Game Overview : Lego Star Wars: The Force Awakens (PS Vita)


Akhirnya beberapa minggu ini mulai lagi main game lego, dan rencananya saya ingin menamatkan semua game lego yang ada di PS Vita, setelah menamatkan Lego Jurassic World, lanjut ke Lego Star Wars: The Force Awakens, saya memetuskan untuk membuat review singat mengenai game ini, karena ada beberapa poin yang berbeda dengan game lego lainnya.
Pembukaan dulu, untuk yang belum tau game jenis lego adventure, biasanya game jenis ini selalu develop oleh Traveller's Tales Games Studio (TT Games) dan studio ini biasanya akan bekerja sama juga dengan studio pembuat filem yang akan dibuat game legonya, semisal untuk game lego Star Wars makan dibawah lisensi Lucasfilm, Lego Juasic World berada di bawah lisensi Warner Bros. TT Games sendiri sudah membuat game dengan jenis lego ini dari tahun 2007, jadi memang sudah cukup lama sekali. Biasanya game lego selalu ada disemua platform console PS4, Xbox, PS3, WII, handheld PS Vita, 3DS dan mobile device seperti iOS dan Android. Namun biasanya antara versi console dan handheald selalu sedikit berbedaan dari segi cerita atau ke-kompleksan konten serta jumlah karakter pada hendheld selalu dibatasin.
Oke saatnya membahas lebih lanjut tentang Lego Star Wars: The Force Awakens, game lego ini story linenya berbasi pada filemnya Star Wars: The Force Awakens, dan untuk poin-poinnya hampir sama persis seperti yang ada film, kadang game lego yang mengambil adapatasi dari filem cerita story linenya tidak sama persis dengan yang ada di film, namun pada game Lego Star Wars: The Force Awakens ini ceritanya sama persis dengan filmnya. 
Yang membedakan game ini dengan game lego sejenis adalah adanya sistem Multi-Builds, dimana karakter utama bisa membangun bangunan lego dan ada beberapa pilihan mau membangun bangunan A atau bangunan B, jadi ada sedikit puzzle saat kita membangun bangunan lego. Ada pula sesi kejar-kejaran seru di luar angkasa menggunakan pesawat khas dari seri Star Wars seperti X-Wings, Milinium Falcon, sitem baru yang tidak kalah seru adalah sitem Blaster Battles, yang mana karakter utama akan bersembunyi di balik tembok dan melakukan baku tembak dengan musuh. 
Yang seru dari game lego menurut saya game ini terdiri dari ratusan karakter yang menunggu untuk kita unlock semua, beberapa karakter yang terkenal seperti Rey, Finn, Captain Phasma, Poe Dameron, Han Solo, Kylo Ren dan robot droids C-3PO dan BB-8. Beberapa karakter dalam game ini memiliki skill khusus yang berguna untuk mengumpulkan collectable item yang tersebar dalam setiap arena dari game ini. Tidak itu saja, game ini bisa dimainkan 2 Players secara split screen jadi antar pemain dapat saling membantu untuk mencapa titik tertentu dari sebuah arena, dan tentunya mereka harus saling bantu membantu agar dapat menyelesaikan misi tersebut.
Setelah menamatkan game ini pun masih ada beberapa bonus story line yang mengambil tema sekitar kejadian yang tidak diceritakan di film aslinya, Lucasfilm memberikan kebebasan developer game ini untuk menyajikan back story dari beberapa karakter utama. Jadi salah satu bonus sory dari game ini menceritakan bagai mana proses Han Solo untuk mengankap alien yang berbentuk seperti gurita saya lupa namanya, yang pada filemnya hewan buas itu sudah ada di dalam pesawat base Han Solo. Game lego ini sebenarnya menjebatani gap story kosong antara seri Star Wars Return of the Jedi dan The Force Awakens.
Overall game ini mendapat, score yang cukup tinggi dari potal game sperti IGN memberi skor 9/10, karena dapat menyajikan game lego perang antar bintang yang cukup seru, game ini pun mendapatkan best-selling retail video games di UK diminggu pertama saat release. Game lego selalu memberikan unsur fun dalam sebuah permainan, yang mana akan seru di mainkan sendiri ataupun berdua, karena unsurgame tidak berat jadi game ini cocok di mainkan oleh siapa saja.

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.