Analisis Cerita dari Trailer Pertama Grand Theft Auto VI (GTA6)

Saya coba menganalisis trailer pertama Grand Theft Auto VI (GTA 6) dari segi alur cerita, yang mungkin saja akan terjadi di dalam full game-nya nanti. Benar atau tidaknya, marilah kita tunggu 2 tahun lagi.

Setelah melihat trailer tersebut secara berulang-ulang, pada menit ke 1.05 adegan Florida Joker, terlihat di belakang karakter Joker ada sebuah emblem polisi, gambarnya adalah seorang wanita yang melihat horizon, dan belakangnya ada sebuah pohon dan ular. Ada juga gambar laki-laki yang (di korbankan) di gigit buaya.

Dari gambar di atas saya langsung mengingat cerita tentang Adam, Hawa dan buah pengetahuan.  

Ceritanya kurang lebih seperti ini, Setan (dalam bentuk ular) mendekati Hawa dan membujuknya untuk memakan buah terlarang, dengan janji bahwa itu akan memberikan pengetahuan yang besar. 

Hawa kemudian memetik buah terlarang, lalu memberikan buah tersebut kepada Adam, dan keduanya memakannya. Akibatnya, mereka sadar akan dosa dan ketidakpatuhan mereka terhadap perintah Allah. Allah mengusir mereka dari Taman Eden sebagai hukuman atas pelanggaran tersebut.

Dari sini saya langsung paham kenapa suara narator dari trailer di ambil dari sudut padang karakter perempuan (Lucia). Terlihat juga sepanjang trailer kalau Lucia adalah bosnya, karakter Lucia selalu berada di depan / di atas, sedangkan karakter laki-laki (Jason) hanya mengikuti dari belakang. 

Terlihat Lucia sebagai pengambil keputusan sedang Jason hanya mengikuti, persis seperti cerita Adam dan Hawa di atas.

Hal menarik lainnya adalah, sebagian besar dari trailer kita hanya melihat 1/2 dari wajah karakter Jason (sedang wajah Lucia terlihat full sejak menit awal trailer), ini mengingatkan saya kembali dengan karakter dari novel The Phantom of the Opera

Pada novel tersebut karakter laki-laki yang berparas sangat tampan, tetapi dia selalu memakai topeng yang menutupi 1/2 wajahnya. Maksud dari simbol topeng tersebut adalah, si-laki-laki tersebut sebenarnya memiliki sifat yang ingin dia sembunyikan, supaya orang lain tidak tau.

Benar saja, saat topeng itu di lepas ternyata 1/2 wajahnya sangat jelek (seperti bekas luka bakar). Hal ini melambangkan dualitas sifat manusia, manusia selalu menunjukkan yang baik ke orang lain, namun menyembunyikan sifat jahatnya.

Sepanjang trailer GTA 6 terlihat karakter Jason selalu melakukan tindak kejahatan (karena di ajak Lucia), namun saya yakin 1/2 wajah (sifat) yang dimilikinya adalah sifat baik, kebalikan dari karakter pada Phantom of the Opera, menunjukkan yang baik, menutupi yang jahat, sedang Jason, memperlihatkan yang jahat namun menutupi yang baik. 

Kalau di perhatikan secara seksama, ekspresi wajah karakter Jason juga selalu terlihat bimbang, ada teori juga kalau Jason adalah polisi yang menyamar, namun tidak sengaja jatuh cinta terhadap seorang wanita.

Menurut analisa yang sudah saya tulis di atas, game Grand Theft Auto VI sepertinya ingin mengambil inspirasi dari kisah Adam & Hawa, dan tentunya akan menceritakan tentang pengkhianatan di antara karakter-karakter yang ada di dalamnya nanti, jadi dari awal jangan berharap untuk mendapatkan happy ending.

Kata-kata manis terucap dari bibirnya..
Namun, setan menyelinap di antara nada..
Janji palsu diucap dengan lincahnya..
Pengkhianatan membentuk bayang tak terduga..

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.