Apakah Aman, Charging DualShock 4 (DS4) Menggunakan Charger Handphone?



Controller DualShock 4 atau lebih dikenal dengan singkatan DS4 merupakan Controller yang kita gunakan dalam bermain PS4, namun kendala dari DS4 ini adalah ketahanan batre yang terbilang cukup lemah dibanding DS3 milik PS3. 

Banyaknya fitur dan sensor pada DS4 membuat penggunaan baterai yang cukup boros sehingga kita akan semakin sering dalam mengecas DS4 kita, sangat menyebalkan rasanya jika saat sedang asik bermain game tiba-tiba DS4 kita terputus koneksinya karena kehabisan batre. 
Salah satu alternatifnya tentu kita bermain sambil ngecas menggunakan kabel pendek (1.5m) yang sudah disediakan oleh Sony, namun tentunya karena kondisi kabel yang pendek membuat kita merasa tidak nyaman karena harus terlalu dekat dengan layar TV. 

Alternatif lainnya tentunya kita harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli aksesoris tambahan Charging Docks dengan range harga 150 - 400rb.
Namun sebenarnya kita bisa menggunakan alternatif termurah yakni menggunakan charger dari handphone kita, namun sebelum itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum kita mengecas DS4 menggunakan charger handphone. Berikut ini akan saya jabarkan.


DualShock 4 membutuhkan daya 5v - 800mA (atau 0.8A)

Dari keterangan di atas bisa disimpulkan bahwa, DS4 membutuhkan daya 5v untuk bisa bekerja dengan normal dan melakukan cas pada baterai dari DS4. Sedang 500mA merupakan arus yang dibutuhkan.

Jadi misal saya memiliki 2 charger :
1. Charger Handphone Sony dengan Output DC 5v - 2.1A.
2. Charger PS Vita dengan Output DC 5v - 1.5A.


Apakah kedua charger di bisa di gunakan? jawabannya adalah tentu BISA, selama adaptor itu memiliki daya 5v dan nilai Amperenya SAMA atau LEBIH BESAR, maka charger tersebut bisa digunakan. Biasanya kalau Amperenya besar maka proses chargingnya akan memakan waktu lebih cepat.


Bagaimana jika saya memiliki Power bank dengan Output DC 5v - 2A, maka akan sama seperti di atas power bank tersebut tetap BISA kita gunakan untuk charging DS4 kita. 

Namun saya tidak merekomendasikan melakukan charging menggunakan powerbank sering-sering karena banyak beredarnya Power bank KW yang mana arus listrik yang mengalir dari baterai di dalam power bank ke baterai DS4 tidak stabil. Power bank yang benar-benar bagus dan bermerek biasanya mahal. 
Jika ada kasus saya memiliki charger handphone lama dengan daya Output 5v - 500mA (05.A), apakah bisa di gunakan, jawabnya tentu bisa juga, TAPI karena Amperenya kecil jadi proses charging akan memakan waktu lebih lama, dan misalkan kita bermain game sambil charging menggunakan output ini makan biasanya DS4 akan mati kehabisan batre, karena daya yang masuk lebih kecil dari pada daya yang keluar.
Yang sering jadi masalah adalah saat kita menggunakan charger handphone yang memiliki fitur Fast Charging, fitur ini biasanya memiliki 2 output tegangan, yang pertama adalah 5v (utk normal charging) dan 9v (untuk fast charging nya), saat kita menggunakan charger model ini biasanya DS4 akan terasa sangat panas dan akhirnya terbakar, setelah dingin dan biasanya tidak bisa digunakan lagi. Jadi saya sarankan untuk menghindari charger tipe ini.
Untuk awet tidaknya DS4 saat di cas menggunakan charger handphone, saya sudah searching namun memang banyak pro dan kontra,  ada yang tidak masalah selama bertahun-tahun dan ada yang mengalami kendala, namun kendala di sini saya baca-baca kemungkinan mereka menggunakan charger KW dan rata-rata merek Samsung yang secara tidak sadar ternyata memiliki fitur fast charging

Kalo menurut saya pribadi selama masih menggunakan charger yang memiliki kualitas bagus dan dayanya sesuai, harusnya DS4 kita tidak ada masalah. Yang jadi masalah karena diluar sana banyak beredar charger KW.

UPDATE* 14 Desember 2019
Saya baru saja membeli charger handphone di toko jepang  terkenal yang biasa menjual pernak-pernik aksesoris bernama Usupso, saat itu saya di tawari 2 model charger, yang Multi Output (95rb) dan Single Output (65rb), akhirnya saya putuskan untuk mencoba yang Multi Output (di kalim lebih cepat dalam nge-cas Handphone), nah charger dengan multi output ini sangat tidak di sarankan untuk charging DS4, karena di DS4 tidak ada chip pintar atau semacam otak yang bisa memisah atau memilih tegangan yang akan dia terima

Jika kita menggunakan charger jenis ini ada kemungkinan besar DS4 kita akan rusak, memang tidak langsung rusak tapi akan lebih cepat memicu kerusakan baik itu secara battery atau komponen board lainnya.  Oiya saat saya coba Charger Multi Output ini di handphone saya 6s Plus, saat dalam posisi nge-cas layar HP jadi tidak responsive, ini tandanya tegangan yang masuk tidak sesuai atau mempengaruhi sensitivitas layar, memang 6s Plus saya tidak langsung rusak, karena di handphone ada pembatas daya yang masuk, battery hanya menerima tegangan sesuai yang dia minta.


Sebagai tambahan informasi :
  • Daya 5v - 0.5A : Biasanya digunakan pada USB 2.0 pada laptop dan komputer. port USB berwarna hitam.
  • Daya 5v - 0.9A : Biasanya digunakan pada USB 3.0 pada PS4, laptop dan  komputer port USB berwarna biru.
  • Daya 5v - 1A : Biasanya digunakan pada charger Smartphone kita sekarang ini.
  • Daya 5v - 2A : Biasanya digunakan pada charger tablet, seperti iPad dan Samsung Note.
Battery pada DS4 memiliki daya 3.65V - 1000 mAh, dengan kondisi siklus pengisian :
  • Bertahan 1,200 – 1,500 kali charger dalam kondisi 50-100% battery
  • Bertahan 300 – 500 kali charger dari kondisi 0 ke 100% battery 
Jadi misal dalam 1 hari kita main dan baterai kita habis total lalu kita charge lagi hingga 100% maka umur dari DS4 kita cuma sekitar 1 tahunan lebih dikit aja, dari siklus diatas dapat diambil kesimpulan DS4 lebih sering kita charging makan umur baterai akan lebih awet. 

Dan tentunya semua barang elektronik memiliki umur yang akan habis jadi cepat atau lambat pasti akan rusak. Harga sparepart battery DS4 di tokopedia sekitar 100rb, ada juga battery yang memiliki daya 2000 mAh namun tentunya battery dengan daya segitu tidak standar.

*UPDATE 16 OKTOBER 2018
- Saya lakukan test charging DS4 dari 0-100% menggunakan charger 5v-2.1A membutuhkan waktu 2 jam 15 menit.


Sekian informasi dari saya semoga dapat bermanfaat.

86 comments:

  1. Waktu di cass stick psnya hidup atau mati lampunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampunya nyala warna kuning biasanya, kalau sudah penuh battery nya indikator lampu akan mati, ini berlaku saat kita cas lewat PS4, powe rbank atau adaptor..

      Delete
    2. Saya baru pertama kali beli stickps4 ori tapi gk dapet kabel ces nya dan saya beli yg wirelles, dan kalo di cas itu lampunyaa nyala redup nyala redup itu gpp apa gimana?

      Delete
    3. Normal itu, lampu redup nyala memang, kalau dah penuh lampu akan mati..beli stick terpisah memang tdak dpt kabel, cuma ada buku manual aja... https://hydeist666.blogspot.com/2017/02/cara-membedakan-stick-dualshock-ps4-ds4.html

      Delete
    4. Gan cara ngatasin stik ps4 yellow light gmn ya

      Abis saya koneck ke android trus ga bisa pake lagi yellow light aja

      Delete
    5. Coba di reset aja pairing stick-nya, di pencet pakai peniti lubang di bagian belakang sebelah kiri dari DS4

      Delete
  2. Waktu di cas kok kedip warna oranye nya kok bentar terus tidak berkedip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya menyala orange bukan hidup mati, cuma warna orange nya redup dan menyala.. mungkin stick DS4 nya versi KW, coba cek ciri2nya : https://hydeist666.blogspot.com/2017/02/cara-membedakan-stick-dualshock-ps4-ds4.html

      Delete
  3. Apakah aman gan nge charge dualshock di usb pc , terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya tentu BISA, namun, perangkat USB di komputer biasanya punya arus yang berbeda beda, dan biasanya colokan USB biasa yg 2.0 (warna hitam) biasanya arus nya cuma 0.5mA, sedangkan stick DS4 membutuhkan 0.8mA, jadi proses carging akan memakan waktu lebih lama, dan kalau kita pakai untuk main DS4 nya, maka akan memakan waktu lebih lama lagi, karena arus yang keluar lebih besar dari pada arus yang masuk.

      Delete
    2. Kalau masalah aman atau tidak harusnya sih AMAN aja karena voltase nya sama 5V.

      Delete
  4. Gan mau nanya, apakah kalo ngecas terlalu lama bisa menyebabkan batre ds4 bocor walaupun cas dri konsol nya lgsg, misalnya dicas selama 10jam apa masih Aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Battre jaman sekarang sudah punya kemampuan memutuskan daya saat battre seudah penuh jadi harusnya aman aja, saya malah sering kasil lebih 1-2 jam dari kondisi full battre.

      Delete
  5. halo halo . nanya dong kalo misal nya cas pake kabel hp tapi colok di usb port ps 4 . aman kah untuk stik nya berjangka panjang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya aman aja, tidak ngaruh, cuma biasanya kalo pake kabel bawaan akan lebih cepat

      Delete
  6. Kalau charger oppo 5v-1000ma bisa gak bozz buat cas DS4 kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman aja, cuma pasti lebih lambat ngecasnya, 1A itu aslinya di bawah itu kalo benar-benar di cek.

      Delete
  7. misi mau nanya, kok saya nge cas pake charger hp gamau nyala ya lampunya? stik ori sony indo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kualitas carger HP bermacam-macam menurut saya, ada yg ori bawaan HP ada yg KW, tegangannya pun macam-macam, sejak munculnya HP dengan fitur fast carging. Jadi misal sekiranya ngecas stick DS4 lampu tidak menyala, saya sarankan utk jangan di teruskan, kalau ngecas saya lebih sarankan pake carger dengan Ampere yg rendah, ngisi nya pelan tapi pasti.. hehehe..

      Delete
  8. Bro mau tanya stuck PS4 saya yg model lama yg CUHZCT1U saya charge pakai charger hp tapi lupa saya cabut pas penuh apakah masih aman bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya batre model baru lithium di semua stick PS4 sudah memiliki fitur untuk memutus daya jika sudah penuh, jadi harusnya sih aman aja, yang berbahaya jika over tegangan cas..

      Delete
  9. Mau tanya min, saya cas DS 4 dengan adaptor HP advan (5v, 2A).stelah 4x cashl, DS4 saya setelah cas terus berkedip lampu kuning dan sistem wireless nya tidak bisa terpakai lagi jadi harus dipake dgn kondisi terpasang ke ps4 atau dicas. Apakah itu ad pengaruh dari adaptor cas nya ya min? Trims b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah coba di reset dulu DS4nya, tekan dan tahan tombol pin di bagian belakang DS4 selama 10-15 detik? Ya itu harusnya sih tidak ada masalah, itu charger nya original bawaan HP nya kah? karena banyak sekali adaptor KW yang ada di pasaran jadi memang paling aman nge cas menggunakan kabel usb bawaan langsung ke PS4 sih, atau pake tegangan yg 5V-1A, yang paling mendekati 0.8A. Atau mungkin bisa di test sambung kan ke laptop menggunakan software DS4Windows, untuk mematikan apa bluetooth nya memang mati atau hanya perlu di reset.

      Delete
    2. Sudah coba saya reset min, tp ttp ga selesai. Charger bawaan HP (ori). Untuk ds4 nya sudah dibawa seller untuk klaim garansi sih min, cuma saya antisipasi untuk ke depannya. 🙏
      Berarti paling safe ya dicas via ps4 langsung ya min?

      Delete
    3. Iya mas, kalau saya memang jarang cas menggunakan charger handphone, kadang-kadang aja, lebih sering nge cas tetap pakai kabel bawaan dan nyambung ke PS4, kalau USB di depan PS4 itu mengeluarkan daya 5V - 500mA sampai 1A, harusnya Ampere tidak pengaruh sampai bisa ngerusak DS4, itu cuma arus, makin besar makin cepat ngisi nya, kalau voltase beda baru bisa ngerusak DS4, cuma ya kembali ke barang elektronik, kadang ada yg model2 seperti ini. Kalo garansi resmi nanti di tuker baru biasanya.

      Makasih informasinya

      Delete
    4. Siap min. Terima kasih juga masukannya. Sukses terus.

      Delete
    5. Jebol itu bro,2 ampere tuh kegedean, memang nge charge nya jd lebih cepet, tpi ngerusak daleman ds4 nya karena arus nya jauh kegedean dari spek si dst tersebut

      Delete
  10. Min mau nanya, ps4 saya casnya kan pakai kabel usb stik ds4 yg barusan di beli harganya murah kayaknya palsu, setiap hari mainnya sambil di cas karena boros battrennya sama kabel usb ny cepet rusak dari ds4 nya jadi gonta ganti trus min kbelny,itu kenapa ya min "tolong dijawab min"

    ReplyDelete
  11. Min mau nanya, ps4 saya casnya kan pakai kabel usb stik ds4 yg barusan di beli harganya murah kayaknya palsu, setiap hari mainnya sambil di cas karena boros battrennya sama kabel usb ny cepet rusak dari ds4 nya jadi gonta ganti trus min kbelny,itu kenapa ya min "tolong dijawab min"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau kabel usb yg bagus coba beli merek ini Anker Powerline Micro Usb 3 Ft Fast charging - Hitam - RafaCRD07 | Tokopedia. Kalo DS4 rusak, ini pemakaian pribadi atau rental mas? Pastikan jg ds4 yg di beli original, di blog ini ada panduan cara hemat baterei sama cara cari tau ds4 asli atau kw, coba aja cari.

      Delete
    2. Bukan ds4 nya rusak min, tapi kabelnya cepet rusak min, jdi gonta ganti, pemakaian pribadi min, kalau harga stik yang original itu brp min dan dimana juga belinya yg dtpt aman min, terimakasih sebelumnnya min

      Delete
  12. Kalo kabel coba beli merek angker Powerline itu, infonya sih kuat bgt, harga juga ga mahal, cari di tokopedia mas. Kalau DS4 sekarang cari yg original sudah agak mudah, cari aja yg ada stiker hologramnya, atau beli di dealer resmi ps di indo kayak GS Shop, Multigame, PS Enterprice, Play Inc, rata2 mereka ada webnya jd bisa beli via web, itu di jamin 100% original

    ReplyDelete
  13. ds4 ane tiba2 mati, tombol psnya
    kalo dipecet2 gak mau idup.
    nah anehnya kalo di sambung charger dia langsung nyala, tp beberapa detik lgsung mati lagi dan gak ngecharge sama sekali. kan kalo charge ada led kuning ya..ini gk ada

    kira2 kena apanya ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya sebelumnya saya kalo ngecharge ds4 and pake chatger hp, kira2 menurut agan itu bukan ya penyebabnya?

      soalnya ane takut ds4 yg satu lagi kena kejadian yg sama.

      makasih sebelumnya

      Delete
    2. Mas ngecas pake carger HP tipe apa? brapa volt? kalau dari beberapa komentar di atas ada kasus yang sama, setelah di cas menggunakan charger HP, DS4 langsung mati total. Coba dalam keadaan mati, mas tekan dan tahan tombol PS+Share, tunggu sampai lampu DS4 berkedap kedip. apa masih bisa? Sudah coba tekan dan tahan tombol reset di belakang DS4 pake jarum? kalo DS4 di colokin ke charger baik itu USB laptop biasanya memanya menyala kuning sebentar terus mati, itu normal. Coba juga sambungkan ke kompute yg sudah pakai windows 10, biasanya akan terdeteksi, trus coba install program ds4windows, utk cek apakah DS4 berfungsi dengan baik.

      Delete
  14. Stick ds4 main di laptop bisa ?
    Tapi pake kabel micro hp bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cas di usb laptop tentu bisa, cuma kadang suara tiba2 tidak keluar kalau sambil di pakai main, krna windows 10 deteksi ada audio di stick, cuma ga masalah.
      Pake kabel HP juga bisa, cuma saya saran kan pake kabel bawaan aja

      Delete
  15. Di bawah stik kan ada lubang usb jg, sepertinya type c.. bisa lewat situ juga donk ya ngcasnya? Soalnya liat dock charger ps4 posisinya pas lubang itu ngecasnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah saya baca di sini https://www.quora.com/What-is-ext-on-a-PS4-controller itu bukan usb C mas, memang bisa utk ngecas pake aksesoris khusus, atau utk aksesoris lainnya kayak keyboard..

      Delete
  16. Nah itu kurang tau saya mas, kayaknya buka usb tipe C ya, cuma memang ada aksesoris utk ngecas lewat situ..trus port itu juga ke pake utk aksesoris back button yg nambah 2 tombol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh harus buru2 saya batalin nih pesenan usb type c nya di olshop.. kemungkinan besar port itu bukan usb type c ya mas..
      Tadinya mau eksperimen, soalnya liat dock charger nya nancep di bawah ds4..

      Delete
  17. Mas,saya baru beli Ps4..Batre ds4 tinggal 1 saya cas pake ps,hidup warna kuning..saya pake mode istirahat,,saya hidupkan ps pake stik,lampu warna kuning mati dan ke biru,di layar Tv batre jg sudah full tidak jalan padahal cas kurang dr 1jam..saya matikan ps mode istirahat lampu kuning gak hidup,saya cabut pasang usb kuning hidup 1x aja,,pake cas'an hp jg sama hidup lampu kuning 1x aja,,apa itu batre ds4 sudah full??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti sudah penuh mas batreinya, kadang indikator baterai di pd ga gitu valid, kemungkianan sudah full, coba aja di pakai normal tahan brpa jam..

      Delete
  18. Kalau benar-benar habis biasanya indikator baterai di ps kedap kedip, saya malah sering lupa sampe disconnect kehabisan baterai

    ReplyDelete
  19. paling aman berarti charge ds4 di rest mode, pas indikator batre tinggal 1 bar ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup bisa di bilang begitu, rest mode listrik dari ps4 sedikit tp bisa ngecas, pastikan juga pake kabel ori.. kalau kebiasaan saya tetep pas sambil main, tp kalau sudah penuh saya cabut dan mainkn sampai batrei habis, di ulang lagi..

      Delete
  20. mas ni stick ps4 aq di cas lampu kuningnya nyala trus g nyala lagi... apa stick aq sdh rusak ya??? mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyala sebentar trus mati ya mas,ada kemungkinan kerusakan hardware atau kerusakan IC yg kontrol untuk ngecas mas.. solusinya ya teraksa di service.

      Delete
  21. sticknya g bisa di cargeer mas...mohon solusinya

    ReplyDelete
  22. Gan stik ps4 saya ketika batrenya rendah kadang suka terputus sambungannya sendiri kadang suka konek sendiri. Dan tombol ps di ds4nya kadang tidak berfungsi. Itu kira kira knpa ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada kerusakan hardware mas, atau memang pas dapat kualitas stick yg jelek atau mas salah beli yg stick KW. Tiba-tiba mati tandanya indikator batrei nya tidak akurat..

      Delete
    2. Bang, kalo ngecas pake Casan HP ku yang 5v-4A apakah aman mas? Cas yang kupake cas HP Realme 3 Pro Original yang fast charging 20w

      Delete
    3. Mending ke PS4 nya aja mas, kalau ada fitur fast charging biasanya akan merusak stick cepat apa lambat

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Wahh keren ulasan2nya trima kasih bnyk bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas, semoga arikelnya bisa bermanfaat utk temen2 yang baca

      Delete
  25. Mas kalo boleh tau saya memiliki charger handphone, dari bawaan beli handphone bukan yang kw. dengan Output 5v-4A bisa Gakk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan Amperenya terlalu tinggi.. biasanya awalnya bisa ngecas, tapi utk jangka panjang tidak baik..

      Delete
  26. min mau tanya . ini ds4 saya kok di cas pakek cas hp kok kedap kedip warna oranye terus ya . padahal udah lama banget min ngecasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya kalau sudah penuh lampunya mati sih, cuma mungkin indikator battery nya error, memang tidak terlalu di rekomendasikan cas pake carger hp krna voltasenya beda-beda.. kalau mau coba di reset DS4 nya, tusuk lubang di belakang sebelah kanan, tunggu 30 detik

      Delete
  27. Hallo mass,
    Mau tanya, stik ps4 saya..harus selalu pake kabel, kalo di lepas indikator kasih tau lobet..tp pas dipasang indikator di tv menunjukan batre sedang terisi..(pengisian berjalan). Tp batre tetap tidak terisi walopun dicass sampe 1 jam..
    Tolong solusinya mass..terimakasih

    ReplyDelete
  28. Coba reset sticknya. Paling sering kalau indikator batre ga akurat itu karena stick nya KW, jd battre dari stick KW kadang kalau full cuma 60-70% aja supaya ga ketahuan mereka buat status ya selalu 0%..

    ReplyDelete
  29. Pertama x beli stick nya kan saya nge charge stick nya pakai charger 5v~1amp, pertama x ngecharge lampu stick warna orange kedip" sampai hilang kedip nya (udah full)
    Terus ngecharge kedua (karena udh main 4jam) cuma idup lampu orange sekali, abis itu ga kedip" lagi.
    itu kenapa ya gan ?
    Apa harus di pakai sampai habis batere stick nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya kalau dia cas saat tidak di gunakan itu lampu orage kedap kedip perlahan, lalu akan mati kalau sudah penuh..
      Kalau sedang di gunakan main lampu oranye solid menyala..
      Saya sarankan sih cas langsung via PS4 mas..supaya lebih awet

      Delete
  30. Gan kalo abis ganti analog terus jadi gamau nyala kenapa ya ? Apa ada kemungkinan overheat di ic nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek kembali siapa tau ada konektor yg belum di colokin..

      Delete
  31. mas, sy baru beli dobe charging dock ps4 dari toped itu https://www.tokopedia.com/lbgm/dobe-led-indicator-mini-usb-dual-charging-station-dock-ps4-controller?whid=0, apakah aman untuk jangka panjang stik ps4nya? sy colok pakai kabel bawaan dari dia ke kepala charger 5V 1A.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa kalau aksesoris yg di khusus kan utk carger DS4 ini lebih aman, ketimbang carger handphone kw. Lagian merek DOBE juga sudah merupakan merek terkenal. Saya rasa akan awet aja jika menggunkan ACC ini.

      Delete
  32. Mas. Maksimal cas stik brp jam sambil main

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasa 2-3 jam pas sedang main, setelah penuh langsung saya lepas, saya mainkan juga sampai 1 bar indikasi batre, tdak benar-benar sampai habis. Stick saya awet pemakaian normal selama 4thn.

      Delete
  33. min kalo ngecasnya pake kabel bawaan ps4 tapi kepalanya casannya pakai cas an hp ,apakah aman min?

    ReplyDelete
  34. Saya tdk menyarakan mas kalau pake carger HP, krna byk kasus yg stik rusak krna di cas pake adaptor bawaan hp.. paling aman di cas via ps4 aja 🙏🏻

    ReplyDelete
  35. Gan..ds4 ane kok klo di cas lampunya warna merah yah, trs udah di cas lama tp begitu di pake langaung hbs batterynya gan..itu knpa yah. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan kerusakan pada IC power mas, biasa di akibatkan over voltages atau kualitas stick cacat pabrik atau KW

      Delete
  36. min kalau ngecas pake kabel hp tapi nyambung ke laptop itu aman ga?

    sama kabelnya itu sudah support fast charging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya aman sih, soalnya power usb laptop itu stabil dan rendah. untuk kabel sebaiknya pakai kabel bawaan. Kalau memang tidak ada ya mau tidak mau

      Delete
    2. maksudnya ngecas via laptop.

      terus yg jadi pertanyaannya itu, kalau pake kabel data yg udah support fast charging aman ngga?

      Delete
    3. Aman kalau via usb laptop, soalnya kalau kita di PS4 pun tegangannya sama, kalau maslah kabel harusnya fitur fast carging nya ga aktif krna power dari usb kan tidak fast carging

      Delete
    4. baik min, terima kasih untuk pencerahannya

      Delete
  37. Gan, apakah ada referensi utk kepala charger & kabelnya utk cas DS4?
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh apa ya, kalau saya paling pakai kepala charger 5v dan 1.5-2A bawaan iphone, yang penting tegangannya sesuai Ampere nya jgn lebih dari 2A

      Delete
  38. Maaf mau nnaya soalnya saya msih awam, kalau kepala charger saya 5V = 2A apakah bisa? Dan kalau kita charger di laptop/Ps2 apakah bisa? Terima kasih.

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.