Game Overview : FarCry 4

 Game Overview : FarCry 4

Kali ini saya mau bercerita tentang Far Cry 4, Oke mari flash back dulu, seri game Far Cry mulai dilirik oleh para gamers sejak Far Cry 3 di PS3 (2012), Para games dibuat kagum dengan grafik alam hutan hujan tropis pada game itu. Maka Ubisoft ingin mengulang kesuksesan pada era itu, maka muncullah Far Cry 4.

Far Cry 4 kembali mengambil setting hutan, namun dibumbui dengan unsur pegunungan es Himalaya, pada awalnya story cukup simple dimana tokoh utama Ajay Ghale yang pulang dari merantau dan ingin mewujudkan final wish dari ibunya yakni menaburkan abu ibunya yang telah meninggal di seluruh plosok daerah yang dinamai Kyrat, dan ternyata Kyrat sendiri telah di kuasai oleh militer lokal yang dipimpin oleh Pagan Min. Disini Ajay Ghale bergabung dengan penduduk lokal yang memerangi Pagan Min yang disebut Golden Path.


Dari segi grafik tentunya cukup memukau, rumput dan daun yang bergoyang, efek salju, pencahayaan sinar matahari yang membias pada permukaan air dan pepohonan, siklus siang dan malam yang membuat dunia Kyrat semakin wow.



Oke lanjut ke karakter, ada beberapa karakter penting dalam game ini, terutama yang membuat story menjadi bercabang dan tidak hanya satu cerita saja, Amita dan Sabal adalah dua karakter yang memiliki pandangan berbeda untuk mencapai kebebasan dan masa depan Kyrat. Disini kita harus memilih sisi siapa yang kita pilih dan tentunya story akan mengikuti dari sisi yang kita pilih. Saya memilih story Amita, dan jujur ternyata cukup radikal, dimana salah satu misinya adalah merebut ladang ganja milik Pagan Min, yang tujuannya setelah Kyrat terbebas penduduk Kyrat masih punya masa depan, dan ada beberapa misi lain yang cukup gila. Memang sebenarnya kita di paksa untuk memainkan game ini dua kali, karena endinya pun ada dua.

Side mission juga banyak, setelah membebaskan pos, ada beberapa misi tambahan yang bisa kita selesaikan untuk menambah exp dan uang. Side mission ada bermacam-macam seperti; membebaskan tahanan, membunuh orang tertentu menggunakan senjata tertentu, melindungi warga dari binatang, membantu warga mencari bahan dari binatang tertentu dll.


Lanjut ke aspek lainnya, Senjata, digame ini senjata cukup berfariativ, mulai dari panah, pistol, senapan, sniper, hingga senjata kelas berat seperti bazoka. Ada beberapa senjata yang bisa di modifikasi, seperti tambahan magazine/ peluru atau tambahan scope untuk menarget musuh. Ada pula senjata spesial yg benar-benar full upgrade. Di awal game Saya cuma pake senjata panah, karena pelurunya murah dan anak panah yang menancap di musuh bisa di ambil lagi jadi hemat.


Pada game ini juga ada aspek berburu binatang untuk upgrade equipment, lumayan seru karena kita harus kejar-kejaran dengan binatang buruan dan harus mencari beberapa binatang yang cocok untuk diambil komponen tubuhnya. Ada beberapa binatang yang cukup tangguh seperti badak, harimau, beruang dan serigala yang lincah dan selalu berkelompok kalo menyerang, dan diakir upgrade kita harus memburu rare animal tertentu yang bentuk dan jenisnya unik. Disini kadang binatang-binatang malah membantu kita dalam menguasai base pos musuh, dengan membuat para pasukan musuh kocak kacir dan panik.


Dalam Far Cry 4 ini juga dibumbui dengan unsur mistik, dimana tokoh utama akan masuk ke suatu dunia bernama Shangri-La, di dunia itu kondisi alamnya berubah drastis, dan tentunya kita akan di bawa kedunia itu lebih dalam lagi dan mengetahui apa rahasia dibalik Shangri-La.



Terakhir aspek kendaraan, ada beberapa kendaraan pada game ini dan secara keseluruhan hampir sama saja, rata-rata adalah mobil 4x4 untuk medan hutan dan ada kendaraan yang cukup unit dan baru pada game ini yakni mini helicopter, dengan mini helicopter kita bisa terbang rendah dan mencapai tujuan jauh lebi cepat dari pada lewat darat yang medannya naik turun dan bertebing. Dan enaknya juga kita bisa langsung menguasai tower dengan cara naik mini helicopter dan mendarat di atasnya XD.



Secara keseluruhan game ini cukup manarik, Gameplay saya untuk satu alur cerita hingga 50an Jam, dengan beberapa side misi yang belum selesai dan colectble item yang belum diambil. Menguasai pos dengan diam-diam menggunakan senjata sniper cukup seru dan menegangkan. Dan pada game juga ada beberapa fanservice upsss;P



2 comments:

  1. ane baru main nih ,,, klo dari sisi sabal gmn ya ??

    ReplyDelete
  2. Kalo dari sabal nanti kita di suruh menghancurkan ladang ganja ,tapi kalo Amita nanti kita disuruh melindungi ladang ganja dari musuh tapi nanti ending nya sama

    ReplyDelete

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.