Baterai CMOS Mati, Maka PS4 Tidak Bisa di Gunakan? Apakah Benar?

Sebuah berita yang sedang hot akhir-akhir ini dimana, di temukan nya sebuah fakta oleh seorang  user di twitter dengan id @DoesItPlay1, nge-tweet
Ketika baterai CMOS PS4 mati itu akan membuat semua file game digital di PS4 tidak dapat digunakan tanpa koneksi ulang ke server PSN dan hal itu juga berimbas terhadap game dalam format blu-ray disk
Setelah di usut ternyata hal ini karena kan sistem trophies pada PS4 yang membutuhkan jam internal (jam yang tidak terlihat) yang bertujuan untuk mencatat jam serta tanggal ketika sebuah trophy terbuka. Jam internal ini tidak bisa di ubah secara manual oleh user, fungsinya tentu supaya user tidak bisa mencurangi jam dan tanggal kapan sebuah Trophy bisa terbuka. Istilah yang sering digunakan untuk menamai masalah CMOS mati ini adalah CBOMB.

Kurang lebih seperti itulah berita yang ramai di bicarakan sejak bulan Maret 2021 kemarin. Hal ini tentunya membuat saya sangat penasaran lalu mencoba untuk menggali lebih dalam, apakah benar hal tersebut bisa terjadi, hingga akhirnya saya coba cari informasi lebih lanjut di Youtube untuk melihat secara langsung hal tersebut.

Seorang konten kreator di Youtube dengan nama Spawn Wave benar-benar mencoba untuk meng-simulasi-kan kejadian di atas, dia mencoba untuk melepas baterai CMOS dari PS4 nya dan coba memainkan sebuah game single player yang benar-benar tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali dengan judul Shadow of Colossus. Berikut ini fakta-fakta dari baterai CMOS yang bisa saya kumpulkan :

  1. PS4 Menggunakan baterai CMOS dengan tipe CR2032 Lithium 3V 210 mA.
  2. Umur baterai CR2032 (menurut Quora.com) pada suhu dingin (AC) bisa bertahan sekitar 15-20 tahun, sedang pada kondisi negara iklim tropis seperti Indonesia bisa sekitar 7-10 tahun namun itu tergantung se sering apa mesin PS4 menyala.
  3. Harga baterai CR2032 sekitar 10rb-15rb di Tokopedia atau Indomaret.
  4. Baterai CR2032 bisa rusak sebelum waktu nya di karena kan korosi, karat atau bocor.

Setelah baterai CMOS di lepas lalu PS4 dinyalakan dengan tidak terhubung dengan internet, ternyata jam pada PS4 akan melakukan time travel ke 12/31/1969 jam 7:00 PM. Kebanyakan elektronik yang menggunakan sistem jam jika baterai CMOS mati maka jam akan kembali ke jam tersebut, itu karena pada tanggal 31 Desember 1969 merupakan jam pada komputer server UNIX yang di set untuk pertama kali pada dekade tersebutKadang tanggalnya menjadi 1/1/1970 tergantung berada di bagian bumi selatan atau utara.

Saat Shadow of Colossus sudah di masukan, lalu mencoba untuk mulai game tersebuat seperti biasa, maka tidak berselang lama akan muncul error "User1 will be Logged out of the PS4 because an error has occurred. (CE-30391-6)", setelah itu game akan tertutup secara paksa. Dan benar saja kode error tersebut memang belum tersedia atau di jelaskan oleh pihak resmi dari PlayStation. Untuk kode error yang di awali kode CE sendiri merupakan kode untuk Common Errors atau lebih di kenal dengan kesalahan yang umum dan sering terjadi. Mengerikan nya error ini masih tetap muncul saat jam di betulkan secara manual ke jam terkini 2021, game Shadow of Colossus tetap tidak bisa di jalankan.

Sementara ini solusi jika terjadi error CE-30391-6 adalah mengganti baterai CMOS baru lalu menghubungkan PS4 ke internet untuk terhubung dengan server dari PSN untuk koreksi jam internal. Jika hanya mengganti baterai CMOS tanpa terhubung ke PSN Server, error ini tetap muncul. Hal ini menimbulkan kekhawatiran oleh kebanyakan dari user jika kejadian terburuk PlayStation gulung tikar, perusahaan nya bangkrut, atau Sony memutuskan menghentikan layanan PSN, maka secara otomatis PS4 tidak bisa lagi terhubung dengan server PSN untuk meng-koreksi jam internal ini setelah baterai CMOS mati, yang tentunya mengakibatkan semua generasi dari console PS4 (Pro & Slim) tidak lagi bisa di gunakan untuk memainkan game baik itu fisik atau pun digital. 

Hal ini tentunya akan berdampak kepada para kolektor console yang akan berfikir dua kali untuk mengoleksi console-console LE dari PS4. Solusi lain nya yang terdengar bukan sebuah solusi adalah dengan memainkan games PS4 di mesin PS5, yang secara teori kedepan nya games dari PS4 dan PS5 mungkin masih tetap bisa di mainkan di PS6, jadi kita tidak butuh lagi console fisik PS4.

Masalah ini tentunya sudah di laporkan ke pihak dari PlayStation dan pihak PS sudah menjawab email tersebut, jika masalah ini akan di Informasikan ke pihak/ divisi terkait. Yah pada akhirnya kita tunggu saja kelanjutan dari cerita ini, atau mungkin solusi dari pihak PlayStation nanti akan keluar update patch untuk PS4 atau mungkin bisa sinkron hanya dengan PS App di handphone atau malah di biarkan saja oleh pihak PlayStation. Oiya sudah di konfirmasi kalau CBOMB ini juga berlaku di generasi console PS5 khusus untuk game digital.

Informasi terkini untuk user PS4 HEN ternyata CBOMB masih bisa di akal in dengan GoldHand Playload. Sambil mereka menunggu homebrew yang benar benar bisa bypass masalah ini seperti di era PS3 CFW. Namun Saya sangat penasaran bagai mana nasib pengguna PS4-PS5 Original yang sudah ke banned?

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, Terima kasih

Sumber video : https://youtu.be/xngOEfCUhl0

No comments

'
Theme images by suprun. Powered by Blogger.