Isu Munculnya PlayStation 5 (PS5)


Sebenarnya sudah beberapa bulan yang lalu telah muncul isu akan kemunculan PlayStation 5 (PS5) di pasaran, namun tentunya isu tersebut tidak muncul begitu saja tanpa sumber yang bisa dipercaya, ibarat ada asap pasti ada sumber apinya.
PS5 mulai gencar diperbincangkan akhir-akhir ini, karena pihak Sony juga tidak mau kalah dengan pihak kompetitornya si-Microsoft dengan console ter barunya, yang tentunya telah memukul telak PS4 Pro baik itu dari segi Spesifikasi dan bentuk yang lebih ramping. Menurut saya pihak Sony lah yang pertama memunculkan isu akan munculnya PS5, isu tersebut sengaja disebar untuk mendapatkan tangapan dari berbagai mancam pengguna di pasaran, apakah banyak orang setuju atau tidak setuju, apakah beberapa tahun lagi merupakan waktu yang tepat untuk me-release PS5 di pasaran?, tentunya sebagai perusahaan yang besar seperti Sony, mereka ingin mengetahui hasil surevei dan tanggapan dari isu tersebut.
Sebenarnya dengan munculnya Xbox One X dan PS4 Pro yang ini merupakan sistem marketing baru dalam per-release-an sebuah generasi dari console, jaman dahulu pihak Sony atau Microsoft hanya mengeluarkan versi Slim atau Compact dari generasi console-nya, namu diera PS4 ini mereka malah mengeluarkan sebuah console dengan spesifikasi yang lebih tinggi namun tidak terlalu tinggi sehingga terlihat sangat nanggung.
Menurut saya dengan munculnya PS4 Pro dan Xbox One X ini membuat umur PS4/Xbox terasa masih panjang, mengingat PS4 Pro baru direlease Oktober 2016 dan Xbox One X baru Spetember 2017 nanti, tentunya jika ingin mengumumkan akan ada sebuah console generasi baru, saat ini merupakan waktu yang tidak tepat karena terlalu cepat. Namun sebenarnya untuk umur PS4 sendiri sudah menginjak 4 tahun, dan jaman dulu umur PS3 adalah 7 tahun jadi ya kemungkinan dalam kurun waktu 1-2 tahun lagi berita kemunculan PS5 akan dipublikasikan.


Apalagi saat ini PS4 telah mendominasi pasar home console dan memenangkan "console war", dengan penjualan sekitar 60 Juta unit, sedang Xbox One hanya diangka 26 Juta Unit, harusnya pihak Sony akan stay dan menikmati kondisi sekarang ini, namun tentunya tetap waspada, Sony ingin melihat seperti apa nanti penjualan Xbox One X di pasaran, apakah berjalan dengan sukses, jika memang sukses mungkin pihak Sony akan memunculkan berita lebih serius tentang PS5 sebagai "distraction".
Untuk info aja PS4 Pro release dengan harga retail 399$ (Rp.5.586.000) dan nyatanya sampai Indonesia menyentuh harga 7jt sedangkan harga retail Xbox One X adalah 499$ (Rp. 6.986.000) sampai Indonesia mau harga berapa 9jt? karena pasar console untuk harga segitu menurut saya tidak masuk akal.
Saya rasa tahun 2019/2020 merupakan waktu yang tepat, mengingat beberapa gameS exclusive PS4 yang masih akan release di 2 tahun ke depan. Kita tunggu saja seperti apa perkembangan dari console ini, mengingat perkembangan hardware yang semakin cepat dan mulai murah.

Semoga informasinya bermanfaat, Terimakasih.

- Setya Panca

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.