Istilah dan Kategori Yang Ada di PSN Store Saat Kita Membeli Games

Saat kita membeli sebuah games di PlayStation Store, akan ada banyak  sekali istilah-istilah dan kategori pengelompokan yang ada di dalamnya, dimana dulu saat pertama kali masuk ke PSN Store saya merasa kebingungan karena banyaknya istilah-istilah baru ini. Hal ini kadang masing sering terjadi sampai sekarang, dimana saat mau membeli sebuah game yang harganya sangat murah karena ada diskon, saat sudah terlanjur di beli, tau-nya itu hanya merupakan DLC atau bukan sebuah base game. Dari sini mungkin saya akan mencoba merangkum istilah-istilah tersebut untuk lebih mempermudah di pahami teman-teman semua.

- Full game : Full Games, ini sebuah base game yang lengkap, yang bisa langsung dimainkan dengan konten full, kategori Full game bisa tersedia dalam bentuk digital (di PSN Store) dan kebanyakan tersedia juga dalam bentuk Retail*/ blue-ray (BD)/ kaset. (*tidak selalu)
- PSN Games : Sama seperti Full game, PSN Games ini juga merupakan game yang bisa di mainkan secara langsung dan bersifat full, namun biasanya PSN game itu awalnya hanya tersedia dalam bentuk digital only tidak ada kaset fisiknya. Contohnya Guacamelee, ShovelKnight, Resogun dll. *tidak selalu beberapa PSN game seiring dengan waktu kadang juga ada BD fisiknya.
- PS VR Game : Merupakan sebuah game yang khusus hanya bisa dimainkan jika kita memiliki perangkat PS VR, PS Move dan PS Kamera. Game dengan tag PS VR Game biasanya ada yang memiliki bentuk fisik, dan ada yang hanya tersedia di PSN Store. PS VR Game ini juga kadang ada tambahan lain di judul gamenya dengan tulisan PlayStation VR Required. Contohnya Batman: Arkham VR, Blood & Truth, Until Dawn: Rush of Blood, Astro Bot Rescue Mission dll.
- PS VR Compatible : Game dengan tag ini biasanya bisa dimainkan menggunakan PS4 biasa tapa harus menggunakan PS VR, PS VR hanya sebagai perangkat optional yang bisa kita gunakan untuk memainkan game tersebut dengan sudut pandang orang pertama. Contoh game-nya ada Ace Combat 7: Skies Unknown, Tekken 7, Gran Turismo Sport, Resident Evil 7 dll.
- PS VR App : Biasanya merupakan sebuah aplikasi yang di digunakan untuk menikmati sebuah konten yang dukung oleh PS VR. Seperti aplikasi PS VR yang digunakan untuk menonton pertandingan basket, ada juga Youtube VR yang bisa compatible jika video yang kita sedang tonton support dengan perangkat VR dll.
- App : Ini biasanya sebuah aplikasi pendukung untuk meningkatkan pengalaman PS4 menjadi lebih ke media Entertainment System, atau sosial media Apps di PS4 misalnya Netflix, Hulu, SHAREfactory, Spotify, Twitch dll.
- PS One Classic : Biasanya ini merupakan sebuah game asli dari PS1, dimana grafis masih menggunakan grafis PS1, dan biasanya bisa dimainkan di PSP, PS vita dan PS3. Perlu diingat game yang memiliki tag ini tidak bisa dimainkan di PS4. Contohnya seperti CHRONO TRIGGER, Suikoden II, Xenogears dll 
- Bundle : Bundel biasanya berisi sebuah base game beserta beberapa DLC nya yang bisa kita beli sekaligus dalam satu paket, jadi kita beli langsung include beberapa DLC nya. Game bundle juga title gamenya nya biasaya ada tambahan seperti Deluxe Edition, GOTY Edition, Complate Edition, All-In-One Package, Ultimate Edition dll, yang menandakan kalau game tersebut bukan versi stardart. Namun pada beberapa kasus, bundel bisa berisi kumpulan beberapa game yang berbeda, bahkan bisa beda developer. Cotntoh : Nioh 2 Deluxe Edition, Marvel's Spider-Man Game Of The Year Edition.
- Game : Saya menemukan istilah ini di beberapa judul, cuma nampaknya sama saja dengan artinya degan Full Game, bedanya tag Game saya perhatikan lebih banyak untuk game-game untuk PS Vita.
Oke lanjut ke kategori selanjutnya, yang mana kali ini perlu di perhatikan kita memerlukan base game untuk bisa menggunakan atau memakai konten ini, biasanya harganya murah, kadang kita terkecoh keburu beli tau-nya cuma konten DLC yang tidak bisa di mainkan. Atau kadang ternyata hanya untuk PS Vita / PS3 Games yang mana kita tidak punya consolenya.

- Add-on : Add-on ini merupakan konten tambahan /DLC dari sebuah base game yang sifatnya general, Add-on bisa berisi sebuah konten kosmetik dari game tersebut, Add-on ini bisa berupa karakter baru, baju, senjata, aksesoris, arena dll. Kita membutuhkan base game untuk bisa menggunakan Add-on ini, dan biasanya di jual terpisah.
- PS VR Add-On: Ini merupakan konten Add-on yang khusus ada di game yang compatible degan PS VR.
- Level : Ini merupakan sebuah DLC yang berbentuk sebuah level, arena, tingkat kesulitan baru, story tambahan atau perpanjangan dari sebuah base game yang sifatnya petualangan. *Belum tentu petualangan
- Map : DLC ini biasanya merupakan tambahan peta dari game dengan layout baru, biasanya terdapat pada game jenis FPS, atau battle royals. Namun tidak hanya selalu map aja kadang ada story-nya. Stage baru dalam sebuah game petualangan, atau rute baru pada game balapan.
- Item : Ini juga merupakan bagian dari DLC yang lebih spesifik berbentuk sebuah item, aksesoris tertentu. Item ini dalam beberapa game RPG bisa menambah status tertentu sehingga lebih mempermudah petualangan kita kedepannya.
- Vehicle : ini merupakan sebuah DLC yang spesifik berupa sebuah kendaraan mobil/motor yang biasanya ada di game balapan. Bisa juga berupa cat, part mobil, stiker mobil dll.
- Music Track : Ini juga bagian dari DLC yang spesifik berupa sebuah audio track, lagu band tertentu yang biasanya ada di sebuah game dengan jenis rhythm music.
- Character : Ini merupakan bagian dari DLC yang spesifik berupa sebuah karakter/tokoh tambahan baru, paling sering ada dalam game fighting atau game petualangan. Biasanya dalam game Fighting ada roster pemain awal yang keluar saat pertama kali game tersebut release, kemudian DLC karakter-karakter baru mulai di tambahkan se iring dengan waktu.
- Costume : Ini merupakan bagian dari DLC yang spesifik berupa sebuah kostum untuk karakter tertentu di sebuah game. Kostum baju ini biasanya akan merubah penampilan dari karakter yang kita mainkan, pada beberapa game costume ini bisa juga menambahkan peningkatan status tertentu pada game tersebut.
- Subscription : Biasanya berupa sebuah langganan dari sebuah layanan yang ada di PSN, biasanya berupa PS+, PS Now, EA Play dll. Subscription biasanya kita akan mendapatkan free game setiap bulannya untuk PS+ dan untuk EA Play kita bisa memainkan semua game-game dari EA, kalau PS Now hampir mirip dengan PS+ cuma PS Now memberikan layanan streaming games PS3, namun juga memberikan sekitar 350 Games yang bisa di download.
- Avatar : Ini biasanya berupa sebuah logo, simbol atau gambar karakter yang akan mem-presentasi-kan kepribadian kita jika avatar kita di lihat oleh orang lain. Avatar bisa diambil dari sebuah game tertentu yang bisa kita gunakan pada foto profil PSN ID, Avatar ini juga bisa menginformasikan kalau kita menyukai karakter atau game tersebut.
- Season Passes : Biasanya ini merupakan sebuah layanan tambahan yang diberikan saat kita membeli sebuah game, yang dimana akan memberikan sebuah DLC secara gratis dalam kurun waktu tertentu satu musim (season), contohnya ada sebuah game Captain Tsubasa: Rise of New Champions yang memiliki season pass dengan harga 399 ribu, game tersebut selama sebulan sekali akan mengeluarkan DLC dengan harga 75 ribu per DLC selama 6 bulan, kalau kita beli DLC masing-masing tiap bulan maka akan keluar 450 ribu, sedang kalau season pass cuma 399 ribu, biasanya season pass di berlaku kan ke game baru yang kita belum tau worth it apa tidak DLC yang akan muncul ke depannya.
- Pre-Order : Istilah ini di gunakan untuk membeli sebuah game yang belum release. hal ini di tujukan untuk membuktikan dukungan kita terhadap suatu developer game, atau membuktikan kecintaan kita terhadap game yang kita pre order. Jadi kita membayar terlebih dahulu game tersebut, bisa sebulan atau 6 bulan sebelumnya. Biasanya untuk game yang Pre-Order kita mendapatkan bonus-bonus exclusive seperti DLC karakter, senjata, baju atau art work tertentu yang hanya bisa kita dapatkan dari Pre-Order game tersebut.
- Demo and Betas : Demo merupakan sebuah game yang bisa kita mainkan terlebih dahulu secara gratis, sebelum kita memutuskan untuk membeli secara full game tersebut. Demo ada dua jenis, demo yang hanya terdiri 1-2 Stages dari sebuah game, sama Demo yang di batas-in oleh waktu, misal hanya boleh memainkan tersebut selama 60 menit. Beta sendiri merupakan uji coba yang di lakukan oleh developer sebelum me release game-nya di pasaran. Tujuannya biasanya untuk mengecek beban dari server online yang mereka gunakan, untuk game jenis online, atau untuk memberikan umpan balik jika dalam game nya terdapat bug, yang mana bug tersebut bisa di laporkan ke developer dan nanti pada pe-release game nya sudah tidak ada bug tersebut.
- Soundtrack : Biasanya berupa kumpulan dari Musik Track yang di gunakan di dalam suatu game. Karena beberapa game memiliki Soundtrack yang bagus biasanya developer menjual secara terpisah, untuk bisa di dengarkan secara terpisah tanpa harus memainkan game nya. Contohnya adalah Soundtrack Nier Automata yang memiliki kualitas lagu sangat bagus.
- System Audio Track : Audio track ini biasanya berupa dubing dari sebuah game. Beberapa game jenis RPG yang sangat banyak percakapan, kadang ada user yang memilih untuk mendengarkan dubing dari artis asli yang menggunakan bahasa jepang, dan sebagian lagi ada yang lebih suka dubing dari artis luar menggunakan bahasa inggris. Karena file audio dubbing ini ukurannya besar biasanya developer memberikan operasional dan bisa di Unduh secara gratis.
- Themes : Merupakan sebuah tema yang bisa kita gunakan untuk merubah antarmuka tampilan dari PS4 kita, supaya tidak bosan itu-itu saja. Themes bisa kita dapatkan secara gratis dan ada juga yang berbayar. Setiap game besar release juga biasanya mereka mengeluarkan tema gratis supaya game yang dimainkan sinkronis dengan tema dari PS4 nya. Tema pun ada dua jenis, Statik yang hanya berupa gambar Statik, dan Dynamic yang merupakan gambar bergerak, sehingga terlihat lebih cantik.
Selain ini semua yang sangat perlu di perhatikan lagi adalah mengenai subtitle dari gamenya, biasanya kalau PSN Store Indonesia menggunakan regional asia jadi akan akan beberapa bahasa di dalamnya. Biasanya setelah title akan ada tulisan besar seperti ini (English/Chinese/Korean/Japanese Ver.) yang menandakan dalam game tersebut terdapat subtitle bahasa inggris. Hal ini tergolong remeh, namun kemarin saat PO Final Fantasy VII Remake banyak kejadian teman-teman di forum PS4 Indonesia salah order PO yang mana hanya ada bahasa mandarin. Hal ini juga pernah saya temukan saat diskon, contohnya game ini The lost Child dengan harga 38rb, sangat menggiurkan, cuma perlu diperhatikan kalau subtitle Inggrisnya tidak ada, hanya bahasa mandarin. Ada beberapa game yang hanya menggunakan bahasa Jepang dan di diskon jauh lebih murah, kita harus lebih teliti dalam membeli game digtal.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua yang baca. Terimakasih.

3 comments:

  1. Kak di PS store ada game yg tulisannya full game/bundle tapi tidak ada harganya dan tidak bisa di masukan ke keranjang (GAME RDR2) itu kenapa ya kak? Padahal tidak ada tulisan PS plus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi biasanya game yg tidak ada tombol belinya itu merupakan edisi region lain, misal Red Dead Redemption 2: Special Edition itu tidak tersedia di PSN store indonesia namun konten bundle tersebut tersedia di PSN store region 1 USA/EU. Memang region 3 indonesia masih sedikit tertinggal dibanding region 2 dan 1, dilihat dari farian free gamenya juga beda byk yang region 1-2.

      Delete
    2. Ok kak Makasih. jadi beli yg bundle nya deh yhaa walau kurang worth it sih kalo bundle cuma nambah skin sama theme doang 😅

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.