Review : Horizon Zero Dawn (PS4)


Horizon Zero Dawn (HZD) merupakan game bergenre action role-playing yang didevelop oleh Guerrilla Games yang sebelumnya sudah sukses membuat franchise Killzone. HZD ini sebenarnya sudah di develop sejak tahun 2011 dan baru di release awal 2017, memang waktu develop yang terbilang cukup lama ini akan memberikan sebuah hasil yang tidak mengecewakan.

Gameplay :

HZD merupakan game action rpg yang mengambil sudut pandang orang ketiga, kita akan mengendalikan tokoh protagonist bernama Aloy, yang akan bertualang dalam dunia yang telah hancur porak poranda setelah kiamat. Uniknya dalam game ini adalah setting peradaban manusia sedang menurun, jumlah manusia yang sedikit maka mereka harus berkelompok-kelompok lalu membuat suku-suku yang kembali ke seperti jaman masa purba dan anehnya daratan saat itu dikuasai oleh robot-robot bioteknologi canggih yang berbentuk menyerupai hewan. Di sini tugas Aloy untuk mengungkap misteri kenapa semua ini bisa terjadi.
Game ini mengambil tema open world yang terbilang tidak terlalu luas dan tidak juga terlalu kecil, saya merasa cukup pas dengan map open world pada HZD ini. Dalam menghabisi musuh Aloy bisa menggunakan beberapa teknik, seperti serangan langsung menggunakan tombak, membunuh dengan cara mengendap-endap lalu bisa menggunakan panah atau jebakan. Selain musuh-musuh kecil terdapat juga musuh berukuran besar, semacam boss dalam game ini. Game ini menggunakan mekanisme RPG, jadi karakter utama bisa level up dan kita bisa mengambil spare part dari musuh yang sudah kita bunuh untuk keperluan upgrade senjata atau membuat armor baru yang akan mempermudah petualangan kita kedepan nya.
Grafis :
Grafis dari game ini sangat-sangat indah, dunia yang terdiri dari hutan-hutan, gurun, perairan, dan daerah pegunungan bersalju terlihat sangat-sangat megah dan indah. Siklus siang-malam dan perubahan cuaca yang dinamis membuat dunia dalam HZD ini terasa hidup terkesan tidak membosankan. Tampilan grafis yang sangat bagus ini tidak lepas dari sebuah engine game bernama Decima, engine ini terkenal ringan namun bisa memberikan tampilan yang cukup detail. Sampai-sampai Kojima akhirnya memutuskan akan menggunakan engine ini untuk game terbarunya di PS5 Death Stranding.
Siklus pagi-sore dan siang-malam pada game ini sangat terasa sangat menawan, pada malam hari pantulan sinar bulan yang kebiruan dan adanya kunang-kunang pada semak-semak mempercantik game ini. Pada sore atau pagi hari tampak matahari yang akan terbenam membuat suasana yang sungguh memukau.
Detail animasi pada musuh-musuhnya sangat detail sekali, komponen-komponen yang akan hancur dan lepas jika karakter utama menyerang menggunakan senjata elemen tertentu membuat saya ter kagum-kagum. Setiap musuh juga memiliki karakteristik dan pola menyerang yang berbeda-beda. Animasi karakter utama dan berbagai macam armornya cukup detail sekali, namun sayangnya kostumisasi karakter utama terbilang sangat sedikit, padahal saya melihat banyak npc-npc yang memiliki tato, pakaian dan aksesoris yang unik-unik, yang mana saya berharap kalau tato dan acc tersebut nantinya bisa kita gunakan pada karakter utama, namun ternyata sampai akhir game hal tersebut tidak terjadi.
Kalau saya perhatikan game ini sering sekali melakukan close up wajah karakter utama, dan saya bersyukur karakter utama dari game ini adalah wanita, dari close up wajah ini saya menangkap kalau animasi expresi wajah dari game ini sudah mendekati expresi wajah pada manusia, expresi sedih, takut, bingung dan marah saya bisa menangkap semua ekspresi tersebut, membuat game ini menjadi terasa lebih hidup. Facial expression terbaik masih dipegang game LA Noire di PS3 menurut saya.
Story:
Story dari game ini saya bilang cukup matang, semua hal yang ada di dunia HZD ini akan mendukung semua story yang ada. Sebuah misteri mengawali cerita dari game ini, dimulai dari sebuah ketidaktahuan mengenai dunia yang ada di HZD ini lalu kita dan karakter utama akan dibawa perlahan-lahan untuk mengungkap tentang misteri besar yang menyelimuti dunia HZD. Karakter-karakter pendukung juga memperkuat story dari game ini, saya bisa bilang game ini memiliki ending yang cukup bagus dan tidak hanya memiliki story yang lurus namun disertai dengan tragedi dan misteri yang akan membuat kita semakin penasaran dengan dunia dari game ini.
Misteri munculnya mesin-mesin canggih di daratan merupakan sebuah hal yang akan dipecahkan dalam game ini, tidak itu saja cerita game ini akan terasa sedikit personal saat sudah berada di tengah-tengah permainan. Aloy sang karakter utama merupakan sebuah karakter kunci yang akan membawa sebuah perubahan besar dan sebuah karakter yang akan mematahkan tradisi suku yang sudah lama ada dalam game ini.
Sound :
Voice acting merupakan salah satu kunci membuat sebuah karakter video game menjadi hidup, dan HZD ini berhasil membawakan hal itu. Setiap main story di iringi dengan narasi percakapan yang cukup menarik untuk diikuti, membuat kita seakan-akan menonton sebuah film action. Back sound saat-saat kejadian tertentu juga terasa megah, cocok sekali menggambarkan dunia post apocalypse pada game ini.
Overall:
Game yang di eksekusi cukup sempurna, sempurna dari segala aspeknya, story yang kuat didukung dengan gameplay yang solid menjadikan game ini memang layak mendapatkan gelar game terbaik 2017. Namun saya rasa game ini tidak tidak bisa dinikmati oleh semua orang, aspek RPG membuat game ini sedikit ribet dimana kita harus leveling, grinding, craving komponen-komponen tertentu supaya bisa melanjutkan petualangan dari game ini. Minus lagi dari saya adalah jumlah varian musuh yang tidak terlalu banyak jadi saya merasa seperti melawan musuh yang berulang-ulang terus menerus, harusnya sih musuh boleh sama persis, paling tidak rubah aja warna pada komponen tertentu yang menandakan kalau musuh itu lebih kuat, misal warna hitam/ungu logam baja, yang identik dengan sesuatu yang lebih keras dan kuat.
Tokoh utama pun menurut saya kurang kuat karakternya, tidak tau kenapa ya terlihat biasa aja. Namun untuk keseluruhan saya sangat menyarankan untuk memainkan game ini, sebuah game exclusive untuk PS4 yang merupakan sebuah mahakarya untuk generasi next gen console PS4.

Just info :
Saya sudah menamatkan game ini 2x, 1 dalam mode Easy yang kedua dalam mode New Game Plus Ultra Hard, kedepannya ingin main 2x lagi dan menyelesaikan misi DLCnya The Frozen Wilds .

Score : 9/10 (Impressive)
Saya memainkan pada : PS4 Pro, 4K HDR.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.