Mengatasi Error Login PSN "The sign-in ID (email address) or password isn't correct."

Awal bulan Maret 2023, sepertinya ada sistem keamanan baru dari pihak PlayStation yang aktif. Error yang muncul saat kita login adalah "The sign-in ID (email address) or password isn't correct." atau "The sign-in ID (email address) or password is not correct.

Error di atas terlihat sederhana, menandakan kalau ada ketidak cocokan antara email dan password. Namun anehnya email dan password yang di berikan sudah 100% benar.

Masalah di atas mulai saya alami beberapa kali sejak awal bulan Maret ini, kendala di atas mirip sekali dengan gagal login error "An authentication error has occurred. Reset your password or contact customer support", saya pernah bahas dan berikan solusinya di artikel ini : INI.


Error baru ini saya rasa sedikit berbahaya bagi seller atau buyer, karena akan muncul kasus seperti berikut; 

- Pertama-tama munculnya error di atas di karena kan akun PSN di pakai login di dua kota yang berbeda, sehingga pihak PSN mendeteksi IP yang biasanya di pakai untuk login berbeda dengan IP yang mau login, seakan-akan mengindikasikan kalau akun akan di Hack oleh seseorang. Makanya sistem keamanan dari pihak PSN aktif.

- Kedua, Saat saya/seller mau login, walau email + password sudah 100% benar, saya di tolak untuk login. Muncul peringatan error "The sign-in ID (email address) or password isn't correct." atau "The sign-in ID (email address) or password is not correct."

- Ketiga, saat buyer mencoba untuk memastikan dan coba untuk login pun sudah tidak bisa, karena muncul peringatan error seperti di atas persis seperti saat saya mau login dan gagal.

Masalahnya muncul di ini, agar bisa login kembali maka buyer harus reset passwordnya, nah syarat untuk reset password minimal harus tau tanggal lahir yang kita masukkan di awal buat akun, ada beberapa customer yang asal memasukkan tanggal lahir saat membuat akun baru, sehingga dia akhirnya tidak bisa meng-verifikasi tanggal lahirnya dan akhirnya password tidak bisa di reset.

Setiap masalah pasti ada solusinya, jika customer masih login di PS4/PS5nya, ternyata solusinya masih sama dengan yang dulu, yakni dengan mengaktifkan 2 step verifikasi pada akun tersebut, berikut ini caranya :

Mengaktifkan 2 Step Verification

Caranya : 

  • Login ke akun PSN Seperti biasa, lalu masuk ke Account SettingSecurity - klik Continue - scroll ke bawah hingga ada tulisan 2-Step Verification - tekan Edit.



  • Lalu pilih Text Message - Add Mobile Number - lalu pilih +62 masukan nomor telepon kita di awali dengan 08xx - Klik Continue.


  • Akan ada pesan OTP masuk melalui SMS atau WhatsApp, masukan 6 digit kode ke halaman selanjutnya, lalu klik Verify.
  • Terakhir centang "I saved these backup codes for future use" lalu tekan tombol OK, (*WAJIB) untuk simpan/foto/screenshot kode backup yang tampil di layar, kode ini digunakan sewaktu-waktu jika layanan 2 Step Verification tidak dapat di gunakan. Setelah ini kita akan otomatis log out dan di minta login kembali menggunakan 2 Step Verification.
  • Untuk mematikan 2 Step Verification tinggal ulangi langkah di atas. Cara ini terbilang work karena setelah kita masukkan password maka server PSN akan mengarahkan kita ke halaman memasukkan kode OTP.


No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.