Cara Menangulangi Error Saat Login PSN

Saat mau login ke PSN sering kali terjadi error, entah itu kode Error NW-31453-6, NW-31456-9, E-80E80034, CE-32883-4 dll, Padahal koneksi internet kita baik-baik saja, bisa digunakan untuk browsing dll.

Hal ini terjadi biasanya dikarenakan IP Address yang kita dapat dari penyedia layanan internet (indihome, tsel, 3, XL, isat) sudah diblack list oleh Server PSN, jadi kita tidak bisa login menggunakan IP tersebut ke Server PSN, karena alasan keamanan.

Untuk mengetahui berapa IP Address yang kita dapat dari ISP, bisa di cek di web ini : whatsmyip.org
Jika kita tidak bisa login ke PSN, padahal koneksi internet kita baik-baik saja, ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan :

1. Mereset IP dari Modem/ Router/ Handphone

Cara mereset IP ini merupakan cara yang paling mudah dan cepat yang bisa kita lakukan, jika menggunakan Modem/ Router, langkahnya tinggal restart modem dengan menekan tombol On-Off yang biasanya berada di belakang perangkat modem/router tersebut, jangan lupa untuk memberikan jeda beberapa saat setelah dimatikan, lalau hidupkan kembali, maka biasanya server akan memberikan IP baru ke kita. 
Jika menggunakan Handphone, tinggal kita masuk ke mode Air Plane atau bisa juga On-Off kan Celluler Network pada menu setting, jangan lupa tetap kasih jeda beberapa saat saat proses di atas.
Sebenarnya lebih baik lagi jika sebelum melakukan langkah di atas kita selalu mengecek segmen IP yang kita dapatkan, berubah atau tidak IPnya.

Setelah IP berubah kita bisa coba login ke PSN lagi, jika tidak bisa ulangi langkah di atas. Untuk provider tertentu seperti 3 Three  nampaknya sudah benar-bener dibalck list sebagian besar segmen IPnya.

2. Menggunakan Proxy

Proxy secara general merupakan komputer perantara yang terhubung dengan internet, Proxy bisa kita gunakan untuk mengelabuhi server PSN, seakan-akan kita terkoneksi ke server PSN dengan menggunakan IP dari komputer yang kita jadikan Proxy Server.

Untuk mendapatkan proxy yang fresh bisa kita dapat dengan searching di google, namun bisa juga menggunakan web ini: freeproxylists.net

Dari web tersebut kita bisa memilih yang sudah support protocol HTTPS, karena login PSN harus menggunakan HTTPS, 
Untuk negara sembarang saja, yang penting kita cari yang Response dan Transfer nya yang paling bagus, karena ini mempengaruhi kecepatan download/upload.

Sebenarnya free proxy tidak terlalu bagus, karena 'free' jadi yang menggunakan proxy itu orang banyak, dan biasanya tidak bertahan lama. Untuk lebih bagusnya sebenarnya kita bisa menggunakan Privat Proxy, biasanya kita menyewa Privat Proxy tersebut.

Untuk panduan setting Proxy pada PS4 bisa ke web ini : INI

Sebenarnya ada cara lain yang cara kerjanya sama seperti proxy, yakni VPN, namun sayangnya VPN Client tidak bisa kita install di mesin PS4, namun ada beberapa Modem/ Router yang sudah support intall Open VPN pada perangkatnya.

Oke semoga informasi yang saya berikan bisa mermanfaat.

1 comment:

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.