dan kadang saya melakukan trik ini jika memang kondisi laptop kebetulan menyala.

* Saya sering mengalami tidak bisa ter koneksi dengan internet setelah menghidupkan laptop padahal sudah tersambung ke wifi, ini tandanya service DNSCrypt belum menyala silahkan tunggu atau disable terlebih dahulu jika tidak ingin menggunakan layanan tersebut.

Trick Berikutnya mengunakan NordVPN dengan akun *tester, sebelum install program NordVPN, jika di laptop sudah ter install Simple DNSCrypt sebaiknya di matikan terlebih dahulu service dari DNSCrypt, supaya kita benar-benar menggunakan jalur dari NordVPN, karena kedua layanan ini fungsinya hampir sama. Setelah ter install NordVPN, login menggunakan salah satu ID di bawah ini :


https://pastebin.com/KNBkj3Ue (*for testing purpose)


Pada program NordVPN tinggal Pilih Quick Connect, biasanya kita akan ter-connect ke server Singapore, dan saat Quick Connect sering kali gagal kalau kita coba malam hari, di coba aja terus, misal masih gagal bisa pilih server negara terdekat. *Di era WFH ini koneksi NordVPN lebih susah lagi untuk nyambung.

Setelah VPN ter-koneksi seperti gambar di atas, langkah selanjutnya sama seperti di atas, laptop kita share Hot Spot, dan di PS4 ambil koneksi dari AP laptop, cara cek-nya apakah sudah terbuka block nya sama, cuma dengan menggunakan VPN ini kita bisa buka akses Netflix.com
Saya berharap artikel ini di gunakan sebagai mana mestinya dan di pergunakan dengan baik, saya hanya ingin berbagi hal positif. Kalau saya pribadi tidak terlalu sering menggunakan trik ini, karena memang saya tidak terlalu suka main game online, namun biasanya info yang saya dapatkan dari teman-teman gamer PS4 Balikpapan, jika menggunakan VPN maka "ping" akan lebih tinggi. Namun paling tidak ini bisa menjadi salah satu solusi kalau pas memang koneksi Indihome nge block. Trik ini sebenarnya sama aja dengan berbagi internet yang ada di handphone, namun menurut saya kalau main PS4 dalam waktu yang lama, mending berbagi internet nya lewat laptop dari pada lewat handphone yang lebih cepat panas.

2 comments:

  1. Gan mau nanya, saya baru beli ps4 slim, di warning gaboleh online, supaya bisa online gimana ya gan? Mohon pencerahannya, katanya sih gamenya ke lock kalo online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti ps4 nya di inject sama share akun mas, bisa di baca di sini apa itu share akun https://hydeist666.blogspot.com/2020/02/beli-share-akun-psn-di-ps4-apakah-aman.html?m=1
      Kalau mau online tinggal update frimware ke terbaru, trus connect ke internet, semua game share akun akan ke lock ga bisa di mainkan lagi. Tamatin aka dulu semua baru online.

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.