Saatnya membahas tentang PlayStation Plus (PS+)


Untuk yang belum tau aja apa sih PS+ dan apa gunanya untuk PS4 kita.

PS+ Sendiri merupakan layanan khusus yang diberikan oleh Sony untuk membernya, PS+ di sini berupa subscribe atau langganan, ada 3, 6 bulan dan 1 tahun masa berlangganan. Setiap region pun berbeda konten dan harga yang di bandrol. Sebagai perbandingan Reg 1 USA untuk berlangganan 1 tahun sekitar 600rb dan untuk Reg 3 Asia satu tahunya sekitar 350rb. Dari situ kelihatan, kenapa region asia lebih murah, ini kembali ke konten yang diberikan oleh sony, karena Store USA dan Asia berbeda jumlah kontent yang diberikan.

Oke sekarang apa sih keuntungan kita berlangganan PS+ ??

1. Kita akan di kasih game-game Gratis* yang diberikan oleh PlayStation setiap bulannya, dan setiap bulan judul gamenya berubah-ubah. Game yang diberikan bisa game title AAA seperti Tomb Raider, DmC dll. Game gratis yang diberikan region 1 dan 3 berbeda. Jadi sebenarnya secara teknis kita tidak usah beli game setiap bulannya kita sudah di kasih gratis tiap bulan. Game yang sudah di download bisa di mainkan secara Oflline tidak harus selalu online.

2. Kita bisa bermain multiplayer online dengan sasama PS+, yup di PS4 kalo mau main online kita harus langganan PS+ terlebih dahulu. Pihak Sony mengklaim kalo membatasin server dengan mengizinkan hanya yang berlangganan PS+ aja yg bisa masuk membuat maintenace server lebih baik dan terjaga.

3. Banyak diskon yang diberikan, Pengguna PS+ akan mendapat diskon lebih dari pada member biasa, bulan ini diskon sampai 80% off, misal Mid-Year Sale tahun ini judul ONE PIECE: PIRATE WARRIORS 3 harga aslinya 59$ dison untuk member biasa jadi 20$ dan untuk pelanggan PS+ hanya 14$. Kadang ada diskon gila sampai 1$.

4. Di prioritaskan oleh Sony, ya semua member PS+ mendapat perlakuan khusus, dimana kadang dapat tema atau kontent game/ DLC gratis, salah santu contohnya kemarin saat event Electronic Entertainment Expo 2016 (E3) semua member PS+ diberikan demo game Resident EVILL 7 yang belum release. Ada juga beberapa game yang early access yang di nikmati oleh member PS+

5. Kita bisa upload/download Save data games, kita diberikan storage cloud dari pihak Sony.

Jadi kesimpulannya kalo di hitung-hitung cukup murah lo untuk PS+ Region USA anggaplah 600rb juka di bagi 12 bulan, jadi setiap bulannya kita cuma mengeluarkan uang 50rb, apa lagi untuk Reg Asia.

Namun setiap kelebihan pasti ada kelemahan, apa saya kelemahan PS+ meurut Saya :

1. Game yang diberikan setiap bulan judulnya acak, kadang bagus kadang hanya game indie, kita tidak tau game apa yang akan gratis bulan depan. Kata gratis* di sini sebenarnya kita menyewa game tersebut dari pihak Sony, jadi game yang sudah kita download bisa kita mainkan selama kita masih berlangganan PS+, misal waktu habis, game tersebut tidak bisa dimainkan lagi, harus perpanjang PS+ baru bisa di mainkan lagi.

2. Butuh koneksi internet yang cepat, yup rata-rata game digital PS4 ukurannya besar, dan kalo bisa kita harus memiliki koneksi yang cepat untuk mendownload game tersebut.

Oke kiranya itu yang saya tau tentang PlaystationPlus kalo ada yag kurang bisa di tambah di komen bawah.

7 comments:

  1. gmn nasib game/data game yg kita simpan di cloud storage klo masa berlangganan kita hbs.?. bkal disuspemd sampe kita berlangganan lg atau mlah bakal dihapus.?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak di hapus, saat lanjut subscribe otomatis data yang kita simpan di cloud masih ada

      Delete
  2. Kalo kita beli game gratis, saat ps plus juga habis game ga bsa dibuka kan. Nah kalo kita beli game yg di diskon ps plus, trus ps plus kita habis, apa game tersebut di lock juga?
    Trims

    ReplyDelete
  3. Thank you very much for writing an interesting article on this topic. This has really made me think and I also hope to read soon on PS5 Home.

    ReplyDelete
  4. Pas udah di dwonload , setiap mau main tanpa koneksi internet bisa ga ? Bagi yg udah berlangganan ps+

    ReplyDelete
  5. Kalo ps+ masih berlaku sampai akhir 2019, trus kita beli lagi yang 1 tahun di bulan Juni. Apa akan berlanjut 1 tahun terhitung akhir 2019 atau dihitung 1 tahun dari Juni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjut bro, langsung aja beli, saya aja rencana mau beli 4-5 tahun sekalian, munpung harga masih murah ini 245rb

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.