Game Overview: Odin Sphere Leifthrasir (PS Vita)


Saya harus berterimakasih terhadap sistem game lama yang di-remastered, karena kalo tidak ada itu saya tidak akan pernah merasakan memaikan game Odin Sphere ini. Odin Sphere merupakan game yang sudah lama direlease untuk platform PlayStation 2 pada tahun 2008 silam, didevelop oleh Vanillaware, Vanillaware sendiri sudah me-release game-game yang cukup terkenal seperti Dragon's Crown, Muramasa Rebirth dan kedepannya akan merelease game dengan genre yang sama pula dengan judul 13 Sentinels: Aegis Rim.

(PS2 Cover Odin Sphire)

(Dragon's Crown)

(Muramasa Rebirth)

(13 Sentinels: Aegis Rim)

(Odin Sphere Leifthrasir)

Versi remastered dari game ini diberi judul Odin Sphere Leifthrasir, yang merupakan game exclusive untuk Playstation 3, 4 dan PS Vita, game versi remastered ini tentunya mendapatkan sentuhan peningkatan grafik yang lumayan signifikan, dan mendapat beberapa fiture-fitur baru sehingga permainan dalam game ini memiliki fase yang lebih cepat.

(Perbandingan grafik PS2 dan PS4)





Untuk teman-teman yang belum pernah memainkan game dari developer Vanillaware, bisa di coba deh, grafik-art yang diberikan cukup unik sekali, beda dari game lainya, saya jadi ingat pertama kali memainkan game Muramasa Rebirth di PS Vita, membuat saya merasa terkagum - kagum dan merasa 2D games bisa dibuat menjadi game semanarik ini dan bisa disandingkan dengan game AAA lainnya.





Oke sudah cukup pembukaannya, mari kita bahas lebih dalam tetang game ini. Odin Sphere Leifthrasir menceritakan 5 sudut pandang karakter yang berbeda, dan masing-masing karakter tersebut dibuat chapter sendiri-sendiri, jadi bisa dibilang antar-karakter satu dan yang lainnya akan saling bersangkutang storynya, oiya game ini mengambil setting tema mitologi Nordik, dimana cerita pertama diawali dengan cerita seorang putri dari Odin bernama Gwyndolyn yang ingin menarik simpatik dari ayahnya Odin dan keluar dari bayang-bayang kakaknya yang sudah menginggal dalam perang, kemudian dilanjutkan dengan seorang pangeran yang dikutuk menjadi seekor Poka (karakter kelinci) bernama Cornelius, lanjut ke putri Mercedes yang dipaksa untuk memimpin pasukan peri, karena ratu sebelumnya meninggal dan akibat kejadian itu terjadi pemberontakan dari bangsa peri, setelah itu ada Oswald sang "Shadow Knight" merupakan sebuah karakter yang sedang kebingungan dan tindakannya selalu dikontrol oleh ayah tirinya yang ternyata jahat, terakhir ada Velvet seorang karakter yang merupakan keturunan terakhir dari raja Valentine. Jadi masing-masing tokoh memiliki masalah sendiri-sendiri yang harus mereka selesaikan dan selama petualangan berlangsung antara satu kejadian akan mempengaruhi kejadian di tokoh karakter yang lainnya. Hingga akhirnya semua karakter akan berkumpul untuk mewujudkan sebuah ramalan kuno tentang kehancuran dunia.






Setting dunia utama bernama Erion dibagi menjadi beberapa teritori negara, seperti Ringford wilayah hutan belantara yang dikuasai oleh kaum peri, Ragnanival kawasan kerajaan dewa-dewa yang dikuasai oleh "Deamon Lord" Odin, kawasan Titania dikuasai oleh ketrunan raja Valentine, daerah ini seperti dunia untuk para manusia, ada juga kawasan gunung berapi yang dikuasai oleh raja Onyx, dan terakhir ada Netherworld sebuah daerah yang dikuasai oleh ratu Odette, yang merupakan dunia untuk para roh yang sudah mati. Setiap arena memiliki grafik dan efect yang berbeda-beda dan sangat bagus sekali desain arenanya.






Gameplay dari game ini 2D side-scroling game, jadi kita akan pindah-pindah arena, dan di setiap arena ada beberapa musuh yang muncul, kita diharuskan membunuh semua musuh yang ada di arena itu, di akhir map akan selalu ada boss yang sudah menunggu kita. Gameplaynya cukup bagus, skill yang diberikan cukup banyak, ada mode shortcut skill jadi untuk mengeluarkan sill tertentu sudah tidak ada delay lagi. Kenaikan level atau experiance dari game ini kita didapat dari memakan makanan, jadi kita bisa menanam suatu benih tanaman tertentu dan memberikan semacam soul agar benih tersebut tumbuh lalu menghasilkan buah, lalu buah itu bisa kita makan atau bisa kombinasikan dengan buah-buah lain atau bahan-bahan lainya yang kita dapat dari drop musuh sehingga menghasilakn suatu masakan tertentu yang tentunya exp yang kita dapat lebih banyak saat memakan makanan tersebut dari pada memakan langsung bahan mentahnya.






Secara keseluruhan yang sangat meninjol dari game ini adalah grafik arts yang unik, dan story yang terbilang cukup bagus, terlihat dari developer yang benar-benar niat membuat Level design yang lumayan panjang, saya sudah menghabiskan sekitar 40 jam total dan masing-masing karakter sudah dikisaran level 50. Namun menurut saya karakter dari game ini terlalu banyak, diawal-awal story memang sih saya terkagum-kagum dengan dunia yang diberikan, namun setelah di akhir cerita atau dua karakter terakhir rasanya cukup repetitif, karena arena yang kita datangi akan hampir-hampir sama dan kita akan melawan musuh dengang model yang sama pula. Nanum game ini memiliki beberapa ending yang seru jika kita dapatkan semua, dan ada beberapa ending tersembunyi yang kalau kita dapatkan semua rasanya game ini benar-benar "selesai", tidak menggantung ceritanya. 






Intinya yang belum pernah merasakan game basutan Vanillaware wajib untuk memainkan game ini, karena kita akan merasakn sebuah experiance baru dalam bermain sebuah game. Dengan tema story, per-Cintaan, Pengorbanan, Persahabatan, Misteri, Penghianatan dll membuat game ini memiliki storyline yang "kaya". Game ini tersedia juga untuk PS4 dengan grafik 1080p dan 60fps membuat lebih nyaman di mata kita.


No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.