Review: Star Wars Jedi: Fallen Order (PS4)



Star Wars Jedi: Fallen Order merupakan sebuah game action adventure yang di develop oleh Respawn Entertainment dan di publish oleh Electronic Arts (EA). Respawn Entertainment sudah kita kenal dengan Titanfall 1-2 (2014/2016), Apex Legends (2019). Sebuah developer yang terbilang masih muda (2010) namun sudah menghasilkan karya-karya game yang terbilang memiliki reputasi yang cukup bagus di kalangan para gamers. Star Wars Jedi: Fallen Order mengambil time line 5 tahun setelah film  Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith. Kita akan mengendalikan tokoh protagonist bernama Cal Kestis (Cameron Monaghan) seorang Jedi Padawan yang sedang di buru oleh Kekaisaran Galactic, yang dinamai InquisitorCal juga akan di temani seorang droid yang dengan tipe BD-1, yang juga akan menjadi sahabat Cal dalam petualangan ini.
Sebelum memainkan game ini saya maraton dulu menonton kembali semua seri Star Wars, menontonnya bukan mengikuti tahun release namun mengikuti timeline dari filemnya, dengan tujuan akhir bisa menikmati film terakhir, Star Wars: Episode IX – The Rise of Skywalker (2019) yang tayang di bioskop bulan Desember kemarin , tidak itu saja, setelah itu saya juga mengikuti serial TV Star Wars: The Mandalorian (2019) yang tayang di Disney+, membuat saya sedang benar-benar merasuk dalam dunia Star Wars. Memainkan game Star Wars Jedi: Fallen Order jujur merupakan sebuah pengalaman yang sangat berbeda dari hanya menonton filemnya, dimana dalam film kita di tunjukkan sebuah layar kejadian dalam filem Star Wars dari sudut pandang sutradara film, kita di paksa untuk melihat dalam sebuah sudut padang 2D dunia Star Wars. Berbeda dengan video games, dimana dunianya 3D, dan bisa kita eksplorasi sesuai kemampuan dari game tersebut, dan tentunya itu membuat sebuah sudut pandang yang lebih luas. Star Wars Jedi: Fallen Order merupakan game pertama saya dari franchise Star Wars.

Star Wars Jedi: Fallen Order jujur merupakan sebuah game yang cukup menarik yang tidak saya sangka-sangka akan se bagus ini, sebuah game yang menggabungkan aspek-aspek terbaik dari berbagai macam game yang sudah pernah release di pasaran. Ada unsur Eksplorasi yang cukup kuat seperti Uncharted atau Tomb Raider, unsur berkelahi yang mirip Dark Souls atau Sekiro, unsur desain level yang mirip seperti Bloodborne, unsur kostumasi senjata, equipment, sistem level up serta skill tree yang biasa kita temui di game-game RPG. Semua unsur-unsur itu di gabungkan sehingga tercipta lah game ini. Karena sudah mengambil semua mekanisme di atas sekarang tinggal bagaimana story dan gameplay secara keseluruhan dari game ini.
Karena game ini menceritakan tentang eksplorasi perjalanan bintang, jadi kita akan diberi kemampuan untuk berpindah-pindah planet, kita akan bertualang menjelajahi beberapa planet yang memiliki ekosistem alam yang berbeda-beda, saya sangat tertarik untuk menjelajah setiap tempat yang ada di game ini, dengan mengeksplorasi tempat-tempat rahasia yang tersebar di berbagai penjuru planet kita akan di beri hadiah berbagai macam skin kostum, energy untuk memperpanjang nyawa dan power up lainnya, yang mana dengan mengumpulkan ini akan mempermudah petualangan kita kedepan nya. Ekosistem planet yang bervariasi dengan warna tone yang berbeda-beda, ada planet yang dominan warna hijau, ada planet dominan merah di buat se unik mungkin sehingga kita merasa kalau pemandangan yang kita lihat berasal tidak dari bumi, dalam planet-planet tersebut kita akan berjumpa dengan berbagai jenis hewan, tanaman, robot droid serta mahluk-mahluk aneh lainnya. Banyak jalan yang tidak bisa kita akses di awal game, yang membutuhkan skill-skill tertentu untuk bisa di akses, mirip game jenis Castlevania. Game ini memang kuat di segi eksplorasi nya. 
* Sedikit Spoiler
Lanjut ke story-line, untuk cerita dari game ini menurut saya merupakan aspek yang paling kurang, tidak jelek sih cuma ya biasa aja menurut saya, motivasi tokoh utama untuk mau ikut bertualang melintasi galaksi-galaksi untuk membangkitkan kembali Jedi Order menurut saya cukup menarik, karena konsep nya sama seperti yang dilakukan oleh tokoh Luke Skywalker dalam film Star Wars: The Last Jedi yang ingin membangkitkan kembali Jedi order dengan mengumpulkan anak-anak yang berpotensi untuk menjadi Jedi di masa depan, namun sayangnya Luke gagal karena mengira salah satu muridnya Kylo Ren akan pindah ke Dark Side, dan singkat cerita Kylo Ren akhirnya malah membantai semua anak-anak tersebut. Dalam game ini terdapat vision atau percikan masa depan yang terlihat jika Cal Kestis berhasil mengumpulkan anak-anak tersebut maka hal itu bisa aja terjadi, namun di akhir Cal Kestis memutuskan untuk menyerahkan semuanya kepada Force. Salah satu minus dari game ini menurut saya cuma hubungan antar karakter yang terlihat tidak terlalu kuat, seakan-akan kita tidak perduli terhadap karakter tersebut, dan ada satu karakter wanita yang bergabung hampir di akhir game, padahal karakter tersebut nampaknya cukup bisa di eksplorasi karena karakter yang unik dan terasa tidak berguna kalau bergabung di akhir game. Ada juga beberapa karakter yang dibuat mati, sebuah tragedi yang sebenarnya ingin di bangun oleh developer namun kurang berhasil.


Grafis yang digunakan dalam game ini cukup aneh menurut saya, biasanya Respawn Entertainment sebagai developer menggunakan engine dengan nama "Source", engine ini di aplikasi kan ke Titanfall 2 dan Apex Legend, sedang dalam game Jedi: Fallen Order ini menggunakan engine Unreal Engine 4, kenapa saya bilang aneh, ya karena muncul aja pertanyaan, kenapa tidak menggunakan engine utama EA yakni Frostbite Engine? padahal kalau dari segi grafis sudah tidak di ragu kan lagi, apa mungkin Frostbite tidak cocok di gunakan untuk game model seperti ini, tapi ya sudah lah. Grafis dari game ini saya bilang cukup bagus, yang menarik adalah kadang arena yang sama namun memiliki tampilan yang berbeda, misal arena bersalju, saat pertama kali kita datang ke arena tersebut terdapat badai salju yang menutupi hampir semua pemandangan, namun beberapa saat kemudian setelah misi selesai, hujan badai salju berhenti dan kita di kasih sebuah pemandangan yang luar biasa, salju putih, bongkahan es biru, langit yang cerah tanpa awan memanjakan mata saya,Grafis nya Gokil. beberapa arena akan berubah sesuai dengan waktu kita datang ke arena tersebut. 
Untuk Soundtrack terdengar cukup megah, ala-ala film Star wars, campuran antara musik orchestra, yang membuat kita seakan-akan benar-benar bertualang di planet-planet yang antah berantah. Map juga di buat se bagus mungkin dengan berbagai macam keterangan sehingga kita tidak mudah tersesat, ada juga pintu-pintu yang mana saja yang sudah bisa di akses atau pintu yang belum bisa di akses karena kita belum punya skill untuk mengakses arena tersebut.
Sistem bertarung dari game tergolong sudah cukup umum yang sering kita lihat di game-game akhir-akhir ini, mungkin bedanya di sini kita adalah seorang Jedi yang memiliki semua kemampuan dari seorang Jedi, jadi semua kemampuan yang pernah kita lihat di film Star Wars rata-rata ada dalam game ini, seperti memperlambat gerakan musuh, mendorong musuh, mementalkan tembakan laser, melempar lightsaber lalu kembali lagi dll. Skill-skill ini tidak hanya kita gunakan untuk bertarung, namun akan kita gunakan juga untuk bisa mengakses arena tertentu, seperti melambatkan kincir angin, menarik tali, mendorong paksa pintu dan lain sebagainya. Musuh pada game ini tentu saja kebanyakan adalah Stormtrooper dan mahluk-mahluk buas yang mendiami sebuah planet. Stormtrooper  di sini cukup lucu, karena mereka kadang terlalu banyak komentar, baik kalau ketakutan,  kadang terlalu sombong maju sendirian, atau lari saat kaget. Stormtrooper nantinya akan ada tingkatan seperti level kapten dan di atasnya menggunakan sergam hitam dan memiliki senjata unik yang cukup menyebalkan. Tidak itu saja di berbagai tempat kita akan di buru oleh seorang Bounty Hunter dan droid nya. 

Senjata utama kita adalah lightsaber dan kita bisa kita modifikasi warnanya, dan saat pertengahan game kita akan diberikan double lightsaber, Gagang pegangan dari lightsaber juga kita bisa modifikasi. Suara sayatan dan sabetan lightsaber yang mengenai musuh atau tembok akan berbekas seperti terbakar kelihatan cukup keren, tidak itu saja partikel percikan api yang muncul dari lightsaber, dan kadang ada cinematic finishing move yang akan membelah musuh menjadi dua bagian terasa sangat menyenangkan. Saat kita memegang lightsaber pun ambien warna di sekitar kita ikut berubah yang mana menurut saya detail kecil yang cukup keren. 
Dengan seiring nya waktu tidak hanya kemampuan karakter utama yang meningkat, namun skill dari pendamping petualangan kita droid BD-1 juga akan meningkat, BD-1 akan mendapatkan berbagai macam skill, seperti hacking droid musuh, membuka pintu dan chest yang terkunci. Memang dalam game modern biasanya karakter utama memiliki seorang side kick pendamping yang biasanya antar kedua karakter ini akan saling berinteraksi supaya keadaan tidak sepi dan terasa hidup. BD-1 juga akan membantu kita memberikan tips jika kita kesulitan dalam menyelesaikan sebuah teka teki di suatu arena. Kita juga bisa merubah skin dari BD-1 ini dengan mengumpulkan berbagai chest yang tersebar.
Saya merasa aksi petualangan kita sangat tidak monotone, tidak di suruh dari tempat A ke tempat B saja, namun dalam perjalanan terdapat hal-hal unik yang sungguh-sungguh tidak pernah saya bayangkan, seperti harus terjun dari ketinggian untuk menangkap bos kelelawar raksasa, mengendarai robot AT-AT Walker, tiba-tiba tertangkap bounty hunter dan harus meloloskan diri dari penjara mereka, harus menyelam ke sebuah sungai, di kejar-kejar pesawat musuh dan beberapa hal unik lainnya. Saat kita harus kembali ke arena-arena tertentu, biasanya di dalam arena itu kita akan di berikan mini boss atau semacam bounty hunter yang cukup menantang untuk di kalahkan.

Overall ini merupakan game yang cukup bagus, sangat-sangat layak untuk di beli dan di mainkan di day one, game ini membuat saya merasa seperti seorang Jedi, saya cukup fun memainkan game ini, hal yang membuat saya kaget adalah game ini ternyata cukup panjang, saya menamatkan game ini hampir 60 jam atau sekitar 1 minggu lebih bermain secara intens. Game ini terasa sangat eksplorasi, mencari berbagai macam fragmen-fragmen peninggalan dari sebuah peradaban yang hilang yang terasa sangat petualangan sekali, Akhirnya ada sebuah game Star wars yang cukup bagus di segala aspek nya di dekade ini. Developer memberikan tingkatan level sehingga kita bisa memilih sesuai kemampuan kita, kalau saya memilih level normal, dan saya rasa cukup seimbang lebih ke arah mudah, karena dalam game ini saya cuma mati beberapa kali saja sepanjang game. Saya pribadi sangat menyarankan untuk memainkan game ini, tidak ada DLC, tidak ada mikro transaksi dan tetek bengek lainnya, pure kita memainkan game ini karena gameplay dan story.


Score dari saya : 9/10

Dimainkan di PS4 Pro, HDR ON, Motion OFF


Kumpulan gambar capture bisa di buka di link ini : https://ibb.co/album/mbYRTv


No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.