Trophy System di Playstation



Holla sobat gamers semua, kali ini saya akan membahas tentang "Trophy" dalam Playstation, apa sih sistem trophy itu?

Jadi secara tidak sadar saat bermain sebuah games sebuah pop up akan muncul di pojok kiri atas disertai dengan bunyi yang khas "Cling", dan ada gambar sebuah piala, yup betul itulah trophy yang ter-unlock, jadi sebuah trophy tertentu akan muncul jika kita melakukan atau memalui suatu hal-hal/syarat yang unik dari game tersebut.


Dari setiap game memiliki sebuah set terophy yang berbeda-beda, dan cara mendapatkannya juga berbeda-beda, sebuah trophy dikategorikan menjadi 4, yakni, bronze (perunggu), silver (perak), gold (emas), dan platinum puncak dari semua trophy itu adalah Platinum (angka 100%), jadi setiap game hanya memiliki 1 Platinum saja. dan biasanya trophy Platinum terbuka hanya saat trophy lain sudah didapatkan, ini menandakan kalau kita sudah menyelesaikan game tersebut secara menyeluruh.




Intinya sih trophy tidak mempengaruhi isi konten dari game yang sedang kita mainkan, dan kita tidak harus mengumpulkan semua trophy tersebut karena kita tidak mendapatkan apa-apa. Namun bagi sebagian orang trophy merupakan hal yang cukup penting, maka dari itu muncul kalompok yang dinamai "Trophy-Hunter". 

Untuk koleksi trophy platinum terbanyak dimiliki oleh ID Roughdawg4 (reg 1) dengan jumlah trophy platinum sebanyak 1.104. Luar biasa, banyak sekali, orang itu pasti memang profesi utamanya bermain game atau seorang SULTAN.



Untuk di Indonesia sendiri trophy terbanyak dimiliki oleh ID varkovsky dengan trophy platinum sebanyak 455, peringkat ke 2 dengan ID Gergajimesin dengan platinum sebanyak 249.



Untuk mendapatkan sebuh platinum memang dibutuhkan sedikit ekstra tenaga, waktu dan pikiran, karena beberapa games tentunya sangat susah untuk mendapatkan sebuah trophy tertentu. Namun dengan era digital yang seperti ini, apa saja menjadi lebih mudah, sudah banyak panduan-panduan yang bisa kita contek. Jadi ingat masa dulu, saat tidak ada panduan walkthrough (gamefaqs.com), jadi saat bermain game mentok ya mentok tidak bisa ngapa-ngapain lagi, apa lagi jaman Nintendo dulu banyak game bahasa jepang, dan kita tidak paham bahasa, cuma bisa meraba-raba.

Game jaman dulu walau masih menggunakan 8-bit namun rasanya indah, jadi banyak gamers tua yang tidak terlalu banyak komplain masalah grafik atau fps, karena mereka telah melalui dan ikut berkembang dalam dunia video games dari masa-ke masa.



Menurut saya pribadi, trophy merupakan sebuah cara yang digunakan oleh developer dari game untuk membuat user atau pemain game dapat merasakan pengalaman yang maksimal dari sebuah games, karena ada beberapa trophy yang mengharuskan kita untuk memainkan semua misi sampingan, melakukan suatu hal yang keluar dari misi tama, melakukan hal yang sama secara berulang-ulang bahkan sampai menamatkan dalam mode tersulit atau mengulang new game beberapa kali. 

Maka dari itu akhirnya dibutuhkan sebuah NIAT, waktu, dan tenaga extra untuk mengumpulkan 1 set trophy yang dimiliki dari game tersebut. walaupun kita tidak dapat apa-apa, namun kita berhasil me-master-kan game tersebut. Kalo menurut saya pribadi game-game sekarang ini rata-rata lebih mudah, jadi memang butuh sedikit tantangan dengan cara mengumpulkan trophy. 



Untuk ID saya sendiri, berhubung kemarin banyak main game VN yang mengakibatkan banyak dapat platinum secara cepat, jadi berada di posisi #15 Indonesia dan posisi # 8.069 dunia. Dan mudah -mudahan terus berkembang, karena target saya minimal dapat 30 trophy Platinum / Tahun.



No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.