Apa sih arti NAT Type dalam PS4?



Network Address Translation (NAT) adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu device ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Dalam PS4 NAT di bagi menjadi tiga yakni :

- NAT Type 1 (Terbuka)

- NAT Type 2 (Sedang)
- NAT Type 3 (Terbatas)

Tipe dari NAT ini bisa kita cek melalui PS4, pada menu Settings - Network - Internet Connection Status, untuk para pengguna indihome di Balikpapan kita akan lebih sering mendapat NAT Type 2 atau kadang-kadang dapat NAT Type 3.

Untuk pengguna layanan game online dan multiplayer NAT Type ini sangatlah penting, karena kalau PS4 kita mendapat NAT 3 maka kita tidak bisa voice chat, download game, update dll, jadi intinya saat kita mendapat NAT 3 ini layanan yang kita dapatkan dari PSN akan sangat dibatasi. NAT 3 hanya bisa berkomunikasi secara voice dengan sesama NAT 3 dan 1.



Secara penjelasan :
NAT Type 1 kita dapatkan saat PS4 kita langsung terkoneksi ke internet (Dapat IP Publik dari ISP)
NAT Type 2 kita dapatkan saat PS4 kita terhubung ke internet via modem atau router (Dapat IP Lokal)
NAT Type 3 kita dapatkan saat PS4 kita terhubung ke internet via modem atau router, namun hal ini kadang terjadi dikarenakan masalah IP yang kita dapat dari ISP.

Secara ideal kita pasti menganggap yang paling bagus adalah NAT Type 1, namun itu tidak sepenuhnya benar, memang benar secara layanan kita mendapatkan yang paling baik, bermain game online lebih lancar, sangat jarang disconnect dalam bermain multiplayer, biasanya ping ke server PSN lebih kecil, dan NAT 1 ini bisa terkoneksi dengan semua NAT Type 1,2 dan 3. Namun dengan konfigurasi NAT 1 ini membuat PS4 kita lebih terekspos di internet, sehingga bisa mengakibatkan masalah dalam keamanan jaringan. Orang iseng bisa langsung mengakses IP dari PS4 kita dan masuk ke dalamnya.

Menurut website-website terpercaya, NAT Type 2 sebenarnya yang paling ideal, Walaupun NAT 2 ini lebih lambat dan sedikit lebih banyak lag di banding NAT 1, karena kita menggunakan perantara router, jadi secara keamanan jaringan akan lebih aman dan ideal. Berhubung rata-rata user PSN mendapatkan NAT tipe ini jadi tentunya akan banyak saja user yang akan bisa berkomunikasi dengan sesama NAT 2.

NAT Type 3, merupakan yang paling dihindari, NAT 3 merupakan NAT dengan kemungkinan disconnect paling tinggi saat kita bermain multiplayer, lag yang tinggi dan koneksi ke server PSN sangat lambat dan tentunya yang paling parah adalah layanan yang kita dapatkan dari PSN akan dibatasi, seperti kita tidak bisa voice talk, update game, upload save game dll.

NAT Type ini sebenarnya juga dipakai di console lain, seperti Xbox One, Nintendo Switch dan 3ds, PS3, PS Vita dll. Untuk merubah tipe NAT sebenarnya bisa dilakukan, namun kita harus sedikit merubah konfigurasi pada router yang kita gunakan, mungkin setelah saya coba nanti akan saya buatkan panduannya, jika memang berhasil diterapkan.


9 comments:

  1. Hallo Selamat siang,
    Salam hangat, Perkenalkan kami dari PT Hebros, perusahaan yang bergerak di bidang IT dan Jasa pemasangan serta Maintenance semua kamera CCTV indoor dan Outdoor (sesuai kebutuhan) yang berkantor di Jakarta Timur.
    Website : https://www.hebros.co.id & https://pthebros.wordpress.com/
    Email : support@hebros.co.id

    ReplyDelete
  2. Klo main semua game ps4 tp dc2 mulu pake indihome, tp klp pake hot hp telkomsel malah lancar, agan tau solusinya?

    ReplyDelete
  3. permisi gan numpang nanya, ane abis baca artikel agan yg "Antisipasi Network Error Saat Connect ke server PSN" nah ane ada pertanyaan. Ane baru beberapa hari berlangganan Indihome dan tiap dipake buat main FIFA 18 Online Seasons itu kenapa di menit 50 ke atas pasti lost connection ya gan? pas dimainin sih lancar ga ada lag sama sekali tapi tiap di menit 50 ke atas itu pasti DC (lost connection). Apa cuma ane yg punya masalah kaya gitu atau agan juga? Ane udah coba pake setting proxy sama kaya yg agan saranin tapi masih gabisa juga. Mungkin agan tau masalahnya dimana dan solusinya :D

    ReplyDelete
  4. Kondisi yg sama dgn agan yg diatas...gimana y cara perbaikinnya, awal mula sejak ganti modem nih...

    ReplyDelete
  5. @menjawab semua pertanyaan di atas
    Kalo menggunakan indihome selalu random, pengalaman saya seperti itu, restart modem untuk mendapatkan IP tertentu supaya main game online lebih lancar, atau coba tanya-tanya ke galeri telkom mengenai paket indihome gamer, jadi itu layanan khusu indihome utk yg menggunakan internet untuk bermain game

    ReplyDelete
    Replies
    1. gamenya mobile nggak ada ngaruhnya untuk ps4 player gan,mahalnya tetep 100mbps 900 rebu wkwkwk

      Delete
  6. Gini saya main pakai nat3. Awalnya lancar sih walau agak lag namun masih bisa download dan update.
    Tapi sekarang type natnya tertulis "gagal" atau "failed" cara fixnya gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling cuma coba restart modem , dan boba ulang ulang, saya juga kada begitu kalo download filenya besar biasanya di awal akan failed-failed dulu, namun kalo sudah berhasil download biasanya akan lancar aja

      Delete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.