Konsep "FLOW" Dalam Dunia Video Games

Pernahkah kita bertanya, mengapa seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar televisi untuk bermain sebuah video games? lalu mengapa kita bisa sangat antusias dalam bermain sehingga melupakan kebutuhan primer lainnya seperti makan dan tidur? Ayo kita bahas..

1. Definisi Flow.

Flow adalah suatu keadaan sadar di mana individu menjadi benar-benar tenggelam dalam suatu kegiatan, serta menikmati kegiatan tersebut dengan intens.

Sedang menurut seorang profesor psikolog bernama Mihaly Robert Csikszentmihalyi, Flow adalah perasaan yang timbul pada diri seorang manusia saat ia bertindak secara total dalam kegiatan yang ia lakukan.  Saat seorang individu yang mengalami Flow maka dia akan mudah merasakan kenikmatan, kesenangan, dan kegembiraan terkait kegiatan yang dilakukannya.
2. Mengapa seseorang bisa sangat antusias dalam bermain sebuah games?

Dalam salah satu artikel yang ditulis oleh Jenova Chen yang judul Flow in games (and everything else), menurut Chen sebuah game yang dirancang dengan baik dapat menggiring pemainnya untuk masuk ke Zona Personal Flow yang dapat menumbuhkan perasaan senang dan bahagia. 

Untuk membuat sebuah game menjadi menarik, Chen menuturkan bahwa ada satu syarat awal yang dibutuhkan oleh game developer, syarat itu adalah "mengetahui apa yang diinginkan oleh pemain"
Hal ini selaras dengan pernyataan seorang filsuf besar Yunani Aristoteles 2300 tahun silam, "bahwa di atas segalanya, manusia memiliki kecenderungan untuk mencari kesenangan dan kebahagiaan pribadi" (the pursuit of happiness). 

Konsep “kebahagiaan” inilah yang kemudian menjadi salah satu fokus utama para game developer dalam membuat suatu games.  Meski demikian, menentukan parameter kebahagiaan seseorang  bukanlah hal yang mudah. Terlebih karena parameter kebahagiaan setiap individu tidaklah sama.
Di pertengahan tahun 1970, Flow pertama kali diperkenalkan oleh  seorang professor psikolog dari universitas Claremont, Mihaly Robert Csikszentmihalyi, dalam salah satu ulasannya yang membahas mengenai konsep kebahagiaan. Flow direpresentasikan sebagai salah satu fokus yang dipusatkan pada sebuah kegiatan yang dapat menimbulkan perasaan bahagia. 

Pada saat seseorang berada dalam zona Flow, ia dapat melupakan konsep mengenai waktu dan rasa cemas. Inilah mengapa game yang dibangun berdasarkan konsep Flow membuat pemainnya tenggelam ke dalam permainan dan kerap melupakan waktu. Menurut Csikszentmihalyi, terdapat delapan komponen utama dari Flow:
  1. Aktivitas menantang yang membutuhkan kemampuan (Skill).
  2. Gabungan antara aksi dan tingkat kewaspadaan (Challenge).
  3. Tujuan yang jelas (Completionist).
  4. Terdapat feedback langsung (Consequence).
  5. Konsentrasi pada aktivitas yang saat itu sedang dikerjakan (Concentration).
  6. Tumbuh sebuah rasa untuk mengatur (Control).
  7. Kesadaran mengenai diri sendiri (Consciousness).
  8. Perubahan perasaan mengenai waktu (Change).
Meski demikian tidak semua komponen di atas diperlukan untuk memberikan seorang pemain berada di zona Flow.
3. Apakah konsep Flow hanya ditemukan dalam konteks Video Games?

Chen menuturkan bahwa Flow dapat tumbuh dalam aktivitas apa saja dan tidak terbatas hanya pada konteks video games. Hal ini termasuk saat kita  melakukan aktivitas-aktivitas yang kita senangi seperti melakukan suatu hobby, bermain bersama anak, berolahraga, bermain musik, meditasi, beribadah dan sebagainya. 

Saya ceritakan sedikit pengalaman pribadi saya. Saya sangat suka bermain Bola Basket sejak SMP hingga SMA, hampir setiap hari saya habiskan waktu untuk bermain bersama teman-teman saya, pertandingan kecil-kecilan sering terjadi setiap harinya, adanya lawan baru yang tiba-tiba datang kelapangan basket tempat saya biasa bermain memberikan perasaan antusias, penasaran dan tantangan untuk menjadi lebih baik. 

Selama 6 tahun karier saya dalam Bola basket ada beberapa kejadian, yang tidak bisa saya pahami pada waktu itu, yakni saya masuk ke keadaan yang dinamakan Zone Flow ini, saat masuk ke Zone, perasaan yang saya rasakan tentunya bahagia, semangat, antusias bercampur rasa lelah, serta adanya keyakinan untuk memenangkan suatu pertandingan.
Saat masuk ke Zone, saya merasa waktu pada saat itu terasa lebih lambat, gerakan pemain lain terasa lambat,  sehingga saya bisa menggerakkan bola lebih leluasa saat melakukan Lay Up Shoot

Setiap gerakan yang saya lakukan terasa seperti sangat tepat, diribell, shoot, cross over dll terasa begitu mudah, semua indra saya seperti naik ke level yang lebih tinggi
Namun untuk masuk ke keadaan Zone Flow ini tidak bisa se-enak kita, dan terjadi secara random saat komponen-komponen yang dibutuhkan terpenuhi hal ini baru bisa terjadi. Seingat saya 2-3x dalam 6 tahun saya bermain Basketball. Adanya istilah "Zone" sendiri pertama saya tonton di anime Kuroko no Basket (walau terlihat sangat tidak masuk akal). 

Konsep Zone Flow ini saya tahu dari serial dokumentasi Netflix - High Scoreep. 1 "Boom & Bust".
4. Mengenai Flow dan filosofi hidup.
Bagi saya pribadi kajian Flow ini sangat menarik dan sedikit banyak membuat saya berfikir mengenai filosofi kehidupan. Konsep Flow bagi saya bersinergi dengan konsep di mana tantangan di dalam hidup telah dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kemampuan dari masing-masing individu.

Bisa kita bayangkan bagaimana konsep kehidupan jika semua serba mudah tanpa tantangan?  Akankah kita tetap berusaha dan bekerja keras?

Sebaliknya apa yang akan terjadi jika tantangan hidup terlampau sulit melebihi kemampuan kita?

Dunia ini sudah di program sedemikian dinamisnya oleh Tuhan sang pencipta alam, supaya setiap ciptaannya merasakan pengalaman hidup terbaiknya.


Sumber : 

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.