Review: TEKKEN 7 (PS4)

Tekken dalam bahasa jepang yang artinya "Tangan Besi", merupakan sebuah waralaba game fighting yang sudah ada sejak tahun 1994. Tekken di develop dan publish oleh Bandai Namco Entertainment. TEKKEN 7 (2015) merupakan seri ke tujuh dari cerita utama seri Tekken, dimana total ada 25 jenis game spin-off yang menggunakan nama waralaba ini. Cerita aja game Tekken pertama saya adalah Tekken 2 (1995) saya lupa memainkan nya di arcade atau PS1, setelah itu tentunya adalah Tekken 3 (1997) yang begitu legendaris sekali di jaman PS1. Dan saya banyak sekali memainkan game Tekken 3 pada saat itu, banyaknya karakter baru dan beberapa karakter ikonik seperti Eddy Gordo dengan gaya bertarung Capoeiranya tentunya begitu memorable di hati kita para gamer lama. Tekken 3 merupakan seri Tekken terakhir saya, setelah itu saya tidak pernah memainkan seri game ini lagi.
Sebenarnya tidak banyak yang bisa di tulis dari sebuah game 
fighting, karena biasanya story line yang pendek, namun saya akan bercerita sedikit tentang TEKKEN 7 ini dari sudut pandang seorang gamer yang tidak biasa memainkan game jenis fighting.
Game Tekken bercerita tentang sebuah turnamen bela diri bernama
 "
King of Iron Fist Tournament", yang diselenggarakan oleh Mishima Zaibatsu, sebuah grup konglomerat multinasional yang ada di universe ini. Selain itu plot utama dari game ini adalah konflik utama yang terjadi di dalam keluarga Mishima. Namun kita akan di berikan beberapa cerita tambahan dari masing-masing karakter yang memiliki tujuan sendiri-sendiri jika memenangkan turnamen ini. Saya masih sangat mengingat kalau jaman Tekken 3 ada beberapa karakter rahasia yang bisa kita unlock, seperti Doctor Boskonovitch, GonOgreTrue OgreMokujin dll, dulu bisa di bilang Tekken 3 memiliki roster karakter yang cukup banyak dengan aliran bela dirinya masing-masing. Pada era nya Tekken 3 merupakan sebuah game yang memiliki grafis cukup bagus di bandingkan game fighting pada saat itu. Ini beberapa game jaman era PS1 yang saya kenal, Soul Edge, Dead or Alive, Blody Roar 1-2, Mortal Kombat 4, Berbagai macam game Street Fighter dan X-Men, Marvel vs. Capcom, Rival Schools, The King of Fighter 97-99, Battle Arena Toshinden 2-3, Tobal No. 1, Digimon Rumble Arena, Ehrgeiz, Darkstalkers, Guilty Gear, Fatal Fury.
Saatnya membahas TEKKEN 7, setelah sekian lama tidak bermain Tekken akhirnya saya memutuskan memainkan seri terbarunya ini
, dalam pikiran awal saya dan image yang melekat pada game Tekken adalah kombinasi serangan Combo yang membutuhkan timing waktu yang tepat, menekan tombol-tombol yang akurat, dalam keadaan berkelahi, deg-deg an kita harus bisa mengontrol irama pertandingan dll, itulah yang membuat saya berhenti memainkan game ini karena menurut saya hal-hal di atas cukup sulit dan tidak fun lagi, bagi gamer casual seperti saya. Namun ada yang berbeda di 
TEKKEN 7 ini, saya merasa TEKKEN 7 di buat semudah mungkin agar bisa mengait pemain baru yang tidak terbiasa bermain game fighting yang kompleks. Adanya fitur Simple Combos yang merupakan sebuah combo sederhana yang keluar hanya dengan menekan satu tombol, dan ini lah yang membuat TEKKEN 7 ini "noob friendly", saya yang baru mulai bermain game ini pun merasa cukup ketagihan, dengan fitur ini, beberapa combo yang keluar mempermudah permainan saya, sampai pada suatu titik saya bisa memenangkan sekitar 200 battle secara berurutan tanpa kalah satu kali pun melawan CPU, saya main dari jam 10 pagi sampai jam 8 Malam hingga mendapat gelar "Tekken God Prime".
Story dari game ini juga saya bilang dapat di sampaikan dengan bagus
, sebuah narasi yang mudah di pahami, dan menceritakan dari awal kenapa keluarga ini bertikai satu sama lain, hingga akhirnya mencapai klimaks dan cerita selanjutnya akan di lanjutkan di Tekken 8 di PS5 nantinya. Tekken memiliki ciri khas cerita yang selalu berlanjut antara game satu dan lainnya. Setelah kita menyelesaikan cerita utama pun kita masih bisa memainkan beberapa cerita tambahan dari beberapa karakter yang ada dalam game ini, ya cukup menambah durasi dari permainan. Ada satu karakter cross over dari Street Fighter bernama Akuma pun bisa di selipkan dalam story game ini dengan cukup rapi tidak terkesan di paksa kan. Oiya saya memainkan game ini tentunya tidak ada niatan untuk main secara kompetitif online melawan player lain, saya murni hanya ingin mendapatkan Platinum dari game ini saja, dan durasi yang di butuhkan sekitar 15 Jam. Tidak di sangka-sangka ceritanya cukup menarik dan saya kecanduan iseng memainkan game ini sampai durasi yang tidak saya kira.
Selain story, game ini juga memiliki beberapa mode lainnya
, seperti mode Treasure Battle yang fungsinya untuk mengumpulkan berbagai macam kosmetik, baju, aksesoris, orbs dll yang bisa kita gunakan pada karakter yang sedang kita pakai, yang fungsinya tentu di gunakan untuk di tunjukkan ke pemain lain saat bermain online, semakin extreme perubahan karakter makan akan terlihat semakin tinggi kasta dan skill nya dalam memainkan game Tekken ini. Dan mengumpulkan pernak-pernik ini bisa memakan waktu yang sangat lama, karena setiap memenangkan pertandingan kita akan mendapat 1-2 kotak peti harta karun yang isinya adalah acak, dan peti-peti ini pun di bagi menjadi beberapa kategori, seperti peti normal, rare, super rare dll, semakin tinggi kategori peti maka item yang keluar akan semakin bagus, kalau tidak salah namanya "Gatcha", namun dalam 
TEKKEN 7 kita tidak mengeluarkan uang sungguhan, cukup dengan ketekunan dan bantuan dari fitur Simple Combos membuat saya bisa bertahan sampai 200 pertarungan. Selain itu kita juga mendapatkan uang setiap kali memenangkan pertarungan, dan uang ini bisa kita gunakan untuk belanja pernak-pernik lainnya.
Kalau berbicara dari segi Grafis tidak bisa di pungkiri ini merupakan game Tekken dengan grafis terbaik
, partikel effect serangan yang keren, dan bisa di kostumisasi, di ubah sesuai keinginan kita, memberikan kemegahan tersendiri,  setiap pukulan yang sepertinya memiliki bobot, jadi saat kita memukul karakter lawan seakan-akan ada kepuasan. Arena yang bermacam-macam, dan ada beberapa arena yang ada beberapa lapis, sehingga terkesan arena bertarung yang luas dan bervariasi. Cinematic CGI nya pun terlihat keren, antar karakter dengan tubuh ber-otot dan tegap saling ber baku hantam. Berbagai macam karakter wanita Sexy pun menghiasi game ini dengan berbagai macam kosmetik baru yang akan memberikan service lebih para fans nya.
Selanjutnya yang saya coba adalah Online Mode
, Karena saya sudah banyak latihan dan tentunya sudah cukup PD untuk menantang pemain lain. Nah ini lah hal yang paling parah dari game ini, untuk info saya menggunakan koneksi indiHome kecepatan 50Mbps, memainkan 
TEKKEN 7 dengan akun Region 1 dan dapat koneksi PS+ dari akun Region 3 yang di set as Primary. Saya tidak menyalahkan game nya atau koneksi yang saya pakai karena dalam 2 hari semua match yang saya temui hanya ada 1 pertarungan yang berjalan lancar, dan sebagian besar saya hanya menunggu match making dan pertarungan sangat lambat, karena masalah koneksi ping latency yang terlalu besar. Dan rata-rata saya hanya mendapatkan sinyal 1 bar walaupun ketemu orang dari regional asia atau amerika. Intinya saya tidak mendapatkan pengalaman permainan yang menyenangkan dari mode ini, walaupun lambat saya beberapa kali memenangkan pertandingan. Saya tidak tau kesalahan ada di mana, apakah koneksi atau PS+ yang ada di akun Reg 3 saya.
Overall saya bisa Informasikan kalau game TEKKEN 7 sudah sangat-sangat
friendly sekali dengan semua kalangan gamer baik dari yang Veteran Hardcore sampai yang Noob seperti saya
, jujur saya sangat senang sekali bisa memainkan game ini dengan bantuan 
Simple Combos yang bisa kita ON dan OFF kan, jadi mungkin awal-awal kita menggunakan Simple Combos dan setelah bisa menikmati dan tau alurnya kita bisa memulai untuk serius dan menghafal kan combo yang lebih kompleks. Simple Combos ini pun rasa-rasanya membuat saya yang berhati kecil ini menjadi cukup berani untuk berhadapan dengan pemain lain secara online. Saya sangat menyarankan bagi teman-teman semua yang belum pernah memainkan game ini, jika bermain serius ada berbagai macam hal yang bisa di lakukan dari game ini.

Score dari saya 8/10 (Tragedy)


Dimainkan di TV 4K, Mode Game, HDR On

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.