Bug Harga di PSN Store Indonesia



Beberapa saat yang lalu PSN Store Indonesia (Reg 3) dihebohkan dengan kejadian bug error harga pada sebuah judul game yang sebenarnya baru saja di release, dan hal ini menimbulkan pro dan kontra di antara member-member nya.



Judul game yang mengalami bug adalah Kingdom Come: Deliverance, sebuah game dengan genre Action role-playing yang mengambil setting waktu medieval. Game ini baru saja release tanggal 13 Feb 2018, pada platform PS4 dan Xbox One dan PC. Harga asli dari game ini Rp. 680.000 namun karena bug error menjadi Rp. 680 rupiah saja, yup betul di bawah seribu rupiah.

Kejadian error harga ini hanya terjadi beberapa jam saja, tepatnya tanggal 20 Februari 2018, kemudian di perbaiki oleh pihak Sony sekitar pukul 17.00 WITA. Mungkin sudah banyak member PS4ID yang sudah membeli game ini saat terjadi error harga, dan tentunya ada juga yang tidak sempat, dan memang memutuskan untuk tidak membeli game tersebut.

Error harga seperti ini sebenarnya tidak hanya terjadi kali ini, beberapa saat yang lalu game judul Knack 2 benar-benar gratis di PSN Store di negara New Zealand, dan pada tahun 2016 kemarin game WRC 6 juga sempat mengalami error harga kalo tidak salah sekitar 64 ribu. Kalau dilihat, bug error ini sepertinya sering terjadi pada sebuah game yang baru saja di release. Dan semua game yang berhasil di beli di atas, fully tentunya bisa di mainkan.


Pro dan kontra antar member PS4ID, yang kontra terhadap hal ini menganggap bahwa orang yang membeli game saat terjadi error harga di sebut "MALING", namun yang pro menganggap, ini merupakan transaksi yang "SAH", karena kita membayar harga sesuai harga yang tertera di market nya. Ada juga yang bilang mental pencuri, merugikan developer dkk, namun dari pihak developer sebenarnya sudah di bayar secara full oleh pihak Sony, jadi tidak rugi, malah game nya menjadi terkenal karena banyaknya orang yang membeli game tersebut.



Terlepas dari pro dan kontra tersebut, kalau saya pribadi ya sikat aja, masukan ke library, menurut saya apa pun yang kita purchased di PS Store adalah legal, Ini merupakan kesalahan dari karyawan Sony Indonesia, kita sebagai konsumen tidak mungkin disalahkan, yang salah mereka yang pasang harga tidak sesuai, konsumen beli sesuai harga kok malah di salah in.

Semoga informasinya bermanfaat, terimakasih. :D

1 comment:

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.