PlayStation Stars - October 2022 Campaigns + Cara Menyelesaikannya

PlayStation baru saja me-release sebuah program loyalitas terbarunya yang di beri nama "PlayStation Stars", program ini bertujuan untuk memberikan sebuah apresiasi kepada para pemain setia dari PlayStation. Dengan mengikuti program ini maka kita akan mendapatkan berbagai macam keuntungan seperti; 

1.  Mendapatkan Poin yang nantinya bisa di tukarkan dengan wallet atau game.
2. Kita juga bisa mengoleksi berbagai macam Diorama item digital (digital collectible) yang bentuknya mirip seperti NFT tapi bukan. 
3. Jika kita bisa sampai ke level 4, maka kita akan mendapat prioritas untuk layanan ke costumer support, yang biasanya kalau saya email pihak PSN butuh waktu 5-7 hari kerja, ini mungkin bisa dalam hitungan jam saja.

PlayStation Stars di release tanggal 29 September untuk wilayah Asia, namun sayangnya hingga saya tulis artikel ini, region 3 Indonesia masih belum di release juga, padahal program ini sudah di release di negara tetangga Malaysia. Karena saya menggunakan akun utama region 1 US (release 5 Oktober) maka saya berkesempatan untuk mencicipi fitur ini lebih awal, dengan tujuan bisa membagikan sedikit pengalaman saya kepada teman-teman semua.

Pada halaman utama PlayStation Stars kita akan di suruh menyelesaikan beberapa tugas seperti berikut ini;

October 2022 Campaigns (Reg US):
0. Title: -
Description: Check out view from here. Welcome to PlayStation Stars.
Objective: Otomatis dapat saat kita bergabung dengan PlayStation Stars.
Reward: PlayStation Star Gazer Telescope. (Common Collectible)
Cara menyelesaikannya : Kita tinggal masuk ke PlayStation Apps, lalu daftar PlayStation Stars secara gratis, maka reward ini terbuka secara otomatis. 

Kita akan mendapatkan diorama sebuah teropong bintang (Star Gazer Telescope), mungkin maksudnya adalah sebuah alat yang kita gunakan untuk mulai mengamati bintang-bintang di angkasa (PlayStation Stars). 

1.  Title: October Check In
Description: Happy October! Always good to see you.
Objective: Play any game (PS4/PS5).
Reward: PlayStation Tech Demo Tyrannosaurus Rex (Uncommon Collectible)
Cara menyelesaikannya : Cukup simple, kita cuma harus memainkan sebuah game apa saja dalam kondisi PS4/PS5 sedang online, maka otomatis reward ini akan terbuka. Pengalaman saya ada delay sekitar 3-5 jam hingga reward ini terbuka. Namun beberapa member di Reddit melaporkan, reward ini terbuka tanpa harus memainkan game apa pun.

Hadiah yang kita dapatkan adalah sebuah diorama, seekor T-Rex yang sedang memegang tongkat dari game legendaris Sly-Cooper, dan akan mengait sebuah apple di atas pohon. Sepertinya pihak PlayStation ingin meng-explorasi unsur - unsur nostalgia dalam berbagai macam dioramanya.

2. Title: The World Warrior's Challenge
Description: Pick a fight to honor 30 years of Hadoukens.
Objective: Launch one of these games.
- Street Fighter V
- Ultimate Marvel vs. Capcom 3
- Mortal Kombat 11 (Free on PS+ Extra)
- TEKKEN 7
Reward: Novelty Toy Fight Trophy (Uncommon Collectible)
Cara menyelesaikannya : Kita tinggal memainkan salah satu game fighting di atas, saya mencoba memainkan game TEKKEN 7, karena saya punya BD fisiknya. Saya coba untuk memainkan story seperti biasa, sayangnya reward tetap tidak terbuka setelah saya tunggu selama 1 hari 1 malam. Setelah saya mencari informasi lebih lanjut, ternyata ada yang meng-infokan kalau kita di suruh memainkan salah satu game di atas dalam mode multiplayer online?.

Setelah 2 hari memainkan game ini, bolak balik offline + online, reward saya tetap belum terbuka, Saya menggunakan BD fisik region 3 (full update) sedang saya memainkan di akun region 1, saya masih belum tau masalahnya ada di mana, apakah hanya bug delay atau harus membeli game tersebut di region 1?. Saya juga mengubah koneksi internet dari Indihome ke hotspot Telkomsel dan hasilnya tetap saja nihil.

*UPDATE 13 Oktober 2022
Akhirnya saya tau masalahnya di mana, kita harus memainkan game dalam list dengan region yang sama, jadi tidak boleh menggunakan region lain misal region 3 Indonesia, walaupun itu dalam bentuk BD. Kita juga tidak bisa meminjam game dari akun lain, misal region Turkey atau Indonesia, jadi harus benar-benar murni game-nya harus game region 1.

Triknya di sini saya klaim PlayStation Premium trial 7 hari, kagetnya saya ternyata tidak di minta untuk menempel CC. Setelah saya klaim trialnya, saya coba untuk download Mortal Kombat 11 (free PS+ Premium), downloadnya juga tidak sampai selesai, hanya sampai gamenya bisa di jalankan, kalau tidak salah sekitar 16GB dari total keseluruhan 43GB. Nah saya ada trik lagi supaya MK11 tidak ter register ke trophy list saya, adalah dengan menjalankan MK11, lalu sesegera mungkin langsung di close sebelum masuk menu utama, jadi trophy MK11 tidak ter register di trophy list saya, namun teregister di PlayStation Star. Akhirnya pada tanggal 12 Oktober saya berhasil mendapatkan diorama Novelty Toy Fight Trophy.
3. Title: PlayStation Store Picks
Description: Grab your next favorite game! Buy one of these select games from the PlayStation Store.
Objective: Buy one of these games. 
- NBA 2k23 harga $59.99 (870rb)
- Saints Row 5 harga $44.99 (728rb)
- TMNT: The Cowabunga Collection $39.99 (580rb)
- The Last of Us Part 1 $69.99 (1.015jt)
- Inscryption $19.99 (290rb)
- Madden NFL 23 $59.99 (870rb)
Reward: 50 Points
Cara menyelesaikannya : Beli salah satu judul game di atas, ini yang membuat pro kontra antar para pemain, karena kalau kita sudah memiliki game-nya, atau sudah pernah beli sebelum program royalti ini berjalan, maka itu tidak di hitung, kita harus membeli judul lainnya untuk mendapatkan reward 50 poin. 

Ternyata list game di saya berbeda, tidak seperti list global di atas yang penuh dengan AAA games, kebanyakan list game di saya adalah game indie, sepertinya pihak PlayStation tau kalau akun region 1 saya tidak pernah di pakai untuk beli game AAA, beriku ini list games di saya :
- Jack Move harga $19.99 (290rb)
- Made in Abyss harga $59.99 (870rb)
- Session: Skate Slim harga $49.99 (725rb)
- Hakko Life harga $19.99 (290rb)
- Tunic harga $29.99 (435rb)
- Century Age of Ashes (free)

Dari variasi harga di atas terlihat pihak PlayStation sedang melakukan A-B Testing kepada penggunanya, Sony sedang mengumpulkan data kemampuan finansial kita membeli sebuah game, cuma untungnya di list saya ada F2P game, sehingga saya tidak perlu keluar uang untuk mendapatkan reward 50 poin. 

Namun sayangnya setelah saya klaim free game tersebut dan menunggunya 1 hari 1 malam, hasilnya juga nihil, reward 50 poin belum saya dapat. Ada laporan juga salah satu user di Reddit dalam listnya ada game Phantasy Star Online 2 (free juga), namun setelah dia klaim reward tidak masuk sama seperti saya, namun setelah dia beli game berbayar yang ada di list, reward 50 poinnya langsung terbuka, jadi ini belum jelas apakah dengan kalim free game masuk hitungan apa tidak?.

*UPDATE 13 Oktober 2022
Bisa di pastikan ini tidak teregister kalau kita klaim free game, kita harus beli game yang ada harganya, pertanyaannya kenapa free gamenya ada dalam list tersebut? kalau ga bisa di register.
4. Title: Hit Play/1994
Description: Launch the game matching a c.1994 song
Objective: Launch all of the following games. It looks like cloud streaming will count, according to several users. Cloud streaming is available via PlayStation Plus Premium.
- Stay x Circle of Life = Memainkan game, Returnal PS5 Only (56GB)
- Baby I Love Your Way x Go West = Memainkan, Death Stranding (80GB)
- Mr Jones x Regulate  = Memainkan, Uncharted 4: A Thief's End (63GB)
- More Human than Human = Memainkan, Detroit: Become Human (42GB)
- Wild Night = Memainkan, Until Dawn (38GB)
- Streets of Philadelphia = Memainkan, Heavy Rain (35GB)
Reward: Sony Cord Machine (Heroic Collectible)
Cara menyelesaikannya : Kita harus mendownload ulang semua game di atas yang total ukurannya sekitar 314GB. karena saya belum punya PS5, maka list game Returnal tidak ada di list PlayStation Stars saya. Di sini saya mulai gentar, dengan speed internet yang pas-pasan, apakah mungkin menyelesaikan download game di atas selama 1 bulan?. 
Sony CFS-C7 Chord Machine tahun 1982
Berita baiknya semua list game di atas tersedia gratis jika teman-teman berlangganan PS+ Extra. Saya lalu mencoba mendownload Heavy Rain dan Detroit: Become Human di akun reg 3 yang ukurannya lumayan kecil, lalu saya memainkan game tersebut kurang lebih 30 menit, dan keluar dari game. Setelah saya tunggu 1 hari 1 malam ternyata check list dalam PlayStation Stars saya saya belum ter-contreng, saya tidak tau ada masalah di mana, apakah gara-gara saya hanya meminjam game tersebut dari akun yang lain? Misteri.

*UPDATE 13 Oktober 2022
Kasusnya sama dengan poin nomor 2, di mana region game wajib sama dengan region akun, tidak boleh meminjam dari region Indonesia atau Turkey. Setelah saya download semua game di atas, dan juga downloadnya tidak sampai selesai, hanya sampai gamenya bisa di mainkan, total hanya 92GB saja. Setelah selesai download pun, saya jalankan gamenya sampai menu utama, tidak ada 1 menit, list yang di PSN Star sudah ke update. Jadi memang kendalanya ada di sini.

Secara keseluruhan menurut saya pribadi program royalti PlayStation Stars ini masih sangat kurang menarik, saya melihat hal ini malah menjadi ajang promosi / iklan produk-produk PlayStation di bandingkan memberikan royalti kepada para pemain setianya. Kita di dorong untuk lebih konsumtif dan mengeluarkan uang lebih jika ingin membuka reward yang ada. Contoh nyatanya adalah list no 4 di mana secara tidak sadar PlayStation mendorong kita untuk berlangganan PlayStation Plus Extra. 

Saya juga merasa pada poin no 4 cukup blunder, di mana pihak PlayStation menyuruh sebagai besar penggunanya untuk mendownload game sebesar 314GB hampir secara bersamaan di seluruh dunia, akibatnya tentu server PSN menjadi padat, dan aktivitas download, email otp, email verifikasi menjadi terganggu (ikut delay juga 3-5 jam). Saya sebagai seller merasakan akan hal ini mulai sekitar-an tanggal 5 Oktober. Pihak PSN kelihatan kesulitan melakukan tracking game apa saja yang sedang kita mainkan untuk di registerkan ke PlayStation Stars.
Tentunya saya berharap kedepannya program ini bisa benar-benar jadi lebih baik serta lebih pro ke para pemain, seperti harus download lagi beberapa game di poin nomor 4 saya rasa sangat membuang-buang energi listrik, kuota internet dan juga waktu, padahal kita tidak sepenuhnya memainkan/sudah pernah memainkan game-game tersebut. Bug delay saya rasa adalah hal paling mengganggu untuk saat ini.
Reward/hadiah yang diberikan juga tidak terlalu signifikan, berupa diorama digital, poin serta prioritas Costumer Support, saya rasa belum memiliki fungsi yang jelas. Ada baiknya jika kita sampai ke level 4 kita di berikan diskon tambahan, saya rasa itu akan berimbas secara langsung terhadap pengguna. Costumer Support Prima harusnya merupakan hal yang di miliki oleh setiap perusahaan internasional, bukan hanya di prioritaskan ke beberapa member saja. 
Diorama rare yang mungkin akan di release kemudian hari

Dengan releasenya PlayStation Stars ini jelas diikuti dengan terbentuknya komunitas baru, yang akan bergerak dan fokus membahasa misi-misi yang ada di dalam program PlayStation Stars ini, sama seperti dengan komunitas Trophy Hunter sekarang sudah sangat solid, yang mana hal ini saya rasa cukup bagus. 

Perjalanan panjang dari PlayStation Stars baru saja di mulai, semoga ke depan PlayStation Stars ini bisa lebih berinovasi untuk menjadi lebih baik dan mau mendengarkan feed back dari para penggunanya.

Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

UPDATE 22 Oktober 2022
Untuk naik ke level 2 saya harus membeli game, untungnya ada game dengan harga super murah, setelah membeli game tersebut akhirnya saya bisa ke level 2.


No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.