Cara Masuk ke Save Mode PS4



Sekedar berbagi info, kalau PS4 kita mengalami masalah jangan langsung di service, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan terlebih dahulu sebelum membawanya ke jasa service.

Sama halnya seperti perangkat komputer, kerusakan PS4 bisa di bagi menjadi 2 bagian, yakni kerusakan pada Hardware (fisik) dan Software (Sistem Operasi), Saya sudah beberapa kali berhasil memperbaiki PS4 yang mengalami masalah dengan cara masuk ke safe mode ini.

Secara singkat safe mode adalah sebuah sistem yang paling dasar sebelum kita masuk ke menu PS4, fungsinya adalah kita bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi di sekitar kerusakan software, contohnya, seperti PS4 tidak bisa masuk ke menu utama, loading startup sangat lama, Stick DS4 tidak mau connect, save game sering corrupt, Sering muncul error kode tertentu, terjadi looping pada sistem, salah resolusi setting, Sering hang dll, pokoknya semua hal yang masih bisa kita logikakan bahwa itu merupakan kerusakan secara software.

Nah dengan masuk ke menu safe mode ini kita akan diberikan beberapa pilihan yang bisa kita pilih untuk menangani beberapa masalah di atas. Namun perlu diperhatikan, melakukan beberapa prosedur yang ada di safe mode bisa menghapus semua data yang ada di PS4 kita, seperti data download patch games, save data, DLC dll, jadi kita perlu memikirkan secara matang-matang terlebih dahulu untuk memilih menu-menu yang ada pada safe mode, pada artikel di bawah akan saya jelaskan lebih lanjut.

Safe mode ini berlaku untuk semua varian PS4 (fat, slim, pro)

Pertama-tama untuk masuk ke safe mode, kita harus melakukan beberapa hal,
1. Pastikan PS4 benar-benar dalam keadaan mati. (Shutdown PS4)
2. Saat PS4 sudah benar-benar mati, tekan dan tahan tombol power 1x sampai kita mendengar suara bip 1x lalu tahan sampe terdengar bib ke 2x lalu lepas tombol powernya. (bip 2x maksudnya 1 bip saat pertama kita menekan tombol power dan bip ke 2 sesaat kemudian lalu lepas)
3. Kemudian kita akan masuk sebuah menu hitam dan ada beberapa pilihan, untuk memilih, sambungkan kabel USB dari PS4 ke stik DS4 lalu tekan tombol PS.
Berikut ini video yg saya buat: https://www.youtube.com/watch?v=47kUoovlJoY 

Berikut menu-menu yang ada di Safe mode, dan penjelasannya :


1. Restart System - Mengakhiri sesi safe mode dan melakukan restart normal pada PS4.

2. Change Resolution - Merubah resolusi pada PS4 menjadi 480p, lalu restart PS4, fungsinya jika kita salah setting antara resolusi TV dan PS4, kita bisa merubahnya lagi melalui safe mode ini.

3. Update System Software - Memberikan kita ijin untuk meng-update software via USB, menu ini sama seperti menu update firmware yang ada di menu setting PS4.

4. Restore Default Settings - Mengkonfigurasi settingan pada PS4 ke konfigurasi awal waktu keluar dari pabrik, menu ini berguna jika kita ada salah setting pada menu setting PS4 dan tidak tau apa yang barusan kita setting, jadi kita bisa set to default. Menu ini tidak menghapus data file kita.

5. Rebuild Database - Menu ini akan membuat profile database baru dengan menggunakan database lama, fungsinya jika profile PSN kita error, menu ini lah penyelamat nya, proses rebuild ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, tergantung sebanyak apa data profil yang kita miliki di PS4.

6. Initialize PS4 - Menu ini digunakan untuk benar-benar menghapus semua data profile kita dan menggantinya dengan data baru yang lebih fresh, fungsi menu ini sama seperti kita install ulang sistem operasi pada komputer agar fresh seperti keluaran dari pabrik. Perlu diperhatikan jika kita melakukan prosedur ini maka semua file lama kita akan terhapus. jadi usahakan backup save file dari game yang kita mainkan via FDD atau Syinc via PS+. Menu Initialize PS4 ini sama dengan menu Initialize PS4 yang ada pada menu Setting.

7. Initialize PS4 (Reinstall System Software) - menu ini sama seperti di atas, bedanya semua yang ada di PS4 total akan terhapus, baik itu profil, software atau firmware, dan instal software baru via ROM. Perlu diperhatikan jika kita melakukan prosedur ini maka semua file lama kita akan terhapus.

8. Set HDCP Mode - Menu ini hanya tampil pada mesin PS4 Pro, fungsinya adalah untuk melakukan setting HDCP 2.0 (High-bandwidth Digital Content Protection). Tidak semua TV 4k Sudah support HDCP 2.0, jika settingan berbeda maka layar pada TV kita akan blank, maka kita perlu masuk ke menu ini untuk menurunkan konfigurasi HDCP 2.0 menjadi HDCP 1.4 lalu me-restart PS4 kita.

Kerusakan Software dari PS4 seringkali terjadi jika PS4 kita tiba-tiba mati karena kehendak dari PLN, Mesin PS4 yang masih menggunakan hardisk yang berbentuk disk cakram tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kejadian ini, maka seringkali terjadi file corrupt yang mengakibatkan software PS4 kita tidak stabil dll, makanya pihak Playstation sudah mempersiapkan save mode ini untuk kita sebagai user bisa memperbaiki masalah-masalah yang ada hubungannya dengan software.

Oke semoga informasi yang saya paparkan bisa berguna untuk teman-teman semua..

10 comments:

  1. Ps4 slim saya tidak mau masuk ke xmb.. Saya ikuti cara diatas, tapi Ketika bunyi ke dua kali ps4 nya bukan masuk ke safe mode, malah shutdown.. Bagaimana ya solusinya

    ReplyDelete
  2. Terima kasih
    Sgt membantu skli

    ReplyDelete
  3. Kayaknya tidak berlaku untuk PS4 slim.. pada saat bunyi bib ke 2 malah shutdown jadi bingung..

    ReplyDelete
  4. @ll kemungkinan sudah benar mencetnya, matikan PS4, tekan tombol power 1x akan bunyi bib 1x tahan sampe bunyi bib ke 2x baru lepas, nanti saya coba cek di ps4 pro saya, kalo di web nya sony masih sama caranya, jadi harusnya ga ngaruh PS4 slim apa tidak

    ReplyDelete
  5. Ini video yg saya buat, PS4 Pro masuk ke save mode : https://www.youtube.com/watch?v=47kUoovlJoY

    ReplyDelete
  6. jika ada yg tidak bisa dengan cara yang di atas mungkin ini membantu silakan klik
    Cara Masuk Ke Save Mode Ps4 Slim, Fat, Dan Pro

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.