Console PS4 Akhirnya ter-BAJAK



Akhirnya setelah 5 tahun Playstation 4 mempertahankan sistem keamanannya, akhirnya kali ini jebol juga, yup betul sekali, PS4 sudah dibajak, dan kali ini kita sudah bisa memainkan games bajakan.

Saya tidak tau ini merupakan sebuah kabar baik atau kabar buruk bagi kita semua para gamer, mungkin bagi sebagian orang ini merupakan kabar baik dan se bagiannya lagi merupakan kabar buruk, namun bagi saya pribadi ini merupakan kabar buruk, suatu hal yang akan berdampak untuk beberapa tahun kedepan di industri ini.
Seorang Hacker dengan nama qwertyoruiop berhasil menjebol sistem keamanan dari PS4, dengan me release sebuah Web Webkit Exploit yang dinamai PS4HEN, yang akan menginstall semacam file manager di PS4 kita sehingga kita bisa menginstall file format .PKG dari sebuah games. Sebenarnya berita ini sudah beredar beberapa bulan yang lalu, namun saya masih melihat seperti apa Progress ke depannya. Memang sih sistem bajakan ini sudah tidak terbendung lagi kalau sudah di publish di internet, berita seperti itu akan sangat cepat menyebar sampai sekarang ini.


Namun bagi user PS4 Balikpapan, yang sudah memiliki PS4 jangan senang dulu, tidak semua model PS4, baik itu fat, slim atau pro yang kita gunakan saat ini bisa langsung di bajak dan di install game bajakan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Hacker tersebut untuk saat ini hanya me-release sistem bajakan hanya untuk firmware dibawah seri 4.05, silahkan teman-teman semua cek firmware bawaan PS4nya sudah seri berapa, jika firmware teman-teman di atas 4.05 (firmware terbaru sekarang versi 5.05), maka dipastikan PS4 teman-teman tidak bisa menggunakan sistem bajakan ini. Jika firmware teman-teman di atas 4.05 sudah di pastikan tidak bisa melakukan downgrade firmware, jadi jangan sampai terkecoh dengan tutorial yang ada di web-web atau youtube tentang downgrade firmware PS4, semua tutorial itu bisa dipastikan palsu, hanya untuk meningkatkan viewer pembuat tutorial.

Karena PS4 bajakan ini masih menggunakan firmware dibawah 4.05, maka tidak semua games akan bisa di mainkan, menurut informasinya game-games baru keluaran 2017 ke atas tidak bisa di mainkan, games 2017 ada beberapa sebagian yang masih bisa dimainkan. Namun menurut saya sih library games 2013-2016 itu sudah banyak sekali, jadi tidak ada masalah. Pengguna PS4Hen ini pun tentunya tidak bisa memainkan games Online, karena syarat memainkan game online adalah terhubung dengan PSN Network dan biasanya harus berada di firmware terbaru. Firmware 4.05 juga belum mendukung fitur hardisk external, jadi teman-teman hanya bisa menginstall game se ukuran hardisk bawaan PS4nya, atau upgrade ke hardisk lebih besar.

Apa sih dampak yang akan terjadi dengan munculnya sistem PS4 bajakan ini? Saya sudah melakukan beberapa analisa tentang hal ini.
  • Pertama tentunya akan muncul dua sisi dari pengguna PS4, yang masih setia dengan kaset original dan pengguna sistem bajakan (light and dark)
  • Unit PS4 dengan firmware 4.05 ke bawah akan menjadi langka, diburu oleh banyak orang, dan tentunya harga PS4 tersebut akan meroket naik.
  • Harga kaset original PS4 second/used/bekas harganya akan lambat laun menurun.
  • Pengguna PS4 akan mulai merata, tidak hanya di mainkan oleh segelintir orang saja, perlahan-lahan akan lebih bisa dirasakan oleh ekonomi menengah ke bawah.
Namun sebenarnya ini merupakan sebuah pukulan keras bagi para developer/publisher games. Dimana saat games mereka bisa dimainkan secara gratis, maka itu akan menurunkan pemasukan, atau keuntungan bagi studio tersebut. Di dunia video games saat ini, games pada PC sudah pasti bisa ke bajak, Xbox juga sudah bisa beli game ID yang murah, Nintendo 3DS kebawah sudah habis-habisan ke bajak, hanya PS4 yang saat itu yang belum tersentuh bajakan, dan menjadi jalur terbesar bagi para developers video games untuk bisa mendapat keuntungan, namun sekarang tentunya akan lebih berkurang karena PS4 sudah bisa memainkan games bajakan.


Kalau dari pihak Sony sebagai penyedia hardware dari console PS4 mereka tidak terlalu kena pukulan telak, karena console mereka tentunya akan semakin laku keras di pasaran dan dicari banyak orang.

Untuk kedepannya tetap sih, sistem bajakan ini tidak dapat dipungkiri akan mematikan console tersebut, merubah dan akan merusak sebuah ekosistem yang sudah ada. Lambat laun developer games akan males membuat game baru, kualitas dari sebuah game bisa aja semakin menurun, budget membuat sebuah game akan menurun, yang ini tadi menurunkan kualitas dari game tersebut. Dan siap-siap aja era PS5 akan segera di mulai.

Kalau dari saya pribadi sih, saya tidak pernah merasa rugi atau iri dengan adanya sistem bajakan ini, saya juga berharap teman-teman semua juga bangga sebagai pengguna kaset original, namun bagi yang memutuskan untuk beralih ke bajakan ya silahkan saja tidak ada yang melarang hal tersebut, selama hal itu TIDAK merugikan orang lain, ya silahkan aja.

Quote dari salah satu user PS4

"Original or Piracy it's just faith.. Yin and Yang, Light and Dark.. It's just Process to make everything Balance.. Enjoy no War"

3 comments:

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.