Kondisi "Superposisi" Yang di Gambarkan di Film Ant-Man: Quantumania

Di film Ant-Man: Quantumania ada adegan saat karakter Ant-Man tiba-tiba terbelah menjadi 2, lalu tak lama kemudian terbelah-belah lagi menjadi banyak, lalu terdengar sebuah dialog yang mengatakan "kamu lah kucing-nya".. Orang-orang pasti pada kebingungan, maksudnya kucing apaan?

Adegan tersebut mengambil referensi dari eksperimen Schrödinger's Cat, dalam eksperimen tersebut, seekor kucing yang malang dimasukkan ke dalam sebuah kotak lalu di tutup, dalam kotak tersebut mengandung partikel subatom yang tidak stabil, yang dapat terurai atau tidak terurai.

Jika partikel tersebut terurai, maka kucing tersebut akan mati, dan jika partikel tidak terurai, maka kucing akan tetap hidup.

Namun, dalam mekanika kuantum, partikel tersebut dianggap berada dalam keadaan "Superposisi", yang berarti partikel tersebut berada dalam dua keadaan secara bersamaan - terurai dan tidak terurai.

Sebelum kotak tersebut dibuka dan partikel diukur, kucing dalam kotak dianggap berada dalam keadaan superposisi - hidup dan mati secara bersamaan. Hal ini karena partikel subatom seperti elektron dan foton secara aneh memiliki 2 sifat, yakni partikel dan saat di amati berubah jadi gelombang. Seakan-akan partikel tersebut tau kalau sedang di amati. Nama experimennya "Double-slit experiment".

Sama seperti saat kita melemparkan sebuah koin ke atas, saat koin tersebut berputar di atas, koin tersebut berada dalam kondisi superposisi, dan kita baru tau apakah hasilnya menunjukkan sisi kepala atau ekor saat koin tersebut sudah jatuh dan kita mengamatinya.

Sebenarnya kita sudah di ambang kemajuan dari teknologi, ukuran transistor di semikonduktor sekarang sudah berukuran sekecil 2 nanometer (nm), jika di ibaratkan rambut manusia, maka rambut tersebut harus di belah sebanyak 80.000 kali baru masuk ke ukuran nanometer. Saat ukuran transistor sudah se kecil 1 nm atau bahkan 0.9 nm, maka energi untuk membuat gerbang tersebut terbuka dan tertutup tidak bisa bekerja lagi, gerbang 1-0 jadi tidak berfungsi.

Makanya sekarang perusahaan teknologi seperti Google & Microsoft mau tidak mau harus masuk ke dunia Quantum, mereka mulai ber experimen dengan yang namanya Quantum Komputer, dari Quantum Komputer maka kita akan mendapatkan kondisi yang namanya Quantum Bit (Qubit), jadi buka angka biner 1 atau 0 lagi seperti yang ada di komputer sekarang ini, melainkan kondisi "Superposisi" antara angka 1 dan 0 yang terjadi secara bersamaan, dimana teknologi yang kita kenal mulai masuk ke rana Supranatural.


Sehingga di perkirakan Quantum komputer bisa membobol sistem keamanan SSL (faktorisasi bilangan prima yang besar ) yang mustahil dilakukan bahkan oleh super komputer tercanggih saat ini.

Oiya lupa, si Ant-Man berubah jadi banyak karena dia berada di kondisi superposisi, sehingga apa rencana yang di buatnya akan bercabang menghasilkan Ant-Man yang lain. Satu lagi yang saya sadari, kalau anaknya Ant-Man suka sama perempuan yang berbadan kekar, tipis-tipis tapi saya menyadarinya.

Sekor film ini : Quantum/10

"Kita tinggal di dunia yang sangat aneh, saat kita melihat ke bawah, mikro kosmos (kuman,bakteri,jamur) begitu kaya dengan kehidupan yang sangat beragam, namun saat kite menengok ke atas, anehnya sama sekali tidak ada kehidupan, kenapa sangat sunyi sekali"

SUMBER :

- https://en.wikipedia.org/wiki/Schr%C3%B6dinger%27s_cat
- https://en.wikipedia.org/wiki/Double-slit_experiment
- https://en.wikipedia.org/wiki/Quantum_computing

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.