Remote Play PS4 menggunakan iPhone iOS


Remote play PS4 selama ini hanya bisa dilakukan di PC, PS Vita dan Handphone merek Sony Xperia, Remote Play sendiri merupakan sebuah fitur yang diberikan oleh Sony yang dapat mengirim output video dan audio ke perangkat lain selain TV. Jadi secara singkat kita bisa melakukan mirroring game yang sedang kita mainkan di PS4 ke layar yang lebih kecil seperti layar Handphone, Tab atau PS Vita, sehingga seakan-akan kita memiliki tv ke 2 atau layar portable.
Selama ini saya sudah mencoba remote play menggunakan PS Vita dan Laptop, dan hasilnya ya cukup lumayan lah, hal ini bisa menjadi alternatif saat tv kita sedang di pakai keluarga yang lain untuk menonton acara tv, padahal kita sedang asik-asiknya bermain sebuah game, remote play menjadi sebuah alternatif. Tidak itu saja, jika kita mau menghemat pemakaian listrik remote play menjadi solusinya, kita tidak harus menyalakan tv untuk bisa bermain PS4. Atau mungkin kita hanya ingin bermain game santai dan sambil berbaring di sofa atau kasur, remote play menjadi solusi untuk semua masalah tersebut.
Baru-baru ini saya baru mengetahui kalau ada aplikasi resmi di AppStore iOS yang memberikan future remote play ini ke handphone iOS, nama aplikasinya R-Play - Remote Play for PS4 (Link). Namun aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar seharga 11.99$ (Rp.179.000). Namun saya rasa cukup worth it untuk di beli jika kita ingin bermain secara portable. App R-Play ini dapat digunakan di berbagai macam device iOS mulai iPhone 5 dan juga iPad Generasi ke 4 yang menggunakan minimal iOS 10.
Cara menyambungkan PS4 ke handphone iOS juga terbilang sangat sederhana, pertama kali kita harus masuk ke Setting lalu membuat profile, lalu memasukan Username dan Password PSN, di sini kita bisa membuat lebih dari 1 profil untuk keperluan memainkan game menggunakan DS4. Jika kita tidak punya PSN id pun aplikasi ini menyediakan form untuk mendaftarkan id baru.

Setelah membuat profil, kita menuju ke PS4, masuk ke menu Setting - Remote Play Connection Setting - lalu beri contreng pada Enable Remote Play dan Connect Direct with PS Vita/PS TV kemudian pilih Add Device, lalu akan muncul 8 digit angka yang perlu kita masukan di aplikasi R-Play, lalu terakhir klik tombol Register pada R-Play.
Selanjutnya kita tinggal tekan tombol Play pada tampilan utama aplikasi R-Play dan otomatis layar pada tv akan mirror ke handphone kita, beserta digital controllernya, jika kita ingin menggunakan DS4 sebagai controller utama kita bisa load profile lain, dan menjadikannya profile tersebut sebagaik DS4, sehingga kita bisa bermain di id primer kita.
Remote Play ini bisa dilakukan via lokal di jaringan lokal LAN (tanpa internet) ataupun menggunakan internet, namun perlu diperhatikan jika kita ingin menggunakan jalur internet untuk remote play ini dibutuhkan koneksi internet yang cepat baik di rumah/ pada PS4 kita dan internet saat kita lagi ada di luar, dan posisi PS4 harus dalam keadaan ON atau pada Rest Mode. Logika jaringan adalah dirumah PS4 butuh koneksi cepat untuk upload video game yang kita mainkan, dan di handphone kita butuh ping kecil dan bandwidth besar untuk mendownload video hasil streaming dari PS4 kita di rumah.
Untuk pengalaman yang maksimal juga kita harus menggunakan koneksi kabel utp ke PS4 dan mengeset Wifi Router dan PS4 pada frekuensi 5GHz yang lebih stabil.

Oke lanjut ke kesimpulan yang pernah saya rasakan, Saya belum pernah test remote Play menggunakan internet, selama ini saya cuma mencoba via loka aja, mungkin kedepannya rencana akan saya coba via internet. Saat saya menggunakan jaringan lokal sebenarnya dibutuhkan router wifi yang memiliki koneksi lokal kencang, Saat saya melakukan remote play di PS Vita, dan ada istri yang sedang streaming layarkaca21 atau youtube, biasa gambar akan menjadi pecah dan patah-patah. Namun saat saya menggunakan sendirian malam hari koneksinya lancar jaya. Input control lag juga menjadi sedikit kendala, Remote play tidak cocok digunakan saat kita memainkan game dengan fase cepat, seperti main FIFA, PES Call of Duty, Battlefield dkk, karena saat kita menekan tombol misal X maka akan ada sepersekian detik delaynya. Remote Play cocok untuk permainan yang santai seperti game-game RPG, saya bermain Dragon Quest XI untuk leveling up, karena yang saya lakukan cuma berulang-ulang jadi saya tidak perlu menampilkannya di layar tv yang besar.

Oke semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.