Cara Refund Games, Akun ke Hack, Matikan 2 Step Verification di Akun PSN Turkey

Dulu saya sudah pernah membuat sebuah artikel mengenai refund game di akun region Turkey, Waktu itu saya menggunakan metode kirim email ke pihak PSN (baca : Cara Me-Refund Pembelian Games di PSN Store Turkey). Namun sayangnya metode tersebut sudah tidak dapat di gunakan lagi. Setiap kirim email ke pihak PSN, di email paling ujung pasti di minta untuk me-nelepon ke pihak PSN Turkey, seperti gambar di bawah ini :


Dari kendala di atas tentu kita jadi sadar, jika terjadi apa-apa dengan akun Turkey kita, maka proses untuk nge-klaim akun tersebut akan menjadi lebih sulit. Masalah-masalah yang sering terjadi dengan akun PSN seperti : ke hack, mematikan 2 Step verifikasi di SMS, hingga melakukan refund pembelian game dll, 

Jadi dengan ini perlu sangat di perhatikan, kalau kita harus benar-benar bisa menjaga akun kita sendiri-sendiri, salah satunya adalah dengan meng-aktivkan 2 step verifikasi menggunakan aplikasi Authenticator (baca : Mengaktifkan 2FA Menggunakan Authenticator Apps Pada Akun PSN).

Pada artikel ini saya akan menceritakan proses saya menelepon pihak PSN Turkey dengan biaya yang lumayan murah. Karena biasanya untuk telepon internasional biayanya cukup mahal. Saat saya cek di website Telkomsel, untuk menelepon ke negara Turkey biayanya adalah Rp6.300 per 1 menit. Bisa-bisa kalau kita telepon selama 20 menit atau lebih, biaya teleponnya aja bisa se harga game yang barusan kita beli di region Turkey. Oke berikut ini apa saja yang perlu di persiapkan :

Pertama, yang perlu di siapkan adalah aplikasi Android yang namanya Yolla: International Calling, aplikasi ini memungkinkan kita untuk melakukan telepon ke berbagai negara dengan tarif yang relatif lebih murah. 

Setelah men-download aplikasi Yolla, kita lakukan registrasi seperti biasa, dengan memilih negara Indonesia, lalu memasukkan nomor HP kita, nanti akan ada telepon dari pihak Yolla, kita masukkan 4 digit angka terakhir yang menelepon kita tersebut. Done proses registrasi selesai.

Setelah itu yang kita lakukan adalah top up aplikasi Yolla senilai 4$ atau sekitar 60rb-an, dari situ kita mendapat durasi telepon selama 143 menit. Lalu tambahkan nomor PSN Turkey ke kontak Yolla, ini nomornya : +90 212 391 0401 aternatif 2 : +90 312 4010 740

Kedua, siapkan scrip yang isinya kurang lebih seperti di bawah ini, pertama minta untuk melakukan percakapan dalam bahasa inggris. Kalimat no 2 bisa di sesuaikan dengan kebutuhan teman-teman semua.

(1) Merhaba , Can i use english.

(2) Hello good morning, my name is Setya, i want to deactivate my 2 step verification in my PlayStation account, can you help me to do that?

Ketiga, Siapkan data-data ini :

1. Alamat email PSN Turkey : Misal4@gmail.com

buat ejaannya juga: M for Mike, I for India, S for Sierra, A for Alfa, L for Lima, and number/letter Four at Gmail.com

2. Online ID PSN Turkey : Rufus-B4

buat ejaannya juga: R for Romeo, U for Uniform, F for Foxtrot, U for Uniform, S for Sierra, dash, B for Beta, number/letter Four

3. Nomer CC di transaksi terakhir kita (bisa di cek di email / tanya ke seller), yang di perlukan adalah 4 digit angka di awal dan 4 digit angka di akhir CC.

Nomor Visa awal : 4666 (Four, Six, Six, Six)
Nomor Visa akhir : 7999 (Seven, Nine, Nine, Nine)

Keempat, saatnya melakukan eksekusi, kita tinggal menunggu pukul 14.00 WIB hingga CS PSN Turkey beroperasi. Saya sarankan telepon pada awal-awal saat mereka buka, supaya lebih santai dan chill.

Pertama kali nyambung, akan ada kalimat-kalimat dalam bahasa Turkey selama kurang lebih 1-2 menit, itu semacam iklan atau apa saya tidak tau, Saya sempat mengalami putus koneksi beberapa kali, namun pada kesempatan ke 3, akhirnya saya bisa berbicara dengan pihak CS PSN Turkey, aksen bahasa inggrisnya sedikit berbeda, sehingga kita perlu konsentrasi lebih untuk memahami apa yang mereka minta.

Pada kesempatan ini saya meminta ke mereka untuk mematikan 2 step verifikasi di akun PSN Turkey, pertanyaan pertama yang di tanyakan adalah email PSN saya, saya sebutkan + eja, dan setelah di cari ternyata tidak ada, saya curiga ada salah ejaan yang yang di tangkap mereka. 

Berikutnya yang ditanyakan adalah PSN ID, saya sebutkan dan eja lagi, di sini baru ketemu. Selanjutnya mereka meminta Security Question, yakni 4 digit awal dan 4 digit akhir CC, setelah saya memberikan dengan benar 4 digit nomor yang di minta, saya dinyatakan LOLOS. Mereka meminta untuk menunggu sekitar 5 menit, lalu memberikan nomor tiket ke saya untuk di catat.

Nomor tiket ini perlu kita catat, supaya kalau di pembicaraan pertama akun kita belum selesai di kerjakan, di lain waktu kita bisa menanyakan ke CS PSN Turkey dengan berbekal nomor tiket tersebut, supaya tidak mulai dari awal lagi.

Percakapan saya memakan waktu kurang lebih 20-25 menit. Setelah selesai telepon, sekitar 5 menit muncul email pemberitahuan kalau 2 step verifikasi sudah di matikan, lalu saat di coba login ternyata sudah bisa.

Kurang lebih seperti itulah proses yang saya lalui untuk mematikan 2 step verifikasi di akun Turkey. Memang kelebihan dari menelepon langsung ke PSN Turkey itu adalah prosesnya jadi lebih cepat di bandingkan menggunakan email, namun kita di haruskan keluar biaya tambahan lagi untuk menelepon mereka. Credit untuk teman FB saya Jimmy Halim, yang memberikan kisi-kisi aplikasi Yolla, dan kondisi saat melakukan telepon ke pihak Turkey.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk temen-temen semua.


No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.